Home / Berita / Internasional / Eropa / Paus Fransiskus: Saya Percaya Tuhan, tetapi Bukan Tuhan Katolik

Paus Fransiskus: Saya Percaya Tuhan, tetapi Bukan Tuhan Katolik

Paus Fransiskus. (Foto: FILIPPO MONTEFORTE/AFP/KCM)
Paus Fransiskus. (Foto: FILIPPO MONTEFORTE/AFP/KCM)

dakwatuna.comPaus Fransiskus kembali membuat pernyataan yang mencengangkan. Dalam wawancara dengan harian terbitan Italia, La Repubblica, Paus asal Argentina itu menjelaskan keyakinannya akan Tuhan.

“Saya percaya akan Tuhan, tetapi bukan (kepada) Tuhan Katolik,” kata Paus kepada pendiri dan mantan editor harian La Repubblica, Eugenio Scalfari, sebagaimana dikutip oleh Kompas.com.

Scalfari yang sudah cukup terkejut mendapatkan kesempatan wawancara pribadi dengan Paus, semakin terkejut dengan pernyataan itu. Lalu, Scalfari meminta Paus untuk mengelaborasi pernyataannya itu.

“Tuhan bukan Katolik. Tuhan adalah universal, dan kita adalah umat Katolik karena cara kita memuja Dia,” ujar Paus.

Lebih jauh Paus Fransiskus menjelaskan bahwa sebagai pemimpin umat Katolik, dia memercayai Tuhan dan Yesus Kristus sebagai inkarnasi Tuhan.

“Yesus adalah guru dan pemimpin saya. Tetapi Tuhan, Bapa, adalah cahaya dan Sang Pencipta. Itulah yang saya yakini. Apakah menurut Anda keyakinan kita jauh berbeda?” tanya Paus kepada Scalfari.

Paus berusia 76 tahun ini menambahkan, dia tak selalu sepakat dengan apa yang selama ini menjadi standar Gereja Katolik.

“Pandangan Vatikan sentris telah mengabaikan dunia di sekitar kita. Saya tak sepakat dengan cara ini, dan saya akan lakukan apa pun untuk mengubahnya,” Paus menegaskan.

Sejak terpilih menjadi pemimpin Gereja Katolik, Paus Fransiskus terbukti menjadi seorang Paus beraliran liberal. Bahkan dia bersikap lebih lunak terhadap hal-hal yang selama ini ditentang keras Vatikan seperti homoseksualitas dan ateisme. (International Business Times/KCM/Ervan Hardoko)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (224 votes, average: 7,63 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

  • uray ali

    Setiap manusia termasuk seorang Paus pun mengalami dinamika didalam alam fikirnya. Orang dapat menyebutnya liberal atau apapun yang mencerminkan alam fikiran manusia selalu bergerak, tak terkecuali diberikan cahaya oleh Tuhan nya. Kita tidak boleh menafikkan itu.

    • latang

      dinamika alam fikir berpotensi liar (liberal) bila panduannya salah,sy pilih Qur’an dan Sunnah

    • Ali Mas’ut

      mantap utk uray ali.
      Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami
      telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya, dan
      Kami telah memberikan wahyu (pula) kepada Ibrahim, Isma’il, Ishak,
      Ya’qub dan anak cucunya, Isa, Ayyub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami
      berikan Zabur kepada Daud.” (QS. An Nisaa : 163)

      “Dan Allah akan mengajarkan kepadanya Al Kitab, Hikmah, Taurat dan Injil.” (QS. Ali Imran : 48)

      “Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Quran dengan membawa kebenaran,
      membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan
      sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu; maka
      putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah
      kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang
      telah datang kepadamu. Untuk tiap-tiap umat diantara kamu, Kami berikan
      aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu
      dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu
      terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat
      kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu
      diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu,” (QS. Al Maidah : 48)

  • Ali Mas’ut

    sebuah statement yang bersifat netral, mengajarkan agar umat manusia tidak terpecah belah dalam sisi kehidupan sosial, sehingga tidak ada menomor satukan / merasa benar dalam pemelukan suatu agama, melainkan no.1 bagaimana anda beribadah kepada tuhanmu

    • Sejuki

      Beribadah kepada Tuhan itu kan ada aturan dan tata cara-Nya. Kalo aturan dan tata-cara-Nya tidak sesuai dg petunjuk langsung dan Yang Maha Kuasa, gimana bisa ibadah seseorang itu bisa diterima?

      • Hamba Allah

        terus saya harus mengatakan WAAW gitu?

      • Ali Mas’ut

        diterima atau tidak itu urusan tuhan,
        beribadah dg ikhlas atau paksaan itu juga tuhan yang tahu.
        bukankah tata cara beribadah sudah di ajari sejak kecil oleh orang tua yang bijak.

