Home / Berita / Daerah / Jokowi Salahkan Hujan Sebagai Penyebab Banjir; LSM: Masyarakat Bisa Musyrik, Hujan itu Berkah

Jokowi Salahkan Hujan Sebagai Penyebab Banjir; LSM: Masyarakat Bisa Musyrik, Hujan itu Berkah

Banjir di Kawasan Gudang Peluru, Kampung Melayu, Sabtu (18/1/2014). (Twitter / @TMCPoldaMetro / @vangomet)
Banjir di Kawasan Gudang Peluru, Kampung Melayu, Sabtu (18/1/2014). (Twitter / @TMCPoldaMetro / @vangomet)

dakwatuna.com Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) pegiat dan pemerhati lingkungan Walhi menyesalkan pernyataan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang menyalahkan hujan dan air rob sebagai penyebab banjir di ibukota.

Walhi menyebut Jokowi musyrik karena sebenarnya hujan yang turun adalah berkah dari Tuhan, bukan jadi biang keladi terjadinya banjir.

“Yang namanya volume air tetap segitu enggak bisa berubah tapi gentongnya ini yang dikurangi. Kalau lama-lama hanya menyalahkan curah hujan nanti masyarakat ini takutnya musyrik, bilang banjir karena Tuhan padahal hujan itu berkah,” ujar Manajer Penanganan Bencana Walhi Nasional Mukri Friatna di Jakarta, Sabtu (18/1/2014), sebagaimana dilansir Tribunnews.

Menurut Mukri, penyebab dari musibah banjir di Jakarta yang sebenarnya adalah beralihnya fungsi hutan yang dijadikan pemukiman atau industri.

Sementara itu, Ketua Fraksi Partai Golkar DKI Jakarta Asraf Ali menegaskan penanganan banjir memang memerlukan waktu yang cukup lama.

Walau sejauh ini sudah ada perbaikan seperti gorong-gorong dan pengerukan kali, namun masih dinilai belum efektif mengurangi banjir Jakarta.

“Saya kira biar masyarakat yang menilai kinerja gubernur Jokowi dalam memperbaiki infrastruktur banjir di Jakarta. Kalau kinerja gubernur sekarang baik, saya kira banjir tidak akan separah saat ini. Masyarakat yang merasakan,” ujarnya.

Warga Jakarta, kata Asraf, sangat berharap banyak kepada Jokowi untuk menepati janjinya dalam mengurangi dampak banjir.

Saat ini warga Jakarta menagih janji Jokowi pada kampanye 2012 silam yang berjanji mengurangi beban warga yang terkena dampak banjir.

Asraf mengakui, perlu strategi untuk jangka panjang memperbaiki insfrastruktur banjir. Namun untuk jangka pendek dan pengalaman awal tahun lalu seharusnya Pemda DKI sudah bisa merumuskan langkah-langkah antisipasi agar banjir tidak terus melumpuhkan Jakarta.

“Bagi kami fraksi Golkar DKI saat ini bagaimana pemda menangani korban banjir dengan serius. Kalau masalah infrastruktur banjir biar masyarakat yang menilai sendiri,” katanya.

Sebelumnya,saat meninjau lokasi banjir di Kelapa Gading Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menjelaskan alasan terjadinya banjir di kawasan perumahan elite tersebut. Salah satunya intensitas hujan yang tak kunjung berhenti dan banjir rob.

“Memang terjadi hujan deras di sekitar Pulogadung dan robnya naik. Problemnya ada di situ,” kata Jokowi. (Tribunnews/Willy Widianto/Hendra Gunawan/dakwatuna/hdn)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (25 votes, average: 5,84 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

  • Hamba Allah

    Menurut Mukri, penyebab dari musibah banjir di Jakarta yang sebenarnya
    adalah beralihnya fungsi hutan yang dijadikan pemukiman atau industri.
    ———————————————- betul sekali…

    Tapi banjir jakarta juga tanggung jawab pks.
    Karena, banjir jakarta adalah kiriman dari Bogor, dan bupati bogor adalah :Rachmat Yasin-Nurhayanti, bupati yang di usung oleh PKS

    ditambah lagi, bogor adalah kabupaten di provisn jawa barat, yang gubernurnya adalah PKS juga,,,

    ikut bertanggung jawab dong….

