Topic
Home / Berita / Nasional / Pemerintah Siapkan Bantuan Bibit Tanaman untuk Petani Korban Sinabung

Pemerintah Siapkan Bantuan Bibit Tanaman untuk Petani Korban Sinabung

Erupsi Gunung Sinabung (Foto: medanmagazine.com)
Erupsi Gunung Sinabung (Foto: medanmagazine.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Menteri Pertanian Suswono menyatakan pemerintah pusat menaruh perhatian serius atas kerusakan lahan pertanian yang terkena dampak erupsi Gunung Sinabung di Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Berdasarkan pendataan di lapangan yang dilakukan pihak Kementerian Pertanian (Kementan), terdapat hampir 5.000 hektare (ha) lahan tanaman hortikultura yang rusak.

“Sekarang kami inventarisir dulu semua kerugian dan lahan yang rusak akibat bencana itu. Paling banyak lahan pertanian hortikultura yang rusak, hampir 5000 hektare yang rusak, terutama yang radius lima kilometer dari Sinabung,” ujar Suswono di Kantor Presiden, Selasa (21/1).

Menurutnya, angka itu belum termasuk lahan persawahan dan tanaman pertanian lainnya. Suswono menambahkan, dirinya telah mengunjungi petani di daerah Kabanjahe dan melihat langsung keadaan mereka.

Dari hasil kunjungan itu, menteri asal Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut menjanjikan bahwa pemerintah pusat akan menyediakan bibit baru untuk nantinya ditanam sebagai ganti tanaman para petani yang telah rusak.

“Baru bibit itu yang telah kita siapkan sekarang. Kemudian kita juga akan inventaris kerugian yang diderita petani. Kami akan cari solusi terbaik untuk petani di Sinabung,” tandasnya. (tempo/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Ketua Parlemen Turki: Dollar Satu-satunya Sekutu AS

Figure
Organization