Home / Berita / Internasional / Afrika / Harga Mahal Harus Dibayar Saat Demokrasi Digilas di Mesir

Harga Mahal Harus Dibayar Saat Demokrasi Digilas di Mesir

Ilustrasi (elmarsad)
Ilustrasi (elmarsad)

dakwatuna.com – Kairo. “Semua harus membayar mahal ketika demokrasi di Mesir dihancurkan.” Demikianlah kiranya kesimpulan sebuah artikel Peter Oborne dalam Daily Telegraph, edisi Rabu (8/1/2014).

Aiman Zhawahiri, pimpinan Al-Qaidah saat ini, dulunya memutuskan untuk bergabung dengan Ikhwanul Muslimin (IM) sebagai pilihan politiknya. Tapi, pada tahun 60-an, Ikhwanul Muslimin ditetapkan sebagai partai terlarang, maka berubahlah Zhawahiri menjadi tokoh seperti sekarang, pemimpin Al-Qaidah.

Oborne menceritakan temuannya saat kunjungan terakhir ke Mesir. Demonstrasi dilarang, dan penguasa banyak melakukan aksi kekejaman, berupa penculikan, penangkapan, dan penyiksaan. Selain itu, hampir seluruh kendali Mesir dipegang oleh para jenderal.

Hal ini bertentangan dengan slogan yang diusung Revolusi 25 Januari 2011; kehidupan, kemerdekaan, dan keadilan sosial. Selain itu, hal ini juga akan melahirkan lagi ekstremisme dan gerakan anti-demokrasi, terutama di kalangan para aktivis Islam yang merasa kecewa karena ketika memenangkan demokrasi, militer mengkudetanya.

Saat ini, As-Sisi (59 tahun) menjadi idola kaum wanita. Fotonya ada di mana-mana, bahkan kadang disandingkan dengan dua presiden sebelumnya, Gamal Abdul Naser dan Anwar Sadat. Kemungkinan besar As-Sisi akan mencalonkan diri dalam pilpres mendatang. Apalagi setelah dibocorkannya wangsit puluhan tahun lalu bahwa dia akan menjadi presiden Mesir. Orang jadi berkeyakinan bahwa As-Sisi adalah presiden yang benar-benar tepat untuk Mesir.

Bagaimana dengan IM? Sebuah jamaah Islam yang mau berjuang lewat jalur demokrasi, dan akhirnya memenangkannya, tapi harus dikudeta. Kini IM dimasukkan dalam daftar organisasi teroris, dengan mengeksploitasi aksi ledakan di Mapolwil Manshurah. Walaupun ada pengakuan Jamaah Anshar Baitil Maqdis yang melakukannya, IM tetap dituduh terlibat. Padahal JABM adalah musuh besar IM; Presiden Mursi pernah mereka kafirkan.

Para pimpinan IM saat ini berada di penjara, atau kalau tidak, menyelamatkan diri ke luar negeri. Presiden Mursi juga berada dalam tahanan yang tidak diketahui tempatnya.

Inggris dan Amerika jelas terlibat dalam kudeta militer di Mesir. Karena keduanya tidak menyebut hal yang terjadi di Mesir sebagai sebuah kudeta. Menlu Inggris menyebut penguasa kudeta sebagai pemerintahan yang baru, sedangkan menlu Amerika menyebut As-Sisi telah mengembalikan demokrasi pada jalannya yang benar.

Apa yang menjadi alasan Inggris dan Amerika lebih memilih sikap seperti itu? Apakah karena kedua beranggapan kekuasaan As-Sisi lebih menjanjikan stabilitas di Timur Tengah? Untuk jangka pendek mungkin iya, tapi tidak untuk jangka panjang. Sangat dikhawatirkan kasus Aiman Zhawahiri menjadi fenomena yang akan terjadi di waktu mendatang. Zhawahiri mempunyai pandangan bahwa Barat tidak menginginkan adanya demokrasi di dunia Islam, oleh karena itu jalan satu-satunya adalah perjuangan bersenjata.