    • Netral

      jangan bawa bencana ke ranah politik….tapi introspeksi diri kita..masih suka buang sampah sembarangan atau ga..?? Mau merah,kuning,ijo, biru atau warna lain, klo masih saling menyalahkan kapan mau selesainya ini bencana…kembali kepada substansi permasalahan apa…yang terpenting jangan menyalahkan hujan..
      ini tanggungjawab bersama !!!

      • Hamba Allah

        setuju..tanggung jawab bersama

        • abuzinad

          Hayyah !! kaya ikut tanggung jawab aza …

          • Hamba Allah

            bersama disni maksudnya : orang-orang yang berkaitan dengan masalah ini harus sama-sama bertanggung jawab. saya tidak ikut bertanggung jawab…hohoo

            Yang bertanggung jawawab adalah
            yang ada kaitannya dengan banjir jakarta:
            yang memotong hutan membangun vila di jakarta dan jabar
            anggota partai yang ngusung pejabata di dua provinsi
            yang ikut memilih mereka itu semua..
            Para koruptor yang mengkorupsi uang negara, dari hambalang, pajak, hingga sapi…
            Para pejabat di dua provinsi, dan pusat..dlll (yang berkaitan)

    • saleha

      aneh.. tambah lagi org yg musrik. Kapan PKS jd pesulap kirim banjir?? Aneh.. Punya agama ga sih?

      • Hamba Allah

        Musyrik?? Mbak,,,pernah belajar agama islam tak? tahu apa itu musyrik?

        “Tapi banjir jakarta juga tanggung jawab pks.
        Karena, banjir jakarta
        adalah kiriman dari Bogor, dan bupati bogor adalah :Rachmat
        Yasin-Nurhayanti, bupati yang di usung oleh PKS”

        Apa hubungan kata-kata itu dengan agama??
        Jangan bawa-bawa agama dech secara serampangan….. pelajari dulu dengan benar, setelah itu baru bicara… jangan gara-gara beda partai terus saling mengkafirkan….. hasbunalloh wani’ma al wakill

        • fajar

          Seharusnya anda berfikirnya logis aja, dari dulu juga nabimu jokowow itu sudah tahu permasalahannya banjir jakarta, kenapa setelah kejadian nyalahin orang lain…seharusnya nabimu itu introspeksi diri kalau dirinya belum mampu menyelesaikan persoalan tersebut daripada sibuk mencari kambing hitam

          • Hamba Allah

            Berfikir logis? cara berfikir logis mana yang kamu pake sehingga kamu berkesimpulan bahwa miliki nabi bernama jokowi??

            Menyedihkan: hari ini saya bertemu lagi dengan orang gila.

          • Deviani Kaban

            anda ga suka di bilang pro Jokowi Tapi ente jelek jelekin PKS, dari Dulu Jakarta sudah banjir dan dahulu PKS pun belum ada jadi kenapa sekrg di salahin PKS aneh

          • Hamba Allah

            “nabimu jokowow” itu jelas pengkafiran. perbedaan pendapat dalam masalah dunia, berujung pada pengkafiran. sungguh… merupakan kebablasan,..takfiriyyuuun… orang seperti itu malah dibela….? hayyah…

  • Aldi

    ini berita ngambil jeleknya doang, payah,,,

  • abuzinad

    Gatot gatot ….. ! Gagal total …. , mau nyapres? Yah asal tau diri aja …

    • Hamba Allah

      Gubernur dari PKS di Sumut kok dibawa-bawa.

  • abd

    ni salah satu berita yang bikin dakwatuna jadi jelek…yang penting asal dapet berita..jadilah media yg bener2 bisa jadi penyejuk sekaligus penebar kabaikan bukan malah memperkeruh dan membesar2kan masalah…

    • ngintip doank

      Setuju !!!!

