Home / Berita / Silaturahim / Sekolah Juara, Pendidikan Berkualitas ala RZ

Sekolah Juara, Pendidikan Berkualitas ala RZ

SMP Juara Bandung
SMP Juara Bandung

dakwatuna.com – Bandung. Hingga Januari 2014, RZ (Rumah Zakat) telah memberikan pendidikan berkualitas kepada 19.924 anak yatim dan dhuafa SD-SMK. Konsep kelas yang diusung Sekolah Juara sejak 2007 adalah kelas kecil dengan siswa 25 orang per kelas. Metode ini diterapkan agar peran guru menjadi lebih optimal dalam mengamati perkembangan setiap siswa.

“Kelas kecil seperti itu menunjang visi Sekolah Juara untuk menjadi lembaga pendidikan berkualitas yang mendorong kemandirian dan inovasi dalam implementasi ICT (Information and Communication Technology),” terang Heny Widiastuty, Chief Program Officer RZ

Sekolah Juara berupaya untuk mencetak siswa yang tidak hanya cerdas, tetapi juga berakhlak baik. “Di sekolah ini kami membiasakan siswa untuk Shalat Dhuha setiap hari. Siswa pun rutin mendapat pelajaran membaca dan menghafal Al-Quran setelah Shalat Zhuhur, sebelum memulai aktivitas ekstrakurikuler. Mereka diharapkan terbiasa beribadah secara rutin, baik yang wajib maupun sunah,” jelas Heny.

Tidak hanya itu, siswa Sekolah Juara juga dibekali dengan kompetensi untuk berwirausaha. “Secara berkala siswa mengadakan market day. Saat market day ini, siswa praktek berwirausaha, mulai dari mengelola barang jualan, mengelola uang hingga merancang strategi agar dagangannya laku terjual,” ujar Darwati, pengajar Sekolah Juara Surabaya.

Di tahun ke-7 ini, jumlah Sekolah Juara telah mencapai 14 sekolah yang tersebar di 11 kota dan kabupaten. “Alhamdulillah Sekolah Juara masih  terus bertumbuh hingga tahun ke-7. Pertumbuhan ini terjadi salah satunya karena dukungan moril dan material para donatur,” pungkas Heny. (sari asih/usb/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: Samin B

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (4 votes, average: 8,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Lihat Juga

Pembangunan gedung sekolah dasar untuk anak-anak di Desa Sokop Bandaraya, Kecamatan Rangsang Pesisir, Kabupaten Meranti, Riau. (ma/putri/PKPU)

PKPU Pekanbaru dan BNP Paribas Bangun Sekolah di Meranti

Organization