        • Guest

          tapi ibadah mana yang di terima oleh tuhan,itu sudah di jelaskan dalam firman nya om dan di jelaskan di kitab kitab yg di bawa oleh rassulnya.. kita beribadah sesuai petunjuk dariNya juga.jangan berbicara ikhlas dan paksaan om,om muslim? kalau om ngaku islam,berarti sudah mengucapkan 2 kalimat syahadat kan? berarti mengakui tiada tuhan yg patut di sembah selain allah dan mengakui muhammad utusan allah,sekedar mengucapkan tidak mengamalkan perintahNya bukan berarti om bisa mengaku muslim seenaknya.islam itu punya hukum yg keras soal beribadah om!! tidak ada tawar menawar di dalam menjalankan sholat !! itu bukan persoalan ikhlas atau paksaan,sholat itu wajib hukumnya,setiap manusia wajib menyembah allah,setelah kita menyembah allah baru kita boleh bicara ikhlas dan gak ikhlas itu memang hanya allah yg tahu,khusyuk namanya.dan ingat muslim itu artinya berserah diri,orang orang yg berserah diri..mendirikan sholat berarti mendirikan tiang agama,meninggalkan sholat berarti meruntuhkan agama.tidak akan di terima amal ibadah seseorang jika tidak melaksanakan sholat om.

        • Dicky

          bagaimana caranya di terima? sebagai makhluk kita hanya bisa memperbaiki ibadah kita, di terima atau tidak itu haq allah yang tiada tuhan selain dia. cara memperbaiki ibadah kita adalah dengan mencari ilmu ke majelis ilmu seperti pengajian/ceramah.. dalam arti mendengarkan omongan orang yang lebih paham tentang agama, jadi kalau ilmu itu sudah sampai tinggal hidayah saja lagi,, minta lah hidayah pd allah hanya dengan hidayahnya lah kita bisa selamat

          • herek

            sesungguhnya Isa Putra Mariam (Tuhan Yesus Kristus) adalah hakim yang adil dunia dan akhirat (itu pernyataan dari Muhammad sendiri lochh…) Jadi Muhhamad tahu, bahwa dia dan umatnya kelak akan dihakimi oleh TUHAN YESUS…!!! JADI…???

          • cibonxqw

            Hehe,, jangan bicara ilmu setengah – setengah bro.. :)
            firman Allah Ta’ala:
            “Kitab (Al Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa, (yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib.” (QS. Al Baqarah: 2-3).

            firman Allah Ta’ala:
            “Tetapi (yang sebenarnya), Allah telah mengangkat Isa kepada-Nya. Dan ada­lah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” “Tidak ada seorang pun dari
            ahli kitab kecuali akan beriman kepadanya (Isa) sebelum kematiannya. Dan pada hari kiamat nanti Isa akan menjadi saksi terhadap mereka.” (QS. An-Nisa’ [4]: 157-159).

            >>
            Perkataan nabi muhammad karena isa adalah nabi yang dianggap hakim yang adil adalah
            sebagai hakim yang adil, ia mematahkan salib, membunuh babi, menghentikan jizyah
            dan melimpahkan harta sehingga tidak ada seorang pun yang mau menerima pemberian harta.

            >>
            Nabi muhammad pun berkata jika seandainya nabi musa hadir dizaman ku maka dia akan mengikuti ku dan akan membela ku begitupun jika nabi isa ada dizaman ku maka dia akan mengikuti ku dan membela ku..

            Dari Jabir bin ’Abdillah, Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda :

            ”Sekelompok dari umatku ada yang akan terus membela kebenaran hingga hari kiamat. Menjelang
            hari kiamat turunlah ’Isa bin Maryam. Kemudian pemimpin umat Islam saat itu berkata, ”(Wahai Nabi Isa), pimpinlah shalat bersama kami.” Nabi ’Isa pun menjawab, ”Tidak. Sesungguhnya sudah ada di antara kalian yang pantas menjadi imam (pemimpin). Sungguh, Allah telah memuliakan umat ini.”

            dan disaat akhir zaman isa pun diturunkan kedunia dia akan sholat dibelakang imam umat islam yaitu imam mahdi (pemimpin)

            penjelasan di atas bahwa Imam Mahdi adalah sebagai imam (pemimpin) kaum muslimin ketika itu. Termasuk pula Nabi Isa ’alaihis salam, beliau akan bermakmum di belakang Imam Mahdi. Beliau pun akan mengikuti syari’at Islam dan akan menyerukan islam dan akan memberantas semua umat yang menolak ajaran agama islam.