  • abd

    ni salah satu berita yang bikin dakwatuna jadi jelek…yang penting asal dapet berita..jadilah media yg bener2 bisa jadi penyejuk sekaligus penebar kabaikan bukan malah memperkeruh dan membesar2kan masalah…

  • Hamba Allah

    TOLONG JANGAN SEBUT NAMA PARTAI, takutnya MALAH JADI MBAHAS MASALAH POLITIK INDONESIA (TERMASUK PERSAINGAN POLITIK DI INDONESIA)

  • Hamba Allah

    TOLONG JANGAN SEBUT NAMA PARTAI, takutnya MALAH JADI MBAHAS MASALAH POLITIK INDONESIA (TERMASUK PERSAINGAN POLITIK DI INDONESIA)

  • latang

    pak gub curah hujan itu bergantung pada aktifitas di bumi,karena manusia berkuasa di bumi maka bila ada curah hujan yg berlebihan shg membuat banjir maka manusia itu jg penyebanya, knp sdh punya bnyak iptek tp gk bs atasi banjir ? karena gk ada good will pemimpinnya untuk memakai ipteknya.sdh jelas air hnya mengalir berdasar gravitasi,maka alirkan dia sesuai kodratnya, atau pakai iptek agar bs melawan sedikit gravitasinya.Bila Jakarta bisa membangun JORR (Jakarta Outer Ring Road) kenapa gak di buat jg JORRi (Jakarta Outer Ring Riol/River), kalau banyak jalan layang/Fly over bs dibuat kenapa gak bisa bikin Flood over

  • latang

    pak gub curah hujan itu bergantung pada aktifitas di bumi,karena manusia berkuasa di bumi maka bila ada curah hujan yg berlebihan shg membuat banjir maka manusia itu jg penyebanya, knp sdh punya bnyak iptek tp gk bs atasi banjir ? karena gk ada good will pemimpinnya untuk memakai ipteknya.sdh jelas air hnya mengalir berdasar gravitasi,maka alirkan dia sesuai kodratnya, atau pakai iptek agar bs melawan sedikit gravitasinya.Bila Jakarta bisa membangun JORR (Jakarta Outer Ring Road) kenapa gak di buat jg JORRi (Jakarta Outer Ring Riol/River), kalau banyak jalan layang/Fly over bs dibuat kenapa gak bisa bikin Flood over

  • Hamba Allah

    Penyebab banjir jakarta:
    1. Hujan turun
    2. Hujan turun dengan lebat.
    3. Pohon2x dipotong dan tempatnya dibangun gedung dan vila. baik dijakarta maupun di bogor dan sekitarnya.
    4. Pemerintah kurang dana, karena di korupsi oleh pejabat2x partai politik dan lainnya, dari pajak, APBD, Hambalang, Century, Sapi, dan lainnya.
    5. Pejabat seluruhnya dan jakarta khususnya masih kurang sigap.
    6. tambahkan sendiri..

    Hujan itu berkah dari Allah, namun bekah itu bisa menjadi penyebab bencana bagi manusia karena kerusakan yang dibuat oleh manusia. Jadi hujan juga salah satu sebab terjadinya banjir, ditambah sebab-sebab lainnya.

    Anak itu berkah, tapi kalau ngak didik, maka jadi penjahat, dan membunuh si fulan. Sifulan meninggal disebabkan oleh si Anak.
    Terus dakwatuna bilang: Dia bilang kematian si fulan karena si anak. Anak adalah berkah, syiriiiiiikk…. suka banget ama kata syirik ya?

    • Totok Nur Arifianto

      ndak faham syirik ya …

      • Hamba Allah

        syirik itu apa?

  • Hamba Allah

    Penyebab banjir jakarta:
    1. Hujan turun
    2. Hujan turun dengan lebat.
    3. Pohon2x dipotong dan tempatnya dibangun gedung dan vila. baik dijakarta maupun di bogor dan sekitarnya.
    4. Pemerintah kurang dana, karena di korupsi oleh pejabat2x partai politik dan lainnya, dari pajak, APBD, Hambalang, Century, Sapi, dan lainnya.
    5. Pejabat seluruhnya dan jakarta khususnya masih kurang sigap.
    6. tambahkan sendiri..

    Hujan itu berkah dari Allah, namun bekah itu bisa menjadi penyebab bencana bagi manusia karena kerusakan yang dibuat oleh manusia. Jadi hujan juga salah satu sebab terjadinya banjir, ditambah sebab-sebab lainnya.