Zhawahiri tak salah. Tahun 1992 FIS menang telak, tapi harus lengser karena kudeta militer. IM sabar berjuang dalam intimidasi selama 80 tahun, begitu memimpin Mesir, mereka pun dikudeta militer.

Pada kasus IM, para pemimpinnya memang selalu menekankan bahwa perjuangan damai adalah saltu-satunya alternatif, tapi apakah semua anggota IM akan tunduk pada kebijakan pemimpin mereka, sabar terhadap kejahatan penguasa militer? (msa/dakwatuna/elmarsad)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (7 votes, average: 8,71 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Sofwan
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir
  • ThaifahManshurah

    makanya
    tinggalkan demokrasi laknatullah
    tidak ada catatan sejarahnya ISLAM bisa berjaya dg demokrasi laknatullah
    justru sebaliknya
    banyak umat ISLAM yg mengikuti demokrasi dan kemudian menang
    maka kemenangannya dibubarkan, dibatalkan, dicurangi bahkan dikudeta
    contoh
    Masyumi & Syarekat ISLAM (Indonesia)
    FIS(Al-Jazair)
    Hamas(palestina)
    Ikhawanul Muslimin(Mesir)

    apa itu nggak cukup bukti
    bhw demokrasi itu TIDAK SEJALAN dg ISLAM

    • Sejuki

      Bukan demokrasi yg laknatullah. Yg laknatullah adalah yg mengkhianati demokrasi. Coba jika demokrasi dijalankan dg benar dan tidak dikhianati, tidak akan seperti ini jadinya.

      • ThaifahManshurah

        demokrasi itulah jalan pengkhianatan
        wajar saja jika dikhianati

        bagaimana mungkin demokrasi dijalankan dengan benar
        lha wong dlm demokrasi TIDAK ADA kitab sucinya, masak suara terbanyak
        tidak ada suri tauladannya, masak ameirka yg jadi suri tauladannya

        IM, dakwahnya udah benar
        tapi sayang mereka mengikuti demokrasi
        jadinya DAKWAH dan DEMOKRASI

        seharusnya DAKWAH dan JIHAD

        • Sejuki

          Salah diagnosa ente. Yang salah orang yg mengkhianati demokrasi. Jika demokrasi tidak dikhianati, tentu tidak seperti itu kan jadinya?

          • ThaifahManshurah

            ente salah diagnosa
            demokrasi suara terbanyak itulah mengkhianati ketetapan ALLAH SWT

            Al An’aam:116
            “Seandainya kalian mengikuti kebanyakan orang di muka bumi, sungguh mereka akan menyesatkan kalian dari jalan Allah

          • Sejuki

            Suara terbanyak tidak selalu mengkhianati ketetapan Allah swt. Gimana kalo suara terbanyak tsb mengajak kepada kebenaran seperti yg telah dilakukan Dr. Mursi sebelum dijatuhkan?

            Amerika dan begundal-begundalnya bukanlah pengusung demokrasi, tetapi sejatinya adalah pengkhianat demokrasi. Yg harus diberangus adalah pengkhiatannya bukan demokrasinya, sebab demokrasi sejalan dg Islam. Ente belum komentari ttg pengkhianatan demokrasi ini, bhw dalam kasus Mesir akan terjadi gak seperti yg sekarang ini jika As Sisi dan begundalnya yg sejatinya adalah anteks Amerika dan Zionist tidak berkhianat (tidak kudeta)?

          • ThaifahManshurah

            ketika Mursi dikhianati
            kenapa IM gak JIHAD kayak mujahidin di Sinai…!?

            senjata ada
            dana ada
            kesempatan terbuka lebar
            lokasi dekat

            tunggau apalagi

          • Sejuki

            Nah kan, berarti pengkhianatannya yg salah. Kenapa malah justeru demokrasinya yg ente kambing-hitamkan?

            Aneh….!!!