          • herek

            Injil = Firman Allah,

            adanya Injil (isinya Injil) = Ajaran Tuhan
            Yesus (Isa) selama Dia ada di dunia ini,

            Tuhan Yesus (Isa) = Allah (Yang menjadi seorang anak manusia) = Menjadi Roh
            Kudus disaat Tuhan Yesus (Isa) bangkit dari kematian dan ada sampai
            sekarang yang memimpin di dalam diri kita umat manusia).

            Ket. Tuhan Yesus
            (Isa) adalah Allah itu sendiri…!!!

            Orang Krsiten tidak menyembah banyak Allah…
            Tapi satu Allah, yang dikenal sebagai (Allah
            Bapa/Putra (Tuhan Yesus/Isa)/Roh Kudus), yang adalah pencipta langit dan bumi
            dan segala isinya….Amin ;-)

          • qwerty

            Itu 3 om bukan 1…. coba ulangi lagi dan dihitung.

          • herek

            @qwerty

            Yesus itu siapa ,,,???? > Tuhan Yesus (Isa)/Putra = Allah itu sendiri (Yang menjadi seorang manusia)

            yg menciptakan yesus itu siapa ,,,????? > Tidak ada yang menciptakan Tuhan Yesus (Isa), karena Dia adalah Allah itu sendiri (Klu gak salah dalam Al`quran (Isa) = Zat Allah) yang masuk kedalam rahim Mariam “Tidak melalui persetubuhan (Yusuf dan Mariam)”

            yg di mksd bapa itu siapa ,,??? > Bapa = Orang Kristen memanggil Allah (Bapa=Allah)… Contoh: Ya Bapa = ya Allah

            putra itu siapa,,,,????? > Putra/Anak = Tuhan Yesus (Isa),

            Roh Kudus itu siapa,,,,????? > = Roh Allah itu sendiri (Sebutan/Memanggil Allah), setelah Tuhan Yesus/Isa mati dan bangkit dari kematian yang ada sampai sekarang yang memimpin di dalam diri kita
            umat manusia).

            dan yg pak paus sembah itu siapa ,,,,,????? > Pastinya Allah Bapa / Putra (Yesus/Isa/anak) / Roh Kudus = Satu (Allah itu sendiri)

            masa ada seh,,, tuhan punya bapak,,,, hikz > Bapa = Orang Kristen
            memanggil Allah (Bapa=Allah), Bukan berarti Tuhan yang mempunyai Bapa.

            entar ketemu jawbannya,,,,

            Ket. Tuhan Yesus (Isa) adalah Allah itu sendiri…!!!
            Orang Krsiten tidak menyembah banyak Allah… Tapi satu Allah, yang dikenal sebagai (Allah Bapa / Putra/(Tuhan Yesus/Isa/Putra) / Roh Kudus), yang adalah pencipta langit dan bumi dan segala isinya….Amin..!! Semoga bermanfaat…. ;-)

          • cie

            Surat Al-Ikhlas

            بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

            قُلْ هُوَ ٱللَّهُ أَحَدٌ ﴿١﴾ ٱللَّهُ ٱلصَّمَدُ ﴿٢﴾ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ ﴿٣﴾ وَلَمْ يَكُن لَّهُۥ كُفُوًا أَحَدٌۢ ﴿٤

            Bacaan Bacaan Surat Al Ikhlas dalam Bahasa Indonesia

            1).Qul huwa allaahu ahadun,

            2).allaahu shamadu,

            3).lam yalid walam yuuladu,

            4).walam yakun lahu kufuwan ahadun.

            Terjemahan Bacaan Surat Al Ikhlas

            1). Katakanlah: Dia-lah Allah, Yang Maha Esa

            2). Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu

            3). Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan

            4). Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia

            “ADA YANG MASIH RAGU LAGI?????”
            “PIKIIIIRRRR”

          • Syarif

            “…Tuhan Yesus (Isa) = Allah (Yang menjadi seorang anak manusia) = Menjadi Roh
            Kudus disaat Tuhan Yesus (Isa) bangkit dari kematian dan ada sampai
            sekarang yang memimpin di dalam diri kita umat manusia).

            Ket. Tuhan Yesus
            (Isa) adalah Allah itu sendiri…!!!…”

            Jadi Allah menjelma menjadi manusia yaitu yesus yg kemudian bangkit dari kematian dan menjelma menjadi roh kudus?

            Lalu siapa yg dimaksud Tuhan Allah oleh yesus dalam Matius 4:8-10

            “Dan Iblis membawanya pula ke atas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya, dan berkata kepadaNya: “Semua itu akan kuberikan kepada-Mu, jika Engkau sujud menyembah aku. ” Maka berkatalah Yesus kepadanya: “Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!”

            maaf,,hanya berdiskusi mas,,

          • Adam Permana

            tuhan itu ga beranak dan di peranakan

  • Wahyudi Saputra Lubis

    tujuan asli tlisan ni pa an????
    ga jelas….