    Anak itu berkah, tapi kalau ngak didik, maka jadi penjahat, dan membunuh si fulan. Sifulan meninggal disebabkan oleh si Anak.
    Terus dakwatuna bilang: Dia bilang kematian si fulan karena si anak. Anak adalah berkah, syiriiiiiikk…. suka banget ama kata syirik ya?

  • Nevermore

    pokoknya Jokowi salah !!!

  • Nyai Srikandi

    Bang Jokowi hanya bisa salahkan :
    * Pemerintah Pusat
    * Anggota DPRD Tk II DKI yg terlambat ketok Palu
    * Masyarakat Bantaran Kali yang buang Sampah
    * Pejabat Gubernur lama ( Foke )
    * Program Pemerintah Pusat yang tidak tangani Banjir Jakarta ( biarin saja Manado, Pekalongan, Semarang, Sinabung, Padang Panjang dan Daerah lain …. pokoknya pembangunan harus tersentral di Jakarta )
    * Hujan yang terus turun.
    * Dan semua orang yang tidak dukung bang Jokowi jadi Gubernur dan Presiden….

    Unggulan kerja Bang Jokowi :
    * Blusukan biar tahu masalah rakyat dan diberi harapan langsung.
    * Merakyat …. dan belum ada pejabat lain di Indonesia sejak Merdeka sampai sekarang sehebat bang jokowi ….
    * Ntar kalau jadi Presiden mau blusukan dari mulai Aceh, Medan Sumsel , Pontianak, Banjarmasin sampai Irian Jaya
    * Tidak perlu konsep , langsung saja temuai dilapangan dan kerjakan ..

    • Totok Nur Arifianto

      pantes, wong ndak punya konsep ya ndak tahu mana dulu yg harus dikerjakan …

    • Ganjaroso Nih

      Ada M. Natsir, H. Agus Salim, dll yang benar2 hebat dan merakyat…, padahal jabatannya lebih2 dari jokowi… Gak cuma blusukan, tapi hidup di tengah-tengah masyarakat… ngontrak sini-sana…

    • tareq bia

      Siiiip…..

  • Erik Eri

    Sebenarnya Jokowi ini terlanjur janji muluk2 waktu kampanye, padahal nggak mampu, sehingga terjadi penipuan omong kosong dan bulsit. Untuk menghilangi kemaluan jokowi mulai cari alasan dan kambing hitam, yg ketemu cuma kambing putih itu pun dilibas yg penting asal kambing padahal ada KERBAU GILA MATA MERAH MULUT BERBUSA.

  • Totok Nur Arifianto

    Baru tahu kan siapa Jokowi … aqidahnya diragukan !

  • Erik Eri

    Sebenar nya jokowow ini waktu kampanye janji nya terlalu muluk2 sehingga berakibat PENIPUAN alhasil semua janji omong kosong alias bulsit. Sehingga malu pun datang sehingga untuk mengatasinya menyalah kan yg lain dan mencari kambing hitam. Padahal cuma ketemu kambing putih itupun dilibas.

  • syaeful aziz

    NABI MUHAMMAD mengingatkan kita tentang finah akhir Zaman, salah satu fitnah akhir jaman ialah SYUBHAT[PENIPUAN] dan SYAHWAT{NAFSU] .. semoga kita dijauhui dari Perkara ini ..

  • Boysuh

    Masih aja kalian menggangap hujan itu “Berkah”, HEI! Buka mata kalian yg menggangap hujan itu berkah, dan menggangap orang yg menyalahkan hujan dibilang “musyrik”, sebenarnya kalian lah yg musyrik kalau menggangap hujan itu “berkah” dalam situasi saat ini. Udah tahu Hujan itu malapetaka. Bodoh! Lihat mereka yg terkena musibah di Jakarta dan sekitarnya… Apa kalian menggangap hujan itu berkah!?

  • putra

    knapa shi klian itu hya bsa menyalh kn org lai truz, apakh klian itu gx kta itu jga slah, kta jgn hya mengharpkn bantuan jokowi brusaha sdiri ngap.
    crae kta g btu jokowi dgn jgn buang spah sbarangan,dll

Lihat Juga

Garut, You’ll Never Walk Alone