          • ThaifahManshurah

            huahaha
            maksain lagi

            malah bilang ornag yg aneh
            ________

            gini aja deh
            kalo elu mau berdemokrasi
            itu urusan elu
            sono lu ikut pemilu nanti bulan juni ato juli nanti
            silahkan tuh lu pilih tuh sesukanya

            kalo gw tetep dg pendirian gw
            anti demokrasi

          • Sejuki

            Ente anti demokrasi, itu hak ente, dan itu masalah lain lagi. Namun dalam konteks Mesir, Hamas di Palestina, FIZ yg di Aljazair, itu bukan demokrasinya yg salah tetapi pengkhianatan demokrasinya lah yg salah. Pengkhianatan demokrasi, itulah biang kerok yg sebenarnya.

            Salah diagnosa dg anti demokrasi, itu dua hal yg berbeda boss. Ttg pemaksaan pendapat, kalo memang yg dipaksakan itu sesuatu yg benar memang sudah seharusnya lah begitu. Yg salah bin luput itu adalah, sudah tau salah diagnosa tapi tetap ngotot.

        • Sejuki

          Salah diagnosa ente. Yang salah orang yg mengkhianati demokrasi. Jika demokrasi tidak dikhianati, tentu tidak seperti itu kan jadinya?

    • abuhafid

      trus mnurut ente mna yg betul? mnurut sejarah islam..bentuk negara bukan hal yg dipersoalkan..yg penting nilai islam ditegakkan,kalau saya boleh tanya bentuk negara apa dwaktu rasul memerintah madinah,bentuk dan bagaimana khulafaurrasyidin diangkat mnjd pemimpin islam? bgimana sejarah monarki di masa umayah dan abasiyah…selera mna yg ente inginkan…

    • abuhafid

      trus mnurut ente mna yg betul? mnurut sejarah islam..bentuk negara bukan hal yg dipersoalkan..yg penting nilai islam ditegakkan,kalau saya boleh tanya bentuk negara apa dwaktu rasul memerintah madinah,bentuk dan bagaimana khulafaurrasyidin diangkat mnjd pemimpin islam? bgimana sejarah monarki di masa umayah dan abasiyah…selera mna yg ente inginkan…

    • Syahdami

      jangan ngambil contoh yang belum berhasil aja akhi, ente gak tau Turki berhasil karena demokrasi tu…hampir terbentuk khilafah di sana. Memandangnya harus komprehensif krn demokrasi hanya wasilah/ jalan bukan tujuan.

      • ThaifahManshurah

        Turki berhasil karena demokrasi…!?!?
        huahahah
        Turki masih negara sekuler, bukan negara ISLAM
        memang sekarang jilbab diperbolehkan
        tapi itu bukan ukuran, orang2 syiah pun juga pake jilbab, rapih lagi
        tetep aja syiah bukan ISLAM
        di negara amerika sekalipun jilbab juga diperboehkan

        Turki masih anggota NATO
        bergabung dg pasukan salib di afghanistan memerangi umat ISLAM
        Turki tidak menerapkan hukum ISLAM
        turki masih punya hubungan diplomatik dg israhell

        jadi Turki bukan negara ISLAM
        kalo Turki negara ISLAM yg sebenarnya
        tidak mungkin turki bisa terdaftar di PBB
        bahkan presidennya abdullah gul mendapat gelar ksatria salib dr elizabeth
        sama kayak sby

      • ThaifahManshurah

        hampir terbentuk khilafah…!?!?!
        kalo pun berdiri “KHILAFAH” dg cara demokrasi
        paling dikudeta persis sama kayak di Mesir

        ingat bung
        nanti imam Al-Mahdi akan menaklukkan Turki
        tanpa senjata
        tapi melalui takbir

        KHILAFAH ISLAMIYAH tegak dg JIHAD fii sabilillah
        bukan demokrasi suara terbanyak

        • Sejuki

          Berarti yg salah kudetanya kan? Kenapa malah demokrasinya yg dikambing-hitamkan?

