Home / Berita / Internasional / Amerika / 41 Foto Kekejaman Tentara AS di Irak Terbongkar

41 Foto Kekejaman Tentara AS di Irak Terbongkar

Foto seorang tentara Amerika Serikat sedang mengacungkan senjata ke jenazah pejuang Irak.  (foto: republika)
Foto seorang tentara Amerika Serikat sedang mengacungkan senjata ke jenazah pejuang Irak. (foto: republika)

dakwatuna.com – New York.  Sebanyak 41 foto kekejaman tentara Amerika Serikat ketika menginvasi Irak pada 2004 lalu terbongkar. Satu di antaranya memperlihatkan seorang tentara AS sedang membakar jenazah seorang pejuang Irak di Distrik Fallujah.

Seperti dilaporkan The Dailymail, foto-foto itu diterbitkan TMZ.com. Namun, tidak semua foto diluncurkan ke publik, mengingat banyaknya foto yang dinilai tidak manusiawi.

Di foto lainnya memperlihatkan seorang tentara AS menuangkan cairan sejenis bensin ke jenazah pejuang Irak lalu membakarnya. Ada juga foto yang memperlihatkan jenazah-jenazah yang telah hangus dibakar tentara Paman Sam.

“Beberapa foto, termasuk yang memperlihatkan jasad yang dimakan oleh seekor anjing, tidak bisa ditayangkan karena terlalu kejam,” tulis TMZ, seperti dikutip The Dailymail, Kamis (16/1).

Juru bicara Kementerian Pertahanan AS, Kolonel Bill Speaks mengatakan, pihaknya masih menyelidiki kebenaran foto-foto tersebut. “Kami menyadari foto yang diterbitkan TMZ.com yang menunjukkan seseorang mengenakan seragam Marinir AS, membakar jasad manusia,” ujar Kolonel Bill Speaks.

Bill menegaskan, aturan militer secara tegas melarang menganiaya jasad musuh yang telah meninggal. Menurutnya, sebuah kejahatan besar jika memperlakukan jasad lawan perang dengan sadis. Ia menyatakan, jika foto itu benar, tentara yang bersangkutan bisa saja diberhentikan dan dipenjara.

Ini bukan kali pertama foto-foto kekejaman tentara AS tersebar. Pada 2012, sebuah video memperlihatkan kebiadaban tentara AS yang mengencingi jasad pejuang Taliban. Video tersebut sempat menghebohkan dan mendapat kecaman keras dari pihak Taliban di Afghanistan.

Benar tidaknya foto-foto tersebut, yang pasti kekejaman tentara AS sudah bukan lagi menjadi rahasia umum walaupun kerap kali hal tersebut disangkal para petinggi militer negeri Paman Sam. (rol/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (29 votes, average: 8,21 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.
  • leo_slank

    nan kami putin presiden dan barecobama presiden tinmgkat kan misi dan pisi you2234 padee menuju militer terdasyat good tingkat kan…..???/

    • jetix

      gak tamat sd

      • Aman Sutrisman

        iya belepotan

  • Wasian Syafiuddin

    أولئك كا الأنعام بلهم أضلَ

  • Adrianus Doang

    paling2 alasan ttp dicari buat pembenaran,,,lagian kan bukan cma kekejaman pada mayat yg dilarang,,,memerangi negara lain aj jga dilarang kok tapi kan ttp aj negara sekutu israil malkukan itu,,sprti as dll,,demi menguasai hasil bumi dengan dalih seabrek mulai senjata pemusnah masal sampe pemerintahan yg otoriter,,,tapi intinya ttp satu yakni penguasaan sumber daya alam

  • Hj Haris bin Abdul

    Ya Allah, kau laknatlah kepada orang-orang yang melakukan kekejaman kepada umat islam yang tidak berdosa. Amin.

Lihat Juga

Pimpinan tentara milisi Abu Al-Fadl Al-Abbas/QQAFA, Aws Al-Khafaji. (aljazeera.net)

Milisi Syiah: Kami Akan Segera Eksekusi Mati Tahanan Sunni di Penjara Irak

Organization