Home / Pemuda / Pengetahuan / “NASA Menemukan Terompet Sangkakala”, Benarkah?

“NASA Menemukan Terompet Sangkakala”, Benarkah?

dakwatuna.com Salah satu peristiwa yang akan terjadi pertama kali pada hari kiamat adalah ditiupnya sangkakala oleh Malaikat Israfil atas perintah Allah SWT.

Hal ini diingatkan oleh Allah SWT dalam firman-Nya,

“Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi, maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing).” (Az-Zumar: 68)

Di beberapa ayat lain juga banyak disebutkan mengenai sangkakala (الصُّورِ).

Terkait dengan hal ini, beredar kabar bahwa National Aeronautics and Space Administration (NASA) – sebuah lembaga pemerintah milik Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas program luar angkasa AS – telah menemukan eksistensi terompet sangkakala tersebut. Benarkah?

Menurut kabar yang telah lama beredar di internet itu, dalam salah satu misinya, NASA memiliki sebuah alat yang bernama Wilkinson Microwave Anisotropy Probe (WMAP). Masih menurut kabar tersebut, alat ini untuk melakukan observasi terhadap alam semesta untuk menemukan bentuk sebenarnya dari alam semesta. Dengan alat WMAP tersebut, mereka memperoleh kesimpulan bahwa alam semesta ini berbentuk seperti terompet, sebagaimana gambar di bawah ini, demikian kabar yang beredar.

Garis waktu alam semesta. (Foto: science.nasa.gov/missions/wmap)
Garis waktu alam semesta. (Foto: science.nasa.gov/missions/wmap)

Beberapa kalangan berpendapat bahwa itu adalah bentuk alam semesta yang seperti terompet, dan itu merupakan gambaran terompet sangkakala. Benarkah?

Menurut Profesor Riset Astronomi dan Astrofisika dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, hal itu bukan gambaran fisik alam semesta. “Itu hanya skema pengembangan alam semesta yang semula sangat kecil, kemudian tiba-tiba berkembang cepat dalam peristiwa bigbang, lalu mengembang lambat sampai saat ini (13,7 milyar tahun setelah big bang). Jadi itu hanya diagram”, jelasnya kepada redaksi dakwatuna.

Hal ini sejalan dengan keterangan gambar “terompet” yang ada di halaman NASA. Situs NASA menjelaskan bahwa gambar “terompet” itu merupakan “garis waktu alam semesta”. Diagram yang merepresentasikan evolusi alam semesta selama lebih dari 13,7 miliar tahun. Paling kiri menggambarkan saat-saat awal yang dapat kita selidiki sekarang, ketika periode “inflasi” menghasilkan ledakan pertumbuhan eksponensial di alam semesta. Untuk beberapa miliar tahun ke depan, perluasan alam semesta secara bertahap melambat. Baru-baru ini, ekspansi mulai cepat lagi sebagai efek repulsif dari energi gelap yang telah datang untuk mendominasi perluasan alam semesta.

Jadi, sangkakala memang pasti ada dan pasti akan ditiup oleh malaikat Israfil pada saat kiamat. Namun temuan NASA tersebut bukanlah gambaran terompet sangkakala. Wallahu’alam.

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (251 votes, average: 8,59 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

  • yudi yansyah

    subhanallah

  • Achmad Miftahul Huda

    jika seumpama malaikat isrofil ga sengaja batuk…kita sudah hancur berkeping-keping…

    • Rudyno Nasrial

      Itu baru isrofilnya gan….gmana yg nyiptainnya?? ALLAAHUAKBAR

      • merakyat_donk

        betul “batuk”-Nya sj yang terasa di indonesia sudah banjir dimana2….

    • muhammad is purnama

      hahaha… betul itu bang .. :D
      Wa’allahualam .. :D

    • Er Ie

      malaikat bukan manusia, yg bisa batuk dan mencret. jangan buat lelucon coy, bahaya..!

  • BINTANG KEJORA

    Subhanallah. ..ALLAHUAKBAR

  • Faiz

    13.77 billion years, smntr skrg usianya sdh 13.7 billion years, sisa 70 years, kyaknya sama ini dgn refrensi dr 2 tokoh besar lslam: Imam Syuthi dan Wali Allah (unknown name)

    • joko.pitoyo

      hmmmm,

    • achmad dhany

      0.07 milyar = 70 juta tahun.. ^_^

  • imran dani

    subhanallah, ALLAHUAKBAR…

  • VITA

    yang menjadi pertanyaan aku justru firman allah yg mengatakkan semua mati kecuali yg dikendakinya….maksudnya giman ya …kecualai ygdihendakkinya..itu??