          • ThaifahManshurah

            gak usah diulang-ulang

            IM salah juga
            DAKWAH-nya udah bener, tapi implementasinya salah
            harusnya di jalan JIHAD fii sabilillah
            bukan di jalan demokrasi suara terbanyak
            DAKWAH dan JIHAD
            bukan DAKWAH dan DEMOKRASI

            sedangkan militer Mesir
            salah 2 kali, menjadi bonekanya yahudi dan amerika
            trus menolak syariat ISLAM

            tapi lucunya lagi
            ente masih mengakui kalo al-sisi sbg muslim :-)
            sedangkan orang seperti saya udah MURTAD

          • Syahdami

            kenapa anda tidak berjihad ya? hahaha :D

          • ThaifahManshurah

            insya ALLAH SWT
            kesempatan belum datang
            persiapan belom cukup

            gw hanya bisa berdoa saja
            semoga bisa

            kalo IM kan anti JIHAD

          • Syahdami

            jihadlah bro di suriah, hahaha :D
            Ente gak tau sejarah IM itu yg mempelopori dan mengkordinir anggotanya jihad di palistina di sebelum 1948. haha :D

          • ThaifahManshurah

            yoi gw tau
            IM memang mempelopori JIHAD di Palestina

            tapi kasus di Mesir lain bung
            IM bukannya berJIHAD, tapi malah ikut2-an demokrasi
            udah menang
            trus dikudeta, dibantai, disita aset2-na, dilarang ikut pemilu lagi, petinggi12-nya dipenjara dlsbg
            IM gak bisa apa2 lagi

            IM harusnya membangun kekuasan bersenjata persis seperti HAMAS dg pasukan bersenjatanya yaitu Brigade Izzudin Al-Qassam
            tapi sayang IM gak punya pasukan bersenjatanya
            makanya mudah dikudeta
            IM bukannya berJIHAD kayak mujahidin di Afghanistan ato di Iraq
            tapi malah ikut2-an demokrasi

            dakwahnya IM memang benar
            tapi sayang mereka bukannya berJIHAD, tapi malah berdemokrasi
            seharusnya DAKWAH dan DEMOKRASI
            tapi DAKWAH dan JIHAD
            ________

            ada ralat sedikit dibagian akhir komentar saya
            “seharusnya bukan DAKWAH dan DEMOKRASI
            tapi DAKWAH dan JIHAD”

            ditambah kata bukan

          • Syahdami

            saya doakan semoga anda istiqomah dengan prinsip itu, saya saya juga berdoa agar saya juga istiqomah dengan prinsip saya… lanjutkan!
            Tidak baik berdebat hal2 semcam ini. maaf.

          • ThaifahManshurah

            oke
            silahkan saja
            saya pnya prinsip, ente juga

            walaupun kita sama2 muslim
            tapi kita punya perbedaan kalo bicara soal demokrasi

            saya juga gak mau berdebat panjang
            cuma bikin capek saja
            bahkan kalo mau ditantang mubahalah, saya siap

            tapi gak usahlah
            silahkan ente istiqomah dg prinsip ente

          • Sejuki

            Kenapa harus diulang-ulang karena memang ente salah diagnosa. Pengkhianatannya yg salah kok malah demokrasi yg dikambing hitamkan. Demokrasi gak salah apa-apa. Pengkhianatan demokrasi itulah yg menjadi biang kerok yg sebenarnya.

            Suara terbanyak tidak selalu mengajak kepada kebathilan. Buktinya suara yg mengusung Islam di Mesir (Dr. Mursi dan IM-nya beserta para pendukung lainnya) justeru memenangkan suara mayoritas. Salah diagnosa lagi ente ttg suara terbanyak tsb.

          • ThaifahManshurah

            kok bisa2-nya elu nuduh orang lain salah diagnosa
            kayak ente yg bener sendiri

            udah gini aja deh
            ntar perdebatannya semakin panjang
            dan mkin gak jelas
            mendingan elu ikut2 aja tuh pemilu nanti bulan apa juni ato apatuh
            kalo gw sih
            maap aja

          • Sejuki

            Kok komen ane gak ditanggapi boss? Kalo emang diagnosanya salah, kenapa gak jentel saja ngakui bhw itu salah. Yg salah adalah pengkhianatannya bukan demokrasinya. Jika demokrasinya yg salah tentu Dr. Mursi dan partai pendukungnya gak akan bakalan menang di pemilu Mesir. Kan gitu boss???

