Home / Berita / Nasional / Menag Dan IDB Bahas Dana Pendidikan PTAIN

Menag Dan IDB Bahas Dana Pendidikan PTAIN

Menteri Agama Suryadharma Ali
Menteri Agama Suryadharma Ali

dakwatuna.com – Jakarta Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali dan jajaran manajemen Bank Pembangunan Islam atau “Islamic Development Bank” (IDB) segera membahas dana bantuan pendidikan Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) dan rencana pembayaran dam bagi jamaah haji.

“Segera pembahasan itu akan dimulai,” kata Suryadharma Ali kepada pers di Jakarta, Selasa, setelah meluncurkan program Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPAN-PTAIN) dan ujian penerimaan mahasiswa baru PTAIN.

Ditanya waktu pembahasan itu, Menag tak menyebutkan, tapi dalam pekan ini ia akan bertolak ke Jeddah, Arab Saudi, untuk memimpin delegasi Indonesia guna membahas masalah itu.

“Yang jelas, peningkatan status PTAIN, seperti Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan IAIN menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) di berbagai daerah sudah dilakukan dan hal itu menuntut peningkatan infrastruktur di perguruan tersebut,” katanya.

Apalagi, peningkatan status itu juga akan disusul perguruan tinggi lainnya dengan mendapat persetujuan pemangku kepentingan lainnya, seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Ia mencontohkan IAIN Sunan Ampel telah menjadi UIN Sunan Ampel, IAIN Arraniri Aceh menjadi UIN Arraniri Banda Aceh, dan seterusnya, sehingga hal itu tentu perlu dukungan infrastruktur seperti perluasan penambahan ruang belajar dan dukungan lainnya.

Oleh karena itu, IDB sebagai mitra pendukung pendidikan Islam di Tanah Air mempunyai komitmen kuat untuk memberi bantuan dengan berbagai kemudahan, seperti tanpa disertai persyaratan yang memberatkan.

Menag mengatakan animo siswa yang tinggi masuk PTAIN harus diimbangi dengan dukungan infrastruktur sehingga ke depan kualitas pendidikan Islam semakin baik.

Apalagi, ia berkeinginan kuat mengintegrasikan ilmu-ilmu agama dan umum, termasuk untuk memenuhi permintaan lapangan pekerjaan di kalangan perbankan syariah, PTAIN sudah harus memperluas dan ikut perkembangan yang ada untuk memberi kontribusi nyata.

Penyediaan bea siswa dan pelatihan, termasuk program magang di lingkungan IDB segera dapat direalisasikan. “Kami berkeinginan kuat IDB membuka program beasiswa dan magang di bank bersangkutan,” harapnya. (antara/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Ilustrasi. (playbuzz.com)

Kenali Intervensi Pihak Ketiga