    • jerry

      tujuan tulisan ini, bahwa Paus sudah meyakini bahwa Tuhan itu satu dan tidak ada anak dan tidak diperanakkan, dan milik semua umat yang mau selamat..

  • Mahmud

    aneh aneh aja media ini, sudahlah jngan terlalu sombong kita mayoritas, urus diri kita sendiri, media bangkek!

  • Hari Anggara Hamdan

    Propaganda.

  • Fajar Satria

    Yang terpenting kita harus taat beribadah.Kita sebagai umat manusia harus saling mengasihi & saling menghargai satu sama lain. Kalau ngga ada perbedaan ngga asik bro,haha keep smile

  • troy

    Mantaff nih pemberitaannya, teruskan memberikan pemberitaan seperti ini. Biar saja anjing2 menggonggong

  • luki

    bagimu Agamamu bagiku agamku

  • rifki

    MASBUWE………………..gituh????????

  • Abshan Shihab AbBedulloh

    tapi sayngnya dia semakin lunak terhadap, homo seksual dan atheisme,, sedangkan, 2 kaum itu yang di laknat,,. ya semoga aja ga terlalu lunak hingga akhirnya di halalkan..

  • Gamal Abd Nasser

    Kalau kita tidak nyaman lagi dengan apa yang kita yakini putuskan saja bahwa aku akan berubah keyakinan. Untuk apa bertahan dengan keraguan, karena keraguan itu lebih mengarah kepada penyesatan dan pada aakhirnya menjadi celaka dunia dan akhirat. Makanya islam tidak mengaajak umat untuk memeluknya sebelum mempelajarinya terlebih dahulu. Karena keyakinan menjadi syarat mutlak agar kita dapat menjalankan sariatnya secara ikhlas.

  • Martin Uran

    Benar apa yang dikatakan oleh Paus…dan dari dulu tidak ada Tuhannya katolik. Tuhan itu satu dan sama. hanay dibahasakan dan diimani oleh setiap agama dan aliran kepercayaan sesuai dengan versinya. itulah keMahakuasaan Tuhan tidak dapat dibingaki oleh suatu agama tertentu apa lagi mengklaim agamanya sebagai agama “yang paling benar”. sebagai orang katolik saya merasa pernyataan itu biasa saja…tidak ada yang baru…hanya sebagai pengikut Kristus saya mempunyai satu kekuatan iman bahwa Tuhan yang “JAUH” kini nampak dan menjadi begitu nyata hadir di dunia mengalami “nasib” seperti manusia dialah YESUS KRistus

    • firman

      Semoga Allah. SWT memberi kan hidayah kebenaran kpda anda. Kebenaran itu sudah jelas diterangkan didalam kitab injil dan Al Quran bahwa tiada Tuhan yang patut disembah kecuali Allah.SWT namun sayangnya hati dan fikiran anda masih mengingkarinya. Semoga cahaya hidayah dari Allah. SWT menerangi hati dan fikiran anda saudaraku..amiiiin

  • Mahmud

    MEDIA JANCUK! MEDIA BEGOK!

  • Mahmud

    MEDIA JANCUK! MEDIA BEGOK! MENGADU DOMBA KERUKUNAN BERAGAMA, JANGAN PERCAYA DENGAN MEDIA INI SANGAT NEGATIF!

  • Dwi

    “Yesus adalah guru dan pemimpin”.. Hemmmm..

  • Heri Munasri

    pastilah ANDA tahu

    BAHWA AL QURAN ADALAH WAHYU DR ALLAH,,,,,,,,,,,,

  • resmadi

    sdikit berbagi gan. ane pernah kena batunya waktu ngledek tmen ane yg alhamdulillah doi spertinya mudah”an trmasuk golongan orang briman..

    ane tanya,..knapa ente kok tekun banget kmesjid, emang ALLAH SWT tu ad dmesjid y, eh doi malah nyengir..
    trus ane nyleneh ane ledek,..wah brarti ALLAH SWT tu ade wujudnye donk y

    doi bales pertanyaan ane,..skrg bgini aj brow, sblum ane jawab pertanyaan ente…ane tanya ente dulu..
    doi tanya ke ane…coba tunjuk, mana mulut ente
    ane jawab,..ini mulut ane ( sambil ane tunjuk bibir atas )
    doi bilang,..tu bukan mulut, tu bibir atas,..
    ane jawab lg,..yg ini ( sambil nunjuk bgian bibir bwah )
    doi jawab,..bukan, tu bibir bawah,..( doi jawab sambil nyengir bkin ane bingung )
    doi bilang,..trakhir ni ane tanya lg, mana mulut ente..??!
    ane jawab sambil ngotot n bingung,..yg ini,…!!! ( sambil masukin stengah jari tlunjuk ke rongga mulut ane )
    doi ketawa mulai agak lebar,..kayanya doi sneng bgd dah bkin ane bingung

    doi bilng,..semua tu cuma bagian dr yang namanye mulut, mulut tu goib.
    bgtu jg ALLAH SWT, ALLAH SWT tu goib n g bisa dtunjuk dengan jari brow, g bisa dfikirkan dengan akal..n yg kita tau slama ni tu cm sifat”Nya aj,.