    • achmad dhany

      ini adalah kutipan dari yang saya baca
      “dikecualikan itu adalah Malaikat Pembawa Arsy, Jibril, Isrofil, Mikail dan Malaikat pencabut nyawa, mereka semua akan mati setelah itu. Dan telah disebutkan dari Wahb bahwa Empat Malaikat tersebut adalah makhluk yang pertama kali diciptakan dan yang terakhir kali di matikan.”

      • Abshan Shihab AbBedulloh

        iyh,, bner ini,, klo nanti malaikat pencabut nyawa ikut mati, siapa yang nyabutin nyawa manusia, layaknya seperti nyabutin rumput,, xixixiix,,,

        • ifa

          Malaikat kok di jadiin topik buat bercanda sih? Gak takut sama ALLAH ?

          • Fatih

            tau nih jangan ngecehin malaikat-malaikat dong

          • Gaara7

            tau tuh..

        • Siksaan Kaum Munafik

          nah skarang gw tnya yg cabut nyawa “Malaikat Pencabut nyawa” spa??

          • Nico Rentro

            kwkwkkwk….asem jadi ngakak ada2 aja nie…

      • Mohamad Ilham Kiayi

        terakhir mati ya berarti mati juga donk sama2 dengan kita, hanya mungkin yang terakhir trcabut nyawanya malaikat izrail, tapi itu hanya perkiraan ulama. nabipun tdk menjelaskan siapa yg terkecuali itu

    • muhammad alwiy

      ada dua belas malaikat yg dikehendaki oleh Allah tetap kekal : jibrail ,mikail ,israfil,izrail dan 8 hamalatul arsy ( kitab daqaiqul akhbar)

  • Erik Eri

    Subhanallah

  • Abshan Shihab AbBedulloh

    liat judulnya aja udah mles bacanya,, klo bginian, enakan di ceritain langsung, xixix, tpi ga pa lah, bookmark, sapa tau nanti saya sempetin baca..

    • aziz

      munafik.!

      • Abshan Shihab AbBedulloh

        idih, sirik,, munaroh lu xkxkxkx

  • Agus Setyasmono

    Nasa dah melewati batas dan takabur…

  • Su Wit No

    Yah, klo melihat riwayat ketika Rasul ditanya seorang sahabat tentang ” Kapan itu hari kiamat “, beliau menunjukkan jari telunjuk dan jari tengah bahwa lamanya seperti jarak dua jari ini. Artinya sangat dekat. Dari jumhur ulama yg bersumber dari kitab kitab bahwa kiamat akan datang 1500 tahun setelah hijrahnya nabi. artinya mendekati tahun 1500 H. Kini sudah 1435 H , ke 1500 H tinggal 65 th dan taksiran atas 70 tahun. ( Wallahu’alam bishowab )

  • ramli

    LA AHULAH WALAKUATA ILLAHBILALAH…….SUBHANALLAH……ALHAMDULILLAH ……ALLAHUAKBAR.

  • Baharu McCandless

    judulnya mengundang salah paham. Kalau ngga membaca sampai akhir artikel, orang awam akan mengira “terompet” temuan NASA adalah terompet israfil, padahal belum tentu.

  • yudi

    yang jadi pertanyaan lagi apa ada kehidupan baru setelah kiamat nanti ?

    • Mang Dadan

      Kalau tidak ada!… wah kacau orang2 pasti sibuk ngurusin dunia & nurutin hawa nafsunya tanpa mementingkan baik/buruk…. untuk apa berbuat kebaikan kalau bukan untuk bekal kehidupan nanti…

  • Eyen

    Misi, nimbrung. Saya malah ngeharap jika Muslim yg punya teknologinya utk menemukan Sangkakala itu, kok tergantung ama NASA? Katanya Al Qur’an lengkap?

    • dedi junaidi

      kalo muslim yg nemuin itu mrk ga akan pernah sadar buuk ….

  • okabasi doma

    Dari Islam lah saya menyakini berapapun besar ISI dan LUAS nya alam semesta ini, hanya SETITIK DEBU ” ditangan” Tuhan. Anehnya planet bumi yg merupakan salah satu materi penghuni yg ada dialam semesta ini, salah satu mahkluknya yaitu : manusia, durhakanya bukan kepalang kepada Tuhan.

Lihat Juga

Terompet

Sejumlah Alfamart di Kendal Jual Terompet Bersampul Alquran, Ini Lokasinya