Home / Berita / Nasional / Din Syamsuddin: Muhammadiyah Tidak Berafiliasi dengan Parpol Manapun

Din Syamsuddin: Muhammadiyah Tidak Berafiliasi dengan Parpol Manapun

Logo Muhammadiyah.
Logo Muhammadiyah.

dakwatuna.com – Purwokerto. Menjelang tahun politik tahun 2014, Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Din Syamsuddin menyatakan, PP Muhammadiyah akan mengeluarkan maklumat tentang sikap yang harus ditempuh warga Muhammadiyah dalam menghadapi pemilu, baik pemilu legislatif maupun pemilu presiden.

”Nanti kita akan mengeluarkan maklumat. Isi maklumatnya tidak bisa saya jelaskan sekarang, karena harus kita bahas bersama-sama dengan para pengurus wilayah Muhammadiyah di seluruh Indonesia,” jelas Din.

Ia mengatakan hal itu usai membuka acara National Olimpiad and Internasional Conference for Education, Technology and Science 2013, di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Jumat (28/12).

Meski demikian Din menekankan, Muhammadiyah tidak berafiliasi dengan partai politik mana pun. Dengan demikian, isi maklumat yang akan dikeluarkan nantinya, akan berpegang pada semangat kembali ke khithah.

Yakni, semangat bahwa Muhammadiyah sebagai organisasi jamiyah, bukan organisasi politik atau underbouw dari partai politik tertentu.

Soal adanya anggota Muhammadiyah yang ikut terjun ke dunia politik, Din menilai hal itu adalah merupakan hak konstitusional yang dimiliki sebagai warga negara.

Bukan sebagai warga Muhammadiyah. ”Jadi tidak masalah kalau ada anggota yang terjun ke politik. Yang jelas, Muhammadiyah sebagai organisasi jamiyah, tidak berafiliasi dengan partai politik mana pun,” katanya. (rol/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 7,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.
  • Fathurrobbani

    aku dukung KH. Dien….. jangan lagi dikavling partai sebelah yg suka maksa-maksa orang. asal konsisten saja pak kyai dengan omongan ini

  • Dimas Purlevo

    sip, aku setuju banget

Lihat Juga

Hendri Satrio, Pengamat Politik dari Universitas Paramadina. (teropongsenayan.com)

Pilih Jalur Parpol, Pengamat: Tak Ada Niat Ahok Untuk Idealis, Niat Ahok Berkuasa

Organization