    doi bilang lg,.ente mo tau knapa ane solatnye dmasjid, coba ente fikirin klo smua org muslim solatnye dmasjid hikmah yg paling gampang diambil ap…..( ane geleng gara” dah kpuyengan )

    doi jawab,..klo semua org muslim solatnya 5 waktu dmasjid, kita g perlu maen cari”an klo bkin janji, tinggal kmsejid aj ntar jg ktemu…( ane ngangguk” cm bisa bilang iy jg yeeeh…hehhee )

    sambil jalan pelan kearah mesjid doi bacain surat ni ke ane,..doi baca dgn suara agak tegas

    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
    قُلْ هُوَ ٱللَّهُ أَحَدٌ ﴿١﴾ ٱللَّهُ ٱلصَّمَدُ ﴿٢﴾ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ ﴿٣﴾ وَلَمْ يَكُن لَّهُۥ كُفُوًا أَحَدٌۢ ﴿٤

    1). Katakanlah: Dia-lah Allah, Yang Maha Esa
    2). Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu
    3). Allah tiada beranak dan tidak pula diperanakkan
    4). Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Nya

    • Eno Six-strings

      hati hati,kalau mau menghujat..kamu mending selesein dulu soal ketuhanan yesus itu,baru bertanya allah itu wujudnya bagaimana..yesus sudah menjelaskan dalam injil itu allah itu siapa,hanya kalian yg tidak pernah menggunakan logika,ini sperti kamu mempertnyakan sakit itu bentuknya apa,marah itu wujudnya apa,kalau kamu blang marah itu wujudnya ngamuk ngamuk..itu bukan wujudnya,,itu ekspresinya.allah itu ghaib,dan bisa di jelaskan dengan logika,yesus berkata begitu juga,silahkan buka bible lg gan,kalau bahasa arabnya itu namanya tauhid gan,(taurat,zabur,injil,alquran semua kitab itu menjelaskan dan mendefinisikan allah.. pelajari lebih dalam lagi kitab injilmu).. tp syratnya robohkan dulu trinitas 1 + 1 + 1 = 1 ? bukan kah teori ini sedikit memaksakan jumlah hasilnya? dan harusnya kamu malu mempertanyakan logika allah matematika dasar aja kamu belum paham itu..tanya anak nol kecil itu tau hasilnya berapa..dan saya mengerti kenapa kamu bingung.. islam itu cinta yesus,lebih dari kalian mencintainya.tau kenapa?karena kita mengikuti perintah yesus,ketika dia mengharamkan dan menghalalkan sesuatu,contohnya babi,dan minuman keras,buka lg injilnya,yesus menghramkan itu.yesus di sunat(banyak dari kalian yg mengaku cinta yesus tapi tidak sunat(khitan)kalau sunat di larang yesus,pastilah dia sebutkan dalam injil.dan alhamdulillah muhammad s.a.w menyempurnakan ajaran yesus/isa a.s..semoga allah menuntun mu saudaraku…

      • Ratna

        Kalo saya bukanya ya Al-Qur’an bukan Injil.. Kan ente bilang “alhamdulillah muhammad s.a.w menyempurnakan ajaran yesus/isa”. Berarti langsung aja baca kitab Al-Qur’an yg sudah mencakup seluruh kitab2 pendahulunya…

        • Adam Permana

          benar

      • Sumardi Armadi

        Nabi isa di turun Oleh Allah hanya untuk kaum bani Israil yang hidup pada saat itu, ketika nabi isa masih ada..bukan untuk kaum yang lain..Sedangkan Nabii Muhammad diturun Allah untuk semua Umat Manusia..
        Anehnya ada kaum yang lain ikut ikutan ajran nabi isa..Yang kita injilnya udah dirubah ribuan kali oleh penguasa..Sayang sungguh sayang mereka tidak diterima Amalannya dan tempatnya dineraka jahanam..Ayo lekas ikuti Ajaran yang benar.
        kalau tidak percaya ayo buka injil…

  • Guest

    Sejak terpilih menjadi pemimpin Gereja Katolik, Paus Fransiskus terbukti
    menjadi seorang Paus beraliran liberal. Bahkan dia bersikap lebih lunak
    terhadap hal-hal yang selama ini ditentang keras Vatikan seperti
    homoseksualitas dan ateisme. (International Business Times/KCM/Ervan Hardoko)

    ^Paragraf “menyerang” yg tidak perlu..