          • ThaifahManshurah

            komen gak bermutu
            diulang2
            lu diagnosanya pake apaan lh

            sekalian aja lu bilang
            “kalo orang mendiagnosa gak seperti gw, itu berarti salah”

          • Sejuki

            Gpp diulang-ulang, kalo itu adalah kebenaran. Ttg diagnosa ane, ya jelas dong berdasar logika otak normal dan fakta lapangannya.

            Bhw demokrasi tidak salah, yg salah adalah pengkhianatannya. Amerika, Yahudi dan begundal-begundalnya itu sejatinya bukanlah pengusung demokrasi, tetapi adalah PENGKHIANAT DEMOKRASI, tapi berlagak sebagai pengusung demokrasi.

            Pengusung demokrasi yg sebenarnya adalah kaum muslimin, bukan orang-orang [email protected] itu.

          • ThaifahManshurah

            otak normal
            huahahahahaha

            udah tau dikhianati
            masih juga mau ikut2-an
            normal apaan
            gak usah memuji diri sendiri
            jangan lebay bin jablay

            ___________

            liat IM
            memang pemilu, trus dikudeta
            aset2-nya dibebukan
            rekening2nya diblokir
            petinggi2nya dipenjara
            simpatisannya dibantai
            DILARANG ikut pemilu

            trus gimana mau menang
            ikut pemilu aja DILARANG

            otak normal apaan tuh

          • Sejuki

            Nah tuh kan, dikhianati. Ente sendiri yg mengakui bhw pengkhianatannya yg salah bukan demokrasinya.

            Otak normalnya adalah bukan karena demokrasinya yg salah, tetapi karena demokrasinya yg dikhianati. Tidak mengakui fakta ini, itulah otak yg tidak normal.

          • ThaifahManshurah

            kalo otaknya normal
            harusnya belajr dong dr sejarah
            bukan terus2-an mengluang sejarah yg sama

            apa nggak belajar dr sejarah FIS, HAMAS dll…!!?!?

            liat aja IM (mengulang sejarah FIS, HAMAS, masyumi dll)
            udah menang pemilu
            trus dikhianati, dikudeta, dibantai, dibekukan, disita, DILARANG
            trus gimana mau menang lagi dlm pemilu
            lha wong IM dilaerang ikut pemilu lagi…??!!

            liat dong mujahidin
            angkat senjata, tumpas kelompok sekuler antek2-nya barat
            lalu terapkan syariat ISLAM
            mereka tetap eksis dan sukses mendirikan mahkamah syariah, negara ISLAM, hukum ISLAM, sekolah ISLAM dll
            bahkan amerika aja gak bisa mengalahkan mereka

            kalo IM
            gampang sekali ditumbangkan walaupun menang pemilu
            PKS juga gak belajar sejarah
            malah PKS jadi partai terbuka
            demi mendapat suara terbanyak ikut koalisi dg demokrat
            ingin memberi gelar pahlawan buat suharto
            kalo PKS menang, paling nasibnya gak jauh beda dg Syarekat ISLAM

            belajar dong dr sejarah
            kan otaknya masih normal (katanya)
            bukan mengulang sejarah

          • Sejuki

            Setuju, belajar dari sejarah. Dan, justeru karena belajar dari sejarah itulah, maka dg amat sangat jelas menggambarkan bhw pengkhianatan demokrasi adalah biang kerok segalanya, bukan demokrasinya. Makanya kalo mengkambing-hitamkan demokrasi itu namanya salah diagnosa.

