Home / Berita / Daerah / Jabar Segera Realisasikan Desa Layak Anak

Jabar Segera Realisasikan Desa Layak Anak

Ketua Forum (PAUD) Provinsi Jawa Barat, Netty Heryawan bersama PKK Bandung Barat
Ketua Forum (PAUD) Provinsi Jawa Barat, Netty Heryawan bersama PKK Bandung Barat

dakwatuna.com – Bandung.  Ketua Forum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Jawa Barat, Netty Heryawan mengaku prihatin dengan kondisi lingkungan yang tidak bersahabat bagi anak-anak. Menurutnya, pemerintah perlu turun tangan untuk membuat lingkungan yang layak dan mendukung tumbuh kembang anak-anak.

“Perlu diadakan langkah yang diikuti inisiasi akan perlunya Kota/Kab Layak Anak di Indonesia karena saat ini situasi lingkungan sudah sangat mengerikan bagi anak-anak,” ujar dia usai meresmikan Desa Layak Anak di Mekar Jaya, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung belum lama ini.

Apalagi kata dia, Komisi Perlindungan Anak Indonesia mendeklarasikan tahun ini merupakan tahun darurat kekerasan seksual pada anak mengingat dari beberapa kasus yang terjadi di tahun 2013 banyak sekali yang melibatkan anak-anak. Untuk itu kata Netty, anak seharusnya mendapatkan perlindungan dan dukungan, bukannya perlakuan diskriminasi dan kekerasan dari orang tua mereka sendiri. “Jika sistem perlakuan dan pengasuhan terhadap anak salah maka akan berkurangnya penerus tongkat kepemimpinan bangsa yang berkualitas,” jelasnya.

Lebih lanjut Netty mengatakan, unit terkecil dalam masyarakat yaitu keluarga dan unit terkecil dalam pemerintah adalah desa. “Maka modal dasar sistem pengasuhan dan pendidikan pada anak usia dini ada di keluarga. “Peran sebagai orang tua harus dapat memberikan contoh yang baik sehingga terbentuk karakter anak-anak bangsa yang baik dan terdidik. Serta adanya dukungan dari pihak terkait untuk dapat mengedukasi masyarakat,” lanjut Netty.

Di kesempatan yang sama, Kepala Desa Mekar Jaya Arifin mengharapkan program ini akan mengangkat potensi dari desa mereka. Dirinya memaparkan, pengembangan layak anak ini akan berorientasi pada hak sipil anak-anak di masyarakat, seperti akte kelahiran bagi anak-anak serta kelengkapan ibadah, pendidikan, kesehatan, perlindungan dan pengasuhan. Peresmian Model Desa Layak Anak Jawa Barat dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional Forum Pengembangan Anak Usia Dini (Forum PAUD) Jawa Barat. (bandung ekspres/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Ilustrasi. (huffingtonpost.com)

Pesan Ibu untuk Sang Anak, Ikut Aksi 4 November