Home / Berita / Internasional / Asia / Karena Berseberangan dengan Erdogan, Media Israel Puji Fethullah Gülen

Karena Berseberangan dengan Erdogan, Media Israel Puji Fethullah Gülen

Fethullah Gülen, pemimpin gerakan "Hizmet" (islammemo)
Fethullah Gülen, pemimpin gerakan “Hizmet” (islammemo)

dakwatuna.com – Tel Aviv. Media Israel, Maariv, pada edisi hari Sabtu (4/1/2014) yang lalu, mengangkat dan memuji tokoh politik Turki, Fethullah Gülen. Hal itu karena Gülen saat ini sedang banyak mengeluarkan kritikan terhadap kebijakan Erdogan dalam banyak hal.

Gülen juga diketahui mengkritik tentang Mavi Marmara yang diberi legalitas oleh Erdogan untuk menembus blokade Israel atas Palestina tahun 2010 yang silam. Pemimpin gerakan “Hizmet” ini menyebutkan bahwa nilai-nilai gerakannya menolak terjadinya aksi kekerasan, dan mendukung dilakukannya upaya-upaya damai untuk memelihara perdamaian di kawasan.

Media gerakan Hizmet juga mengkritik kebijakan Erdogan yang belum menghentikan program mavi Marmara tersebut. Saat ini program tersebut akan mengirim bantuan ke Gaza. Menurut Hizmet, bantuan untuk Gaza seharusnya disampaikan kepada rakyat Palestina melalui pemerintah Israel.

Kritikan Gülen yang lain adalah berkaitan dengan Isarel. Pemimpin Hizmet ini mengkritik Erdogan yang membiarkan Iran mengembangkan program nuklirnya. Seharusnya Erdogan mengambil sikap keras, dan memprotes usaha Iran memperluas wilayah pengaruhnya.

Selain pujian, media Israel, Maariv, juga memberitakan bahwa beberapa kader gerakan Hizmet melakukan kunjungan ke Israel dan mendapatkan fasilitas pendidikan di berbagai lembaga Israel. Gülen  juga diberitakan telah bertemu dengan Rabbi Agung Israel, Bakshi Droron.

Banyak pihak meyakini, Gülen bisa mengakhiri masa kejayaan Erdogan dan pengaruhnya yang besar di Timur Tengah. Karena keberhasilan Erdogan memenangkan kursi pemerintahan di Turki tidak lepas dari dukungan Gülen dan gerakannya. Saat ini jumlah pengikut Gülen diperkirakan mencapai 4 juta orang. Sebagian besar memegang pengaruh yang besar dalam lembaga pendidikan (sekolah dan perguruan tinggi), media, kepolisian, intelijen, dan lembaga-lembaga profesi. (msa/dakwatuna/islemmemo)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (4 votes, average: 8,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Sofwan
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir
  • bang

    itu kelompok is rael yg berpengaruh, kekuatan is rael menyebarkan kelompok2 pelawan arab di timteng utk melumpuhkan kekuatan Negara islam..

Lihat Juga

Stadium general di aula Universitas Islam As-Syafiiyah. (aspacpalestine.com)

Peringati Hari Solidaritas Palestina, ASPAC for Palestine Gandeng UIA Gelar Stadium General

Organization