Home / Berita / Internasional / Asia / Subhanallah, Danau berusia 2000 tahun ada Di Tengah Gurun Pasir

Subhanallah, Danau berusia 2000 tahun ada Di Tengah Gurun Pasir

Inilah Danau Bulan Sabit di China, Bentuk danaunya memang mirip dengan bulan sabit jika dilihat dari ketinggian (AFP)
Inilah Danau Bulan Sabit di China, Bentuk danaunya memang mirip dengan bulan sabit jika dilihat dari ketinggian (AFP)

dakwatuna.com – Dunhuang.  Inilah fenomena alam yang unik di Dunhuang, China. Di sana terdapat Danau Bulan Sabit yang berupa oasis di tengah Gurun Gobi yang luas. Bentuknya benar-benar mirip bulan sabit. Hebatnya lagi, umur danau ini 2.000 tahun!

Dunhuang berada di Provinsi Gansu, China. Daya tarik dari kota ini adalah Gurun Gobi yang luas dan traveler bisa jelajahi dengan mobil jeep atau menunggangi unta. Di tengah gurun tersebutlah berada Yueyaquan yang disebut masyarakat setempat, yang berarti Danau Bulan Sabit.

Dilaporkan dari Daily Mail, Kamis (16/1/2014) Danau Bulan Sabit ini letaknya 6 km di sebelah selatan Dunhuang. Danau yang terbentuk dari oasis ini pun diyakini sudah berumur lebih dari 2.000 tahun dan terbentuk secara alami.

Dulunya, diperkirakan Danau Bulan Sabit ini ukurannya lebih luas. Selama tiga dekade terakhir, danau ini diperkirakan surut akibat cuaca yang panas dan perubahan iklim. Ukurannya pun makin mengecil.

Tahun 1960, kedalaman airnya mencapai 5 meter dengan rata-rata berkurang satu meter pada tahunnya. Pemerintah China pun bergerak cepat untuk menyelamatkan danau yang unik ini dan membuatnya menjadi daya tarik turis. Akhirnya pemerintah setempat menambah volume air ke dalam danaunya sejak tahun 2006 silam. Beruntung, hingga kini Danau Sabit masih ada hingga sekarang.

Danau Bulan Sabit ini memiliki bentuk melengkung dan benar-benar mirip bulan sabit yang biasa Anda lihat saat malam hari. Panjangnya sekitar 218 meter dari barat ke timur. Lebarnya 54 meter dari utara ke selatan.

Pemandangan danau ini sungguh keren. Anda bisa naik bukit pasir yang mengelilinginya untuk melihat bentuk bulan sabit dari ketinggian. Anda pun bisa melihatnya dari dekat, asal tak melewati pagar pembatas.

Di sebelah Danau Bulan Sabit terdapat bangunan kuil dengan pagoda. Di sana pula terdapat toko suvenir yang bisa Anda singgahi. Selain memandangi atau memotret Danau Bulan Sabit, biasanya turis yang datang ke sana menjelajahi bukit-bukit pasir dengan unta.

Bagi Anda yang berminat ke sana, siapkan stamina yang fit. Suhu yang panas dijamin bakal bikin banjir keringat dan tubuh mudah cepat lelah. Terang saja, daerah Gurun Gobi merupakan daerah yang kering dan curah hujan yang sedikit, bahkan bisa tidak hujan selama satu tahun. Meski begitu, siap-siap terkesima melihat Danau Bulan Sabit di sana. (detik/sbb/dakatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (41 votes, average: 8,71 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.
  • HaGe

    Ada juga danau unik di gurun Libya selatan dan barat yang kedalamannya tidak bisa diukur

    • sdk

      ada artikelnya?

  • Heri Munasri

    apapun mudah bagi allah utk menciptakan nya

Lihat Juga

Pekerja Ilegal Asal Cina Ditangkap