Home / Keluarga / Kesehatan / Health Is My Life

Health Is My Life

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (Foto: deryadursn.edublogs.org)
Ilustrasi. (Foto: deryadursn.edublogs.org)

dakwatuna.com Semua orang pasti mendambakan umur yang panjang dan diberi kesehatan. Dan tiada henti-hentinya setiap kali sehabis shalat kita selalu berdoa agar diberi kesehatan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Dan kita juga berharap agar diberi tubuh yang sehat dan bisa hidup produktif sehingga bisa melakukan aktivitas sehari-hari adalah sebuah anugerah dari Allah SWT, yang tentunya perlu kita jaga dengan sebaik-baiknya dan kita wajib bersyukur kepada-Nya, sebab masih banyak orang-orang di sekitar kita yang harus berbaring di tempat tidur karena sakit dan bahkan ada yang dirawat di rumah sakit, hanya karena merasakan suatu penyakit, yang entah itu penyakit ringan ataupun berat.

Sehat itu murah dan sakit itu mahal (kata pepatah). Yupz, kata-kata tersebut sangatlah benar, mengapa? Karena sehat itu bisa kita dapatkan setiap saat dan murah, tidak perlu mengeluarkan uang banyak. Dan apabila kita sudah jatuh sakit, berobat ke sana – ke sini, dan bahkan sampai mengeluarkan banyak uang. Sampai-sampai ada yang menjual kendaraan, menjual rumah, menjual tanah, dan perhiasan pun dijual hanya demi untuk pengobatan, agar cepat sembuh.

Sehat itu bukan hanya fisik melainkan juga harus sehat secara mental dan spiritual, itu merupakan tanda-tanda keseimbangan seseorang yang sehat. Pikiran kita harus positif thinking bukan negatif thinking terus, karena apa yang dirasakan dan pikirkan juga akan mempengaruhi fisik (sesuai kondisi psikis seseorang), contohnya karena kita galau dan bad mood akhirnya untuk makan pun jadi malas dan tidak bersemangat, akhirnya jatuh sakit saja (ini namanya menzhalimi diri sendiri, ia gak?). Tetapi apabila pikiran dan perasaan kita lagi senang dan gembira banget otomatis untuk melakukan segala aktivitas pun jadi semangat dan bergairah, dan tidak mudah sakit.

Menurut saya sehat setiap hari adalah aset yang berharga dalam hidup ini dan tidak bisa digantikan oleh harta yang banyak sekalipun. Benar gaya hidup kita seharusnya gaya hidup sehat bukan sakit, kalau gaya hidup kita sehat, otomatis kita akan melakukan pola hidup yang sehat, contohnya seperti merawat dan menjaga tubuh kita dan lingkungan kita agar senantiasa bersih dan terlindungi. Sebaliknya kalau gaya hidup kita gaya hidup yang sakit, maka kita tidak peduli dan tidak sayang dengan tubuh kita dan lingkungan kita. Bahkan ketika kita sakit pun tidak berobat sama sekali. Yang harus kita contoh adalah gaya hidup sehat ala Rasulullah, semua ibadah-ibadah dan gaya hidup yang dilakukan oleh Rasulullah selalu ada hikmahnya bagi kesehatan tubuh.

Kalau kita ingin sehat itu harus:

  1. Memperhatikan sinyal-sinyal tubuh kita. Maksudnya adalah ketika kita sudah lelah dan capek, cepatlah istirahat, jangan diforsir terus untuk bekerja.
  2. Berilah nutrisi yang tepat untuk tubuh kita.

Tubuh kita perlu nutrisi dan gizi yang seimbang agar tubuh kita selalu sehat terus dan tidak mudah sakit.

Tips sehat yang mudah dan murah:

  1. Rajin-rajinlah olahraga
  2. Hindari minum minuman yang instan yang mengandung bahan pengawet dan pewarna
  3. Hindari minum alkohol dan merokok
  4. Selalulah berpikiran positif, apa pun yang terjadi.
  5. Berlapang dada dan memaafkan orang lain (tidak dendam).
  6. Makan yang teratur dan seimbang (tidak harus mahal, tetapi yang terpenting makanan tersebut sehat dan bersih)
  7. Selalu menjaga kebersihan badan dan lingkungan.
  8. Hindari stres.

“SEHAT” juga memiliki singkatan lho…!

S= Serasi gizi

E= Enyahkan kebiasaan rokok

H= hidup seimbang

A= Awasi tubuh

T= Teratur dalam hidup

Semoga bermanfaat. Salam sehat.

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Nida Hanifatul Hasna, S.KM
Menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain. Selalulah optimis dan positif thinking dalam menjalani hari-harimu...!

Lihat Juga

Pentingnya Makanan yang Halal dan Thayyib untuk Kesehatan