Home / Berita / Internasional / Afrika / Pemikir Politik Rejim Mubarak: Ikhwanul Muslimin Terlalu Besar untuk Dimatikan

Pemikir Politik Rejim Mubarak: Ikhwanul Muslimin Terlalu Besar untuk Dimatikan

Musthafa Fiqi
Musthafa Fiqi

dakwatuna.com – Kairo. Pemikir politik Mesir era rejim Mubara, Musthafa Fiqi, mengatakan bahwa Ikhwanul Muslimin jauh lebih besar dari yang kita bayangkan.

Dalam acara talkshow di sebuah televisi Mesir, Fiqi mengatakan, “Kelihatannya, Ikhwan jadi lebih besar dari yang kita bayangkan. Baik dalam skala Arab maupun internasional.”

Menurutnya, dalam sebuah kunjungannya ke kota Newyork, beliau seakan berada di kota Ikhwan. Di kota itu ada 90 islamic center, yang masing-masing adalah sel-sel Islam.

Sementara itu, menteri luar negeri Jerman, Frank-Walter Steinmeier, menyatakan kekhawatirannya terhadap keputusan penguasa kudeta memasukkan Ikhwanul Muslimin dalam kategori organisasi teroris. Keputusan ini juga berarti menuduh seluruh kader dan anggota jamaah terbesar di Mesir dan dunia itu sebagai tersangka. Menurutnya, hal ini tidak akan mendukung terjadinya rekonsiliasi nasional. (msa/dakwatuna/egyptwindow)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (13 votes, average: 9,92 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Sofwan
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir
  • Sejuki

    Itu artinya pemerintah illegal kudeta sudah kehabisan bahan tuduhan.

  • Hamba Allah

    Info terbaru.
    Beberapa minggu ini, pelajar2x iM punya usaha, yaitu
    untuk menggalkan sistem belajar dan mengajar di azhar, dan menggagalkan
    ujian.

    Mereka bukan saja memboikot, tapi malah memaksa orang lain untuk tidak masuk ujian dan tidak masuk kelas.

    Selama
    beberapa minggu, mereka masih di biarkan meraja lela, hingga ujian dua
    hari kemarin, terpaksa di tundua karena mereka mengepung gedung panita
    ujian , dan yang mengempung cuma 30an. tapi keras kepala dan memaksakan
    kehendak. Beberapa dosen terkurung didalam. Dan ujian di batakan har
    itu.

    Tapi sekarang al hamdulillah sudah bisa ujian lagi, setelah minimal satu kompi polisi berada di setiap gedung.

    • Rudyno Nasrial

      Kasi linknya bro….bkn masalah beritanya bener atau engga toh memang perang informasi juga berlangsung antara prokudeta spt ente dan yg antikudeta….kasi link beritanya dari mana….ga masalah dari situs timur tengah juga…toh berita ini jg sama dari luar….kalo memang ente niat bukan cuma sekedar nyebar brita opini…skedar ngadepin mahasiswa harus turun satu kompi?? Hehe

      • Rudyno Nasrial

        Militer sudah ga netral….dulu thd pendemo mursi tidak keliatan taringnya,malahan korban berjatuhan ketika mursi didemopun yg banyak jatuh pihak promursi….giliran sekarang berkuasa galak bgt….capek de

      • Hamba Allah

        Tanyakan sendiri seluruh mahasiwa Indonesia yang ada di Mesir. Kalau dia bilang selain itu, maka berarti dia berbohong, dan biasanya yang bilang selain itu hanya orang2x PKS yang keras kepala. Sebagian dari PKS di Mesir (anggota), lebih memilih diam, atau menyembunyikan diri, ketika mleihat keadaan, ada juga yang mengakui kejadian yang saya sebutkan itu namun ia ngotot melegalkannya dengan mengatakan bahwa im sudah di zolimi, jadi pantas dong mereka berbuat demikian.

