Home / Narasi Islam / Artikel Lepas / Menjadi Hafizh Al-Quran Gara-Gara Macet

Menjadi Hafizh Al-Quran Gara-Gara Macet

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (Foto: fimela.com)
Ilustrasi. (Foto: fimela.com)

dakwatuna.com Apakah mungkin gara-gara macet bisa menjadi Hafizh Al-Quran? Jawabannya adalah tentu saja bisa. Bagaimana metodenya? Mari kita kaji bersama!

Fenomena macet adalah hal yang tidak asing bagi mereka yang hidup di kota-kota besar. Pagi, siang, sore, malam macet. Kadang bahkan sampai berjam-jam. Banyak yang menggerutu, ngedumel, bahkan tak jarang kata-kata tidak pantas pun terlontar yang akhirnya berbuah dosa.

Namun, apa solusi yang pas bagi kita selaku umat muslim?

Rasulullah SAW bersabda: “Amat mengherankan sekali keadaan orang mukmin itu, sesungguhnya semua keadaannya itu adalah merupakan kebaikan baginya dan kebaikan yang sedemikian itu tidak akan ada lagi seorangpun melainkan hanya untuk orang mukmin saja, yaitu apabila ia mendapatkan kelapangan hidup, ia pun bersyukur, maka hal itu adalah kebaikan baginya, sedang apabila ia ditimpa oleh kesukaran -yakni yang merupakan bencana- iapun bersabar dan hal inipun adalah merupakan kebaikan baginya.” (HR Muslim)

Nah dari hadits di atas bagi seorang muslim kemacetan bisa menjadi lahan amal. Salah satunya menghafal Al-Quran dengan cara mendengarkan Murattal Al-Quran. Hal ini tentu saja dapat mengubah waktu yang seakan terhenti karena kemacetan menjadi produktif dan tentunya dapat menyejukkan hati kita sehingga kejenuhan, kelelahan dan kejengkelan di tengah kemacetan bisa terobati, sekaligus mendapatkan pahala dari Allah SWT. Saat ini sudah ada Murattal Al-Quran edisi Perhalaman dan software Al-Quran edisi hafalan yang bisa diunduh gratis. Sehingga nanti ketika menghadapi kemacetan bisa diaktifkan di laptop, smartphone atau tape mobil. Asyik kan!

Mari sebarkan informasi ini, Insya Allah nanti akan banyak orang berkata ketika macet “Alhamdulillah macet, saatnya menghafal Al-Quran”. Atau “Alhamdulillah macet, jadi bisa muraja’ah”.

Begitu banyak kemudahan yang Allah berikan kepada kita sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, semoga kita tergolong orang yang mampu mensyukurinya dengan cara memanfaatkannya untuk kebaikan.

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (13 votes, average: 8,31 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Lihat Juga

Ada Apa dengan Surat Al-Maidah?