  • Sofyan

    Perumpamaan, didalam perusahaan ada namanya prosedur… jika prosedur itu ada yang kurang lengkap maka prosedur itu di revisi dan perusahaan tersebut memakai prosedur yang telah di revisi…

    Jadi menurutku, Al-qur’an adalah kitab yang telah disempurnakan dari kitab2 yang sebelumnya. jadi kita …. ya mengikuti, memakai, memahami kitab Al-Qur’an tersebut …

    Di dalam kitab tersebut ada salah satu surat yang menjelaskan bahwa ALLAH adalah tuhan kita
    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

    قُلْ هُوَ ٱللَّهُ أَحَدٌ ﴿١﴾ ٱللَّهُ ٱلصَّمَدُ ﴿٢﴾ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ ﴿٣﴾ وَلَمْ يَكُن لَّهُۥ كُفُوًا أَحَدٌۢ ﴿٤

    1). Katakanlah: Dia-lah Allah, Yang Maha Esa
    2). Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu
    3). Allah tiada beranak dan tidak pula diperanakkan
    4). Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Nya

  • Sofyan

    Perumpamaan, didalam perusahaan ada namanya prosedur… jika prosedur itu ada yang kurang lengkap maka prosedur itu di revisi dan perusahaan tersebut memakai prosedur yang telah di revisi…

    Jadi menurutku, Al-qur’an adalah kitab yang telah disempurnakan dari kitab2 yang sebelumnya. jadi kita …. ya mengikuti, memakai, memahami kitab Al-Qur’an tersebut …

    Di dalam kitab tersebut ada salah satu surat yang menjelaskan bahwa ALLAH adalah tuhan kita
    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

    قُلْ هُوَ ٱللَّهُ أَحَدٌ ﴿١﴾ ٱللَّهُ ٱلصَّمَدُ ﴿٢﴾ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ ﴿٣﴾ وَلَمْ يَكُن لَّهُۥ كُفُوًا أَحَدٌۢ ﴿٤

    1). Katakanlah: Dia-lah Allah, Yang Maha Esa
    2). Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu
    3). Allah tiada beranak dan tidak pula diperanakkan
    4). Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Nya

  • Syaif Ibrahim

    Semua manusia pasti akan mengetahui kebenaran islam,Al-Qur’anulkarim dan assunah yang di bawa oleh baginda Rosulullah SAW,dan semua akan mengetahui ke Agungan ALLAH SWT..ketika malaikat maut datang menghampiri…..! Islam adlah satu2 nya agama yang di Ridhoi Allah….ALLAHUAKBAR….ALLAHUMMA SOLLI ALA SAYYIDINA MUHAMMAD WA’ALA ALI SAYYIDINA MUHAMMAD

  • Syaif Ibrahim

    Semua manusia pasti akan mengetahui kebenaran islam,Al-Qur’anulkarim dan assunah yang di bawa oleh baginda Rosulullah SAW,dan semua akan mengetahui ke Agungan ALLAH SWT..ketika malaikat maut datang menghampiri…..! Islam adlah satu2 nya agama yang di Ridhoi Allah….ALLAHUAKBAR….ALLAHUMMA SOLLI ALA SAYYIDINA MUHAMMAD WA’ALA ALI SAYYIDINA MUHAMMAD

  • al kanza

    intinya,,,, paus ,,, itu sedang kebingungan,,,, sebenernya tuhan itu kayak ap ,,,?????
    mungkin kayak gitk maksud ente yak,,, pak paus ,,,???????

    begini ya,,, pak paus,,,, antara yesus,, bapak,,, dan putra roh kudus,,,,
    yesus itu siapa ,,,????
    yg menciptakan yesus itu siapa ,,,?????
    yg di mksd bapa itu siapa ,,???
    putra roh kudus itu siapa,,,,?????
    dan yg pak paus sembah itu siapa ,,,,,?????
    masa ada seh,,, tuhan punya bapak,,,, hikz
    entar ketemu jawbannya,,,,

    KULHUWALLOH HU AHAD,,,, TUHAN HANYA SATU,,,,ALLAH SWT !!!!!!!!!!