        Jawaban saya singkat: Orang yang di zalimi tidak secara otomatis halal menzolimi orang lain

        • Rudyno Nasrial

          Bilang selain itu fakta yg bagian mananya?? Bagian yg bakar2? Bagian yg trompet2? Bagian yg mukul2? Bagian yg 30?? 1000 orang demo itu banyak….penanganannya uda ga bisa represif….terus ada bilang 30 yg di fakultas membakar gedung….kan anda ndiri yg bilang yg kuliah di situ bukan yg pro IM saja lantas kenapa harus pasti mhsswa proIM yg dituduh….anda ni mencla mencle tapi sbnrnya memang menuduh IM yg membakar gedung,mending bilang langsung anda di pihak mana….anda pun jg ga punya solusi malah ikut mengamini kudeta… orang nulis berita juga ada sumbernya….saya juga punya kenalan di mesir,namun namanya situasi uda chaos siapapun bisa menyusup dan saling tuduh menuduh akarnya ya gara2 kudeta….pemerintahan uda ga bisa berjalan sbgmana mestinya gmana mau menyelidiki?? Knapa jg kesimpulan anda mhswa yg ngasi berita bohong pasti dari pks,teorinya darimana? Ingat anda nulis “biasanya yg bilang selain itu HANYA orang2 pks yg keras kepala”…kenapa jga harus nanya orang indonesia disana….kenapa ga nanya orang mesirnya langsung?? Kbetulan jg ane punya rekan kerja dari mesir yg kerja disini,berita2 dari situs pemerintah hampir 100% sdh ga bisa dipercaya lagi….ingat fakta berita yg sama diberi opini yg berbeda bisa mengarah pada kesimpulan yg berbeda

          • Hamba Allah

            terserah anda percaya atu tidak, yang jelas, saya bicara tentang
            mahasiwa im yang berbuat seperti preman yang ingin menggagalkan ujian
            dan menutup azhar hingga mursi naik kembali. saya tidak memberikan info
            ini melalui media, tapi saya turun kelapangan langsung…..

          • Rudyno Nasrial

            Susah mau percaya ma perawi majhul macam anda dg identitas dan reputasi ga jelas. Media internasional aja dibredel sama mesir,dan apa mereka ga punya narasumber ga di mesir juga yg lebih jelas dari anda? Gmana pemberitaan mau fair kalau gitu? Saya sendiri juga punya kawan di mesir sama2 dari indonesia…anda mau gunakan kaidah Undzur ma qoola walaa tandzur man qoola ga applicable,kaidah itu digunakan ketika anda memberikan nasehat kepada seseorang bukan memberi informasi atau kesaksian tentang suatu peristiwa atau orang. Ditambah dlm pandangan anda kudeta ini sah,jadi apapun yg dilakukan tentara kudeta dan yg prokudeta pasti bener padahal dari awal yg namanya kudeta itu uda salah ditambahin lagi tindakan represif dari yg namanya pemerintahan yg tidak sah ibarat perampok sedang menegakkan hukum diwilayah yg dirampoknya….dlm pandangan anda pro mursi berarti pro im,anti kudeta berarti pro im,anti kudeta berarti pks (nah ini lebih lucu lagi,di Indonesia banyak yg memakai profpic rabia tapi postingnya kritik negatif ke pks),temen kerja saya dari mesir yg baru dtg bbrapa bulan ini itu bukan org soleh2 bgt tapi solat terus ya dan bukan orang IM pula,bagi dia kudeta ini uda bikin kacau,apa yg dilakukan makin mengacaukan keadaan. Sekali lagi makin mengacaukan keadaan,karena keadaan kembali lagi ke era mubarok malah lebih parah. Apa yg diperjuangkan tgl 25 januari dimana sekuler jg berada didalamnya jadi ga ada gunanya…..internasional stgh2 mendukung,yg parah negara2 afrika ga ada yg mendukung,yg mendukung malah macam negara UEA dan saudi yg memang jelas sentimentilnya pada IM. Saya sering lihat anda komen rupanya di web2 ormas islam juga rupanya….dg nama yg sama (yah anda sendiri pilih nama spt itu) dan tipikal komen yg sama (ermus,arrahmah,pkspiyungan…),dari situ uda kebaca firqah dan fiqrah yg anda pegang…salafi pro kerajaan saudi….ga salah sih asal jangan jumud aja. Anda mau mengelak percuma bung….sangat mudah terbaca
            AM waskito (anda tau orang ini yg membuat buku membela “wahabi” karena buku fitnah syaikh idahram,dan buku2 dakwah salafiah lainnya) yg memang secara firqah ke saudi saja ga setuju kudeta dan info2 dari dia yg memang ke mesir juga memang kudeta itu uda salah…
            Btw dari kemarin anda info yg semakin memburukkan kudeta anda diam aja,giliran ada peristiwa bom,kampus kebakar baru komen lagi….hehe
            Yasud kita lihat terus perkembangan mesir… Allah pasti mberikan skenario yg terbaik utk saudara kita di mesir…apapun itu

          • Hamba Allah

            Saya mau nanya kepada anda.

