Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Menggabungkan 2 Rumah Jadi 1

Menggabungkan 2 Rumah Jadi 1

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum pak Andan,

Perkenalkan saya Adi, saya email bapak setelah buka rubrik konsultasi arsitektur di situs dakwatuna.com

Saya sangat tertarik sekali, dan kebetulan ada rencana mau merenovasi rumah yang saya beli. Rumah tersebut ada 2. Saling berdempetan dengan model yang sama persis. Ukuran denahnya saya email.

Rencananya ingin ada 4 kamar tidur, 2 kamar mandi, dapur dan cuci jemur serta ruang keluarga dan ruang makan yang lapang.

Mohon di buatkan desain yang baik. Desain yang minimalis, karena dananya juga minimalis.

Terima kasih sebelumnya,

Adi – Pamulang Tangsel

Jawaban:

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Adi dan netters sekalian, apa kabar Anda semua di tahun 2014 ini? Semoga di awal tahun ini kita dapat merencanakan segenap pola kerja dan cita – cita setahun ke depan. Apalagi bagi Anda yang akan merenovasi rumah atau membangun rumah baru. Karena biasanya kita berpatokan pada libur lebaran di mana tukang pulang kampung dan semua toko material tutup.

Kini kita sapa Pak Adi di Pamulang. Alhamdulillah lokasi beliau sudah sangat saya kenal. Karena keluarga istri saya tinggal di daerah sana. Hingga untuk proses desain dan pelaksanaan renovasi sangat mudah dijangkau. Rumah yang ada juga tidak sulit untuk didesain. Hingga tinggal membutuhkan sedikit sentuhan arsitek maka rumah lama yang sempit akan berubah menjadi luas dan lapang.

Pertama saya bongkar dulu kamar mandi di rumah kiri. Karena ia akan saja jadikan renovasi minimalis. Hingga rumah minimalis ini tidak hanya ide saja, namun konsep pelaksanaannya juga minimalis. Jadi penggabungan 2 rumah in adalah renovasi minimalis untuk mewujudkan rumah minimalis.

denah desain 1

Saya berusaha membuat desain sehemat mungkin. Untuk itu kamar belakang sebenarnya hanyalah 2 kamar yang digabung jadi satu. Dengan konsep ini ruang tidur utama luas tapi tetap hemat pengerjaannya. WC lama di rumah kanan saya pertahankan 1 buah. WC baru hanya ada pada ruang tidur utama. Tembok muka untuk ruang makan masih saya pakai gunakan tembok lama. Tembok baru untuk ruang tidur anak yang saya majukan ke depan.

denah penggabungan
interior denah penggabungan

Sebenarnya rumah ini terbagi 2, rumah kanan saya jadikan akses service area karena ada carport, dapur dan ruang cuci. Lalu rumah kiri saya jadikan area hunian karena di isi oleh ruang tidur dan ruang makan + ruang keluarga. Ruang tamu cukup di teras saja, hingga hemat. Karena jika tamu nya keluarga bisa langsung masuk ke dalam dan jika hanya tetangga biasanya cukup di teras yang nyaman dan lapang.

potongan samping
potongan samping

Area service memang agak sempit karena keterbatasan lahan. Untuk itu saya gabungkan ruang cuci jemur dengan dapur. Dengan sedikit taman kecil di bawah dan taman gantung di atas akan membuat suasana menjadi segar. Dapur di sisi ruang dalam terbatasi dengan lemari gantung dan meja kompor. Tidak ada tembok yang membatasi hingga kesannya ruangan ini tetap lapang. Secara pengerjaan juga hemat karena hanya memanfaatkan bangunan lama.

service area
service area

Ruang tengah benar – benar lapang. Bergabungnya ruang makan dan ruang keluarga menjadikan area ini tempat paling nyaman untuk berkumpul keluarga. Apalagi dapur juga tidak jauh. Mudah menjangkaunya. Membuat rumah mungil ini menjadi tampil kompak dan komplit. Setiap ruang mendapat jatah secara proporsional. Tercukupi secara volume kebutuhan tatanan interior.

ruang makan dan ruang keluarga
ruang makan dan ruang keluarga

Pandangan terakhir inilah yang semakin menegaskan rumah ini tampil sempurna. Kamar tidur ada di area yang bersisian dengan TV. Terlokalisir secara baik. Kamar mandi umum dekat dan mudah dijangkau karena ia sebenarnya kamar mandi lama yang tidak dibongkar. Kompor dan mesin cuci saling berdekatan namun mereka tetap terpisah dengan area publik dan area private. Sebuah padanan cantik dan paduan ruang mungil yang saling melengkapi.

dapur
dapur

Alhamdulillah, selesai sudah desain kita kali ini. Mari kita doakan semoga Pak Adi sekeluarga dapat segera menempati rumah ini. Semoga rumah ini menjadi baiti jannati. Dan semoga desain ini bermanfaat demi mewujudkan desain rumah Islami yang sama – sama kita dambakan.

Akhirul kalam,

Wassalamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST

Kirimkan pertanyaan / order desain / pelaksanaan ke : [email protected]

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (5 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Andan Nadriasta, ST
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi.Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.

Lihat Juga

Ilustrasi (inet)

Rumah Impian

Organization