Topic
Home / Berita / Internasional / Afrika / Iklan Pepsi yang Bikin Heboh di Mesir

Iklan Pepsi yang Bikin Heboh di Mesir

Iklan Pepsi yang dikatakan mengandung agenda politik (zamalkwyana)
Iklan Pepsi yang dikatakan mengandung agenda politik (zamalkwyana)

dakwatuna.com – Kairo. Saat ini banyak terpampang poster-poster iklan produk minuman ringan Pepsi. Tapi kali ini, poster-poster tersebut terasa lain karena membuat heboh warga Mesir. Jejaring sosial seperti facebook dan twitter ramai membincangkannya saat ini.

Iklan yang bertema masa depan sepak bola Mesir itu membawa judul “Saat Ini Waktunya… Ayo Kembali Dukung.” Mesir gagal lolos ke putaran final Piala Dunia di Brazil. Iklan ini berusaha mengembalikan semangat dan dukungan keada tim nasional.

Oleh karena itu, selain tulisan tema, dipasang juga beberapa foto pemain tim nasional. Namun pemilihan pemain yang memakai kaos bernomor tersebut memancing kecurigaan. Walid Sulaiman berada di ujung kanan memakai kaos bernomor 4. Seperti di ketahui bersama, nomor ini  sangat sensitif di Mesir karena menunjukkan R4BIA (Rabiah/4) tempat para penentang kudeta berkumpul dan berdemo.

Kemudian sebelah kirinya, ada foto Muhammad Ibrahim, Syarif Ikrami, Umar Jabir, dan Husam Ghali. Masing- masing memakai kaos yang bernomor. Sekilas, jika diurutkan dari kanan, nomor itu akan menunjukkan (25-1-14). Urutan itu menunjuk tanggal 25 Januari 2014. Koalisi Nasional Pro-Demokrasi Anti-Kudeta merencanakan demonstrasi besar-besaran pada tanggal tersebut. Karena 25 Januari adalah momen bersejarah dimulainya demonstrasi yang berakhir dengan jatuhnya rejim Mubarak tahun 2011 yang lalu.

Oleh karena itu, para pendukung kudeta menuduh iklan ini mengandung kampanye terselubung untuk mengikuti demonstrasi besar-besaran pada tanggal 25 Januari yang akan datang.

Namun beberapa pengamat juga menilai bahwa iklan ini tidak membawa agenda politik. Adanya nomor-nomor tersebut karena unsur kebetulan saja. Tujuannya hanya membangkitkan timnas Mesir agar bisa lolos dalam penyisihan Piala Dunia yang akan datang setelah gagal dengan sangat menyedihkan pada penyisihan yang lalu. (msa/dakwatuna/zamalkawyana)

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Demonstran Minta Trump Merdekakan Hong Kong dari Cina

Figure
Organization