            Percaya ngak:
            1. kalau mahasiswa IM memboikot sekolah dan ujian, dan melarang orang masuk kelas di univ Azhar, dan melarang guru mengajar?
            2. Percaya ngak, kalau ketika dosen mengajar, mereka datang kekelas dengan paksa, meniup trompet, gendang, naik2x di kursi dan meneriakkan rob’ah, padahal Dosen sedang mengajar dikelas?

            3. Percaya ngak kalau mereka itu mengepung kantor2x komite ujian, agar tidak ada ujian?
            4. Percaya ngak kalau Mahasiswi IM itu pernah menahan seorang dosen perempuan selama 3 jam hanya karena dosen itu mengajar?

            Salafi pro kerajaan saudi..??? Ngak usah nebak2x bro.. ngak bagus. Saya adalah saya, hanya berlabel muslim, dan saya bangga dengan label itu. Saya tidak butuh label lain, seperti IM, PKS, Salafi..dll… Cukuplah muslim saja

            Kenapa

            Silahkan!!

          • Rudyno Nasrial

            Laa taghdob…tersinggung nampaknya saya sebut salafi prosaudi,ga masalah kok banyak manfaat ilmunya dan kontribusinya pada umat islam,pemikiran syekh ibnu wahab rahimahullah jg banyak menginspirasi gerakan2 islam dan tokohnya termasuk disitu hasan albanna,syekh alazzam,dll….anda tersinggung demikian seolah2 salafi prosaudi itu buruk,tidak! Semua firqoh dan fikroh dg ulama2 yg berijtihadnya sama2 manusia kita ambil baiknya aja….ulama salafi saudi juga ada yg bersimpati dg mesir termasuk syek assudaiss yg selalu merdu suaranya,syekh alarifi,berfikroh dan berfirqoh itu ga masalah asal saling bahu membahu aja sesama muslim melawan musuh yg sama asal mau bersikap adil….saya juga bisa balikin ke anda. Nebak2 ga bagus maxutnya apa tuh?? Saya sedang tidak menuduh yg jelek2 pada anda…saya hanya membaca karakter dan perspektif anda yg terbaca dari karakter tulisan2 anda sendiri…ada dalilnya tidak boleh membaca karakter seseorang plus ga jelas pula identitasnya??? (salah sendiri ngapain pake identitas ga jelas,anda sendiri yg menimbulkan fitnah) yang menyampaikan informasi yg berkali2 saya tanya mana linkny,anda ga jawab2 malah muter2 berapologi. Bung,hadits kan disebutin dari fulan bin fulan menyampaikan dari fulan bin fulan,ini malah ga jelas yg menyampaikan dan sumbernya pun ga jelas.
            1. Percaya ga militer membantai rakyatnya sendiri di saat subuh ramadhan? Menggunakan peluru tajam,apa ada mereka militer menerima hukuman selama ini? Belum aja
            2. Percaya ga militer menangkapi,menyeret,dan memukuli mahasiswi yg menyuarakan haknya termsuk yg baru2 ini
            3. Percaya ga sniper nembakin mahasiswa di alazhar juga beberapa bulan lalu….semua videonya ada juragan
            4. Percaya ga 2600 sudah jatuh korban jiwa oleh militer? http://wwwdotworldbulletindotnet/?aType=haber&ArticleID=126126
            apa yg anda sebutkan diatas benar atau salah lihat muara masalahnya apa….makanya jangan kudeta….kalau ga suka IM dan mursi hancurkan lewat politik,militer jangan ikut campur….lihatlah partai annur gigit jari ga dapat apa2
            5. Percaya ga hampir seluruh petinggi2 IM dipenjara,trus ngapain aja itu pemerintahan kudeta ga selese2 rusuhnya??
            6. Percaya ga yg protes kudeta itu bukan proIM aja?? Percaya ga yg menginginkan mursi kembali bukan IM aja….ngmg2 pas ditangkap tu mahasiswa punya KTA IM ga??
            7. Percaya ga media yg dikontrol pemerintah sendiri sering memberitakan kekonyolan2 propagandanya…maxut hati ingin menuduh IM membakar gereja ga taunya narasumber yg diwawancara malah bilang polisi mempersilahkan orang2 preman membakar gereja…langsung dihentikan wawancaranya….saya nonton juga lucu….
            memang ga bakal ketemu,karena poin satu diatas pun anda diamkan no comment…yg sama aja mengamini penembakan bulan suci ramadhan ya sudah….dan berlanjut pada peristiwa2 berikutnya yang merugikan image pihak pengkudeta anda diam aja….tapi yg merusak image penolak kudeta anda langsung bersuara,yang kayak begini NETRAL selalu berdalih “saya ga dukung siapa2 kok”???