    • herek

      Maaf ya bro, mungkin Pak Paus gak ada waktu buat jawab, mungkin saya akan bantu jawab….

      begini ya,,,pak paus,,,, antara yesus,, bapak,,, dan putra roh kudus,,,,

      Yesus itu siapa ,,,???? > Tuhan Yesus (Isa) = Allah itu sendiri (Yang menjadi seorang manusia)

      yg menciptakan yesus itu siapa ,,,????? > Tidak ada yang menciptakan Tuhan Yesus (Isa), karena dia adalah Allah itu sendiri (Klu gak salah dalam Al`quran (Isa) = Zat Allah) yang masuk kedalam rahim Mariam.

      yg di mksd bapa itu siapa ,,??? > Bapa = Orang Kristen memanggil Allah (Bapa=Allah)… Contoh: Ya Bapa = ya Allah

      putra roh kudus itu siapa,,,,????? > Putra = Tuhan Yesus (Isa), Roh Kudus = Roh Allah itu sendiri (Sebutan setelah Tuhan Yesus/Isa mati dan bangkit dari kematian yang ada sampai sekarang yang memimpin di dalam diri kita umat manusia).

      dan yg pak paus sembah itu siapa ,,,,,????? > Pastinya Allah Bapa / Putra (Yesus/Isa) / Roh Kudus = Satu

      masa ada seh,,, tuhan punya bapak,,,, hikz > Bapa = Orang Kristen memanggil Allah (Bapa=Allah), Bukan Tuhan yang mempunyai Bapa.

      entar ketemu jawbannya,,,,

      Ket. Tuhan Yesus (Isa) adalah Allah itu sendiri…!!!
      Orang Krsiten tidak menyembah banyak Allah… Tapi satu Allah, yang dikenal sebagai (Allah Bapa / Putra/(Tuhan Yesus/Isa) / Roh Kudus), yang adalah pencipta langit dan bumi dan segala isinya….Amin..!! Semoga bermanfaat…. ;-)

      • qwerty

        Itu juga 3 om bukan 1. Yesus sendiri tidak pernah menyebut dirinya sebagai Tuhan, coba om kutipkan di injil dimana Yesus bilang bahwa dia Tuhan.

        • herek

          Betul itu 3 = Tp itu sebutan untuk 1 pribadi (Allah itu sendiri)

          Sudah lah, yang pasti nanti pas hari penghakiman, Tuhan Yesus/Isa (Allah) lah yang menjadi Hakim… Siapa yang percaya kepadaNya akan diselamatkan…:-)

          • elwas dwi wibowo

            allah ya allah
            tiada tuhan selain allah muhammad utusan allah…..
            Allah tiada beranak dan tidak pula diperanakkan…..

            tiada tuhan selain allah
            tiada tuhan selain allah
            tiada tuhan selain allah

      • onelim

        Banyak ayat injil menyebutkan bahwa Yesus berdoa, berzikirdan mohon pertolongan kepada Allah, bahkan pada saat mau disalib beliau teriak minta tolong : Eli Eli lama sabakhtani..? artinya : Tuhanku Tuhanku mengapa Engkau tinggalkan aku..?. Ini artinya Yesus pribadi yang terpisah dari Allah. Kalau Yesus itu Tuhan kenapa Yesus masih berdoa dan minta pertolongan Allah…? ini benar2 keyakinan yang memperkosa akal/logika. Allah ciptakan akal untuk berpikir sehat.

      • Firdaus

        Maaf sya pux pertanyaan : 1.Kenapa bukan dari Nabi Adam as. Allah menjadi manusia dan Dzat-Nya memasuki Nabi Adam, atau Nabi Daud (David),Nabi Musa (Moses),Nabi Ibrahim (Abraham),Nabi Ishaq.. ???Bahkan Nabi Adam lbh spesial lg tdk pux Bapak/Ibu dan tdk melewati proses kelahiran/persalinan..gmn dgn NAbi lain trmasuk Nabi Isa..???
        2.Adakah dlm kitab sdr,mnceritakan kisah Nabi Musa (Moses) ingin melihat tuhannya..??lalu tuhan Musa memperlihatkan sdkit cahaya-Nya di balik gunung lalu gunung itu hancur??..apatah lgi klo Allah itu langsung turun menjelma ke bumi mnjdi manusia..apa jadix bumi..??
        3.Klo mmng pemahaman sdr dzat Allah sdh ada sjak Isa dlm kndungan..lantas dimana kekuasaan,kebesaran,kekuatan,kemuliaan,ALLAH saat Isa diburu,dikejar,kepung,disalib,disiksa oleh manusia/pengikut yg ingkar..serendah itukah ALLAH diperlakukan demikian..??

      • tubagus ali ibrahim

        bisa diperjelas ini mas/mba?? saya ga ngerti …

  • daniella

    maaf, judul lead ini terlalu ambigu dan justru memprovokasi perselisihan antarumat beragama

  • JZ11SRI

    kenapa bumi tempat kita tinggal sering marah ada apa ya?
    sering, diguncang gempa,badai, puting beliung,gunung meletus, banjir dsb.

