Home / Berita / Daerah / Pengungsi Sinabung Alami Krisis Air Bersih

Pengungsi Sinabung Alami Krisis Air Bersih

 

Bantuan Air Bersih Untuk pengungsi gunung sinabung (Foto: pkpu)
Bantuan Air Bersih Untuk pengungsi gunung sinabung (Foto: pkpu)

dakwatuna.com – Bencana Sinabung masih sulit diprediksikan kapan henti.  Data dari BNPB menyatakan bahwa aktivitas gunung Sinabung per tanggal 21  Januari 2014 masih terjadi 18 kali letusan disertai awan panas tinggi dan jarak luncur 3500-4500 m ke arah selatan dan tenggara.

Aktivitas didominasi oleh Guguran lava pijar yang masih sering terjadi.  Gempa vulkanik dalam yang mengindikasikan gerakan magma dari dalam juga masih terekam.   Gempa vulkanik dalam dan gempa Hybris yang mengindikasikan gerakan magma dari dalam tercatat masing 2 1 kali dan 32 kali.  Gempa tremor menerus masih tercatat dengan amplituda 1-5 mm.  Aktivitas G. Sinabung masih tinggi Pembentukan kubah lava masih berlangsung kemudian gugur ke lereng tenggara. Status kegiatan G. Sinabung masih Awas (Level IV).

Rulli Barlian, Direktur Pendayagunaan PKPU melaporkan pada tanggal 21 Januari 2014 langsung dari kawasan bencana, “Air bersih menjadi kebutuhan vital dan mendesak bagi para pengungsi Sinabung, dan kita berkomitmen untuk itu.  Tentu saja, kebutuhan akan logistik sehari-hari juga tetap dibutuhkan.”

Rully Barlian terjun langsung ke kawasan bencana, yakni di Kaban Jahe.  Selain mendampingi pembagian air bersih langsung dari truk tangki air Telkomsel, Rulli Barlian juga langsung turun dalam distribusi logistik seperti beras, minyak, gula, garam dan makanan cepat saji di Masjid Istihrar, kaban Jahe.  Lebih dari 641 orang pengungsi menjadi penerima manfaat.

PKPU juga akan segera membangun 3 buah serambi nyaman untuk para pengungsi kelompok rentan.  Kelompok rentan adalah para pengungsi dari kalangan lansia, ibu hamil dan menyusui, bayi serta balita.  Kelompok ini sangat membutuhkan ruang privasi untuk beraktivitas sehari-hari seperti menyusui.  Serambi nyaman adalah sebuah tempat di pengungsian yang dilengkapi dengan kasur, bantal dan selimut yang lebih layak untuk para kelompok rentan.

Disediakan juga dispenser dengan air mineral, susu dan makanan bayi.  Juga diadakan pembalut perempuan dan popok untuk bayi.  Serambi nyaman adalah program PKPU yang diadakan jika bencana terjadi dalam jangka waktu yang panjang.  Sebuah kepedulian pada kelompok rentan yang sering terlupakan. (Rahma Damayanty/ER PKPU/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Ilustrasi - Monas dan Masjid Istiqlal di kejauhan. (city_data.com)

Ijtihad Shalat Jumat di Monas

Organization