          • Rudyno Nasrial

            Sya juga bkn kader pks,simpatisan im,muhammadiyah,salafi,JT,dll. Saya juga ga suka kalo ada orang pks mencibiri NU,atau mencibiri saudaranya yg ditangkap tertuduh teroris…semuanya sama punya kekurangan…tapi ketika mereka dizolimi maka harus fair dibela meski beda firqah. Yg dizalimi militer di mesir itu bukan IM doang juragaannn….yg ngerasain mesir semakin merosot itu bukan IM doang juragan….sadarlah sama musuh sebenarnya

          • Hamba Allah

            “buktinya anda masih berpandangan IM itu 100% benar”

            Tolong yang jujur kalau menisbatkan perkataan pada orang.. Mana bro saya katakan IM itu benar 100%?

            Dan jika IM menzalimi orang lain juga harus di hajar…

          • Hamba Allah

            Dua-duanya ngak benar………dan sekarang sudah nyampur…semua terlibat pembunuhan…IM juga terlibat pembunuah, ditambah jamaah bait maqdis dan lainnya dan semua terlibat kekerasan… militer juga berapa orang yang meninggal? siapa yang membom…menembaki secara membabi buta..dll…

            saat bukan saling menyalahkan , tapi untuk berdamai… di dakwatuna sengaja diseting untuk mendesign seolah2x IM 100 benar…dan Mlliter dan pemerintah saat ini 100 sesat dan menyesatkan…100% salah… itu yang ngak benar..

        • Mirza Kance

          kamu yg ngaku hamba Allah keliatan sekali pro kudeta..main tuduh..tengok berita tentang mesir terlihat sangat disembunyikan tentang kekejaman militer atas anti kudeta sebalik..terserah kamu sepertinya memang kakitangan kudeta lah

          • Hamba Allah

            terserah anda percaya atu tidak, yang jelas, saya bicara tentang mahasiwa im yang berbuat seperti preman yang ingin menggagalkan ujian dan menutup azhar hingga mursi naik kembali. saya tidak memberikan info ini melalui media, tapi saya turun kelapangan langsung.

    • asusu

      berita ini menunjukkan bahwa keamanan kampus(hansip,red) yg jumlahnya ratusan di al-azhar tidak berdaya dengan mahasiswa yg katanya “cuman 30an”, (berita sampah dari pihak pro kudeta)

      • Rudyno Nasrial

        Yang paling lucu…..kemana sekompi tentara itu ketika ribuan massa memprotes mursi?? Tidak ada satupun pembantaian thd massa pendemo mursi sampe turun sekompi tentara….nah sekarang 30 mahasiswa turun tentara sekompi?? Ketauan amat si ga netralnya militer

        • Hamba Allah

          Semua mahaiswa yang demo itu lebih kurang 1000 dan yang 30 hanya di satu lfakultas… Mereka:
          Mogok sekolah
          Mogok ujian
          Memaksakan kekhendak untuk mogok sekolah hingga mursi naik lagi ke kursi panas dengan cara melarang dosen megnajar, pernah dosen di pukul karena ngotot ngajar, memasuki ruang2x kulliah dan teriak2x terompet, naik2x diatas kursi, memukul gendang, disaat dosen sedang ngajar.

          Memaksakan kehendak untuk tidak ujian, mengancam mahasiswa lain yang ingin ujian, mengepung kantor komite ujian, dan menyobek2x kertas ujian..dll

          Pada demo kemarin, gedung fakultas perdagangan, terbakar hangus. Pemerintah menuduh IM yang bakar, dan Im menuduk polisi, Namun yang selama ini berada di gedung itu adalah mahasiwa IM.

          Masih banyak kelakukan lain yang tidak pantas mereka kalukan,
          dan itu dulu tidak pernah terjadi.

          Saya heran kok mereka jadi bringas gitu………….itu kan artinya mereka sedang mencari musuh baru, khusunya para akademis yang tidak terlibat poitik……

          • Rudyno Nasrial

            Anda rasain aja sendiri jadi warga mesir gmana hasilnya kudeta??? Btw saya tanya mana sumber beritanya…dijawab kemana2

      • Hamba Allah

        Sejak revolusi 25 januari polis dan militer sudah di jauhkan dari kampus. Kampus hanya di jaga lebih kurang 6 orang petugas yang mengecek kartu pengenal ketika masuk, Namun karena mahasiswa IM, demo terus di kampus dan membuat anarkis, kayak preman dech