Topic
Home / Berita / Nasional / Zamnina, Guru PAI Unggulan Nasional yang Dermawan.

Zamnina, Guru PAI Unggulan Nasional yang Dermawan.

Seorang Guru sedang mengajar siswa (inet) Foto: republika
Seorang Guru sedang mengajar siswa (inet) Foto: republika

dakwatuna.com – Payakumbuh.  Zamnina, guru Pendidikan Agama Islam (PAI) SDN 16 Koto Panjang Payobasung, Kecamatan Payakumbuh Timur Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar), ditetapkan sebagai guru PAI unggulan tingkat nasional tahun 2013 oleh Kementerian Agama.

Atas keberhasilannya, Zamnina diberikan penghargaan sebesar Rp100 juta dari Kemenag, kata Zamnina di Payakumbuh, Rabu.

“Penghargaan tersebut telah masuk ke rekening saya sejak awal Januari 2014,” katanya.

Meski demikian, penghargaan berupa uang itu tidak diperuntukkan bagi kepentingan pribadinya, namun untuk kegiatan peningkatan pendidikan agama Islam di sekolah.

“Setiap kegiatan ekstra kurikuler (eskul) bernafaskan Islami di SDN 16 Koto Panjang Payobasung, dibiayai lewat dana penghargaan ini,” katanya.

Zamnina menjelaskan, proses hingga dirinya berhasil mendapatkan prestasi tersebut cukup panjang dimulai dengan mengajukan proposal tentang peningkatan mutu bahan ajaran pendidikan agama Islam.

“Setiap guru dari 33 provinsi berhak untuk mengajukan proposal ini,” kata dia.

Setelah lolos dari penilaian administrasi, peserta kemudian diberikan kesempatan untuk menyampaikan presentasi di depan tim penilai di Jakarta pada Desember 2013.

“Alhamdulillah saya masuk nominasi yang terbaik, lima besar di Indonesia. Kelima peserta diberi reward Rp100 juta,” katanya.

Dalam tiga tahun terakhir, sejak 2011, Zamnina mengaku, cukup banyak memberikan kontribusi dalam peningkatan mutu PAI di Payakumbuh. Bersama kelompok kerja guru pendidikan agama Islam (KKG-PAI), gelar juara II nasional diraih KKG-PAI Payakumbuh.

Kemudian sepanjang 2013, selain terpilih sebagai guru PAI Unggulan ia juga terpilih sebagai instruktur nasional kurikulum PAI 2013.

Kegiatan yang dirancang KKG-PAI, saat ini di antaranya pelatihan komputer bagi guru agama, pembuatan perangkat dan model pembelajaran PAI, pembuatan buku pelajaran agama untuk kelas 1-6, penerbitan agenda shalat harian, agenda Ramadhan, Lembaran Kerja Sekolah (LKS) dan bahan ajar, serta buku akhlak dan budi pekerti. (rol/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Program Polisi Pi Ajar Sekolah, Pengabdian Polisi Jadi Guru SD dan TK

Figure
Organization