Home / Berita / Internasional / Afrika / Sidang Presiden Mursi Ditunda, Penentangan Kudeta Semakin Besar

Sidang Presiden Mursi Ditunda, Penentangan Kudeta Semakin Besar

'Alaa Rubi (fj-p)
‘Alaa Rubi (fj-p)

dakwatuna.com – Kairo. ‘Alaa Rubi, wakil ketua Partai Perubahan dan Pembangunan, menyatakan bahwa ditundanya persidangan Presiden Mursi yang seharusnya dilaksanakan pada hari Rabu (8/1/2014) yang lalu, menguatkan penilaian para praktisi hukum bahwa peradilan Mesir saat ini sudah diintervensi kekuatan politik. Peradilan sudah memasrahkan hati nuraninya secara penuh kepada penguasa kudeta.

Rubi mengatakan bahwa alasan yang dikemukakan penguasa tentang sebab ditundanya persidangan karena cuaca buruk, adalah alasan yang dibuat-buat. Semua penduduk Kairo dan Alexandria menjadi saksi bahwa cuaca udara saat itu normal, dan tidak menghalangi penerbangan.

Alasan yang sebenarnya, menurut Rubi, adalah ketakutan penguasa kudeta terhadap pertemuan Presiden Mursi dengan tim pembelanya, atau ketakutan jika Presiden Mursi menyampaikan sesuatu kepada publik saat persidangan. Kalau ini sebabnya, maka pengunduran sidang ini tentu akan semakin memperbesar gelombang penentangan terhadap kudeta. Sekaligus mengurangi satu lagi poin kudeta dan lembaga peradilan di bawahnya.

Rubi menilai bahwa penguasa kudeta sangat ketakutan dengan semakin besarnya demonstrasi menentang kudeta. Oleh karena itu, penguasa menundanya sampai tanggal 1 Februari. Tanggal tersebut dipilih karena kebanyakan karyawan sedang libur, mahasiswa dan pelajar sedang liburan setelah ujian semester ganjil, dan tanggal tersebut terletak setelah peringatan satu tahun Revolusi 25 Januari yang diperkirakan akan sangat menguatkan gerak demonstrasi.

Itulah yang diinginkan penguasa kudeta. Padahal sebenarnya, pemilihan tanggal 1 Februari untuk sidang mengadili Presiden Mursi akan sangat menguntungkan penentang kudeta. Akan terjadi 8 hari demonstrasi berturut-turut, mulai tanggal 25 Januari hingga 1 Februari. (msa/dakwatuna/fj-p)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (4 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Sofwan
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Apakah Halal Darah Demonstran Damai?