  • doni osmon

    saya bingung, kenapa sih orang memperdebatkan agamanya. percayalah suatu agama dan jalankan, saya muslim tapi saya gak peduli dengan apa yg dipercaya atau tidak oleh agama lain tentang islam, apakah mereka percaya atau tidak itu bukan urusan saya,sedemikan juga sebaliknya, saya gak ada urusan thd agama kristen,hindu,budha bahkan free thinker. jadi kalu paus mau bicara da percaya thuan yg lain ini juga bukan urusan saya itu urusan si paus karna sebagai muslim saya belum bisa menjalankan semua yg diharuskan kepada saya , sehingga saya gak begitu peduli apakah agama lain setuju denga saya dan apakah mereka membuat statemen. buat saya itu tidak ada untung ruginya.dan saya juga anehh dengan orang menghujat satu agama karan merasa agamanya yg bener. padahal jalanin aja agama elu dan urusan dunia mari kita kerjakan bersama2 urusan agama silahkan kerjakan sendiri…

    • Wawan Eilfa Nino

      kalo zaman dulu para wali/sunan berpikir seperti sampean,wah,,gag tau deh sekarang saya agama nya apa,,,

  • ben

    biarkanlah org beribadah dengan keyakinan nya masingmasing,kalau menurut anda
    keyakinan merka itu salah berarti mereka yang masuk neraka,jadi mengapa harus diributkan to anda tidak diminta pertanggung jawaban atas kesalahan orang lain

    • Syarif

      maaf mas,,dalam islam ada yg namanya amar ma’ruf nahi munkar
      menyeru pada kebajikan dan mencegah pada kemunkaran,,
      namun kewajiban kita hanya menyampaikan,,dan itu akan diminta pertanggungjawabannya kelak,,

  • mulyadi

    Mengapa orang-orang alim mereka, dan pendeta-pendeta mereka
    tidak melarang mereka mengucapkan perkataan dosa dan memakan yang
    haram? Sesungguhnya amat buruk apa yang telah mereka kerjakan itu.” (QS. Al-Maidah [5] : 63). Jadi sudah jelaslah, sifat mereka memang begitu selama ini,Allah sudah menjelaskan dr ayat diatas, membiarkan umatnya melakukan perbuatan dosa, pemuka agamanya begitu, beda sama Ulama.

  • Dian Kosasih

    yang pasti Islam adalah agama telah disempurnakan, dan di ridhoi oleh Allah SWT.

  • Mustafa Haji Alwy

    Konsep ketuhanan yang benar telah Allah jelaskan dalam Alqur’an, kitab Allah yang terakhir yang turun melalui nabi terakhir, Muhammad (saw) 570 AC. Nabi Isa (Jesus putera Maryam) sekitar 2 BC sebenarnya juga menerangkan konsep ketuhanan yang benar, sebagaimana Nabi Musa (Moses) (as) 1400-1700 BC, Nabi Ibrahim (Abraham) (as) 2528 BC, Nabi Nuh (Noah) (as) 5398 BC, Nabi Hud (as), Nabi Saleh (as), Nabi Idris (Enock) (as), Nabi Adam (as) 6544 BC. Namun, sekitar 500 tahun setelahnya, Augustinus memberi tafsir sesat yang dipahami sebagai “Trinity”, yang Allah koreksi dalam Alquran sekitar 200 tahun setelah Augustinus mentafsirkan secara sesat konsep ketuhanan Jesus putera Maryam. Sebenarnya Augustinus dulunya meyakini agama Zoroaster, agama yang konsep ketuhanannya mirip dengan Islam karena bersumber dari nabi Ibrahim, namun menjadi penganut Nasrani, lalu membuat konsep Trinity. Zoroaster meyakini sekitar 100 sifat tuhan, yang mirip dengan sifat tuhan 99 dalam Islam. Hindu dalam kitab weda memiliki ayat-ayat yang sama dengan kitab zoroaster, karena keduanya lahir pada waktu yang relatif sama, sekitar 500-600 BC, di tempat yang berdekatan, Zoroastrinism di Persia, Hindu di lembah Sungai Indus (Pakistan India). Kata Hindu berasal dari kata Indus. Namun Hindu kemudian menyakini Trimurty (tiga jenis tuhan dengan tugas berbeda). Mustafa Haji Alwy 2014 Kendari 28 Muharram 1393

  • onelim

    Emang Tuhan bapa pencipta alam semesta bergender laki-laki..?????????? Paus sendiri belum pernah lihat Tuhan bapa. Benar2 aneh..!? Tuhan punya gender seperti makhluk ciptaan-Nya.

  • Hafidz Alrasyid

    Knp anda sembunyikan tuan paus berarti anda menyesatkn umat anda sesesat sesatnys.

Lihat Juga

Ilustrasi. (inet)

10 Tips Hidup Bahagia dan Penuh Percaya Diri

Organization