            Ente tetap ngotot demokrasi yg salah bukan pengkhianatannya, padahal jelas-jelas pengkhianatannya yg salah, maka otak ente patut dipertanyakan kenormalannya (*Geleng kepala sambil garuk-garuk padahal gak gatel…..*)

            Anak kecil juga ngerti bhw kasus di Mesir, Hamas, FIZ, adalah karena adanya pengkhianatan demokrasi (bukan demokrasinya yg salah).

          • ThaifahManshurah

            “Kenapa malah demokrasinya yg dikambing-hitamkan?”

            kan mengikuti suara terbanyak itu dilarang oleh ALLAH SWT
            Al An’aam:116
            “Seandainya kalian mengikuti kebanyakan orang di muka bumi, sungguh mereka akan menyesatkan kalian dari jalan Allah.

            jangan diulang-ulang terus

          • Fajar Sandi

            Jadi kalo nanti akhirnya suara terbanyak manusia ingin mendirikan Khilafah (bukan Demokrasi), apakah itu berarti Khilafah dilarang oleh Allah SWT?
            Maaf… Salah ya?
            Salah tanya, salah tafsir, atau salah ngutip ayat karena sepotong2 dan belum utuh?

          • ThaifahManshurah

            itu kalo

            faktanya setiap umat ISLAM memenangkan pemilu
            nasibnya gak jauh beda dg IM
            dikudeta, dibubarkan, dibantai, dibatalkan, dilarang dlsbg
            kalo umat ISLMA kalha pemilu
            maka umat ILSMA harus ikut yg menang
            dulu di Indonesia ada Masyumi, Syarekat ISLAM
            tapi liat aja nasibnya
            mereka dibubarkan
            mendirikan KHILAFAH dg JIHAD fii sabilillah
            bukan dg pemilu demokrasi bung

    • Syahdami

      jangan ngambil contoh yang belum berhasil aja akhi, ente gak tau Turki berhasil karena demokrasi tu…hampir terbentuk khilafah di sana. Memandangnya harus komprehensif krn demokrasi hanya wasilah/ jalan bukan tujuan.

  • limadaya

    Buat ikhwan Sejuki & ThaifahManshurah. Jauhilah debat kusir walaupun (berdua) dalam kebenaran. Klw mnurut sy, demokrasi ini sebagai alat (media) jalan spy barat (US-zionist & Inggris) melanggengkan kekuasaannya melalui penguasa suatu negara. Klw IM di mesir (lewat kepemimpinan Mursi) ingin demokrasi diterapkan di mesir atw ktkanlah bisa berkolaborasi buktinya presiden mursi terpilih secara demokrasi. Tp yg menjadi masalah bahwa presiden Mursi tdk mau berjabat tangan apalagi berpelukan dgn barat. Negara2 barat maunya negara2 di timur dgn politik luar negeri mereka (meskipun negara Islam atw non Islam spt kita di sini) maunya pemimpin yg pro barat -mgk klw bisa berpelukan istilahnya. Spt negara Indo ini contohnya sekuler, plural & liberal. Mursi bukan pemimpin yg sperti itu, bkn antek2 barat dgn kt lain tidk sesuai dgn harapan&keinginan barat. Singkat cerita entah gmn caranya melalui militer-kekuatan senjata- lewat As-sisi yg dihasut (di-iming2 lah mgkn atw nego lah) dgn barat klw bisa mengambil alih tampuk pemerintahan. Satu2nya cara mengkudeta Mursi. Di bawah pimpinan Mursi seperti ingin menerapkan hukum2 secara islam, tp seblm terlalu jauh dan terlanjur mendarahdaging di mesir gejala2 ini sdh tercium barat. Krn umumnya negara2 islam yg typical pimpinan spt mursi tdk akan mau nego (boro2 berpelukan dgn barat) mgk salaman pun ogah. Mudah2an ini jg tdk benar jd klw disanggahpun sy no comment lah. Wassalam.

  • Arief Isnaini

    Bismillah…. Sudah Waktunya IM membentuk “Infantry Military”

Lihat Juga

Presiden Mursi dalam salah satu sidang. (aljazeera)

Status Hukum Presiden Mursi Pasca Hukuman Mati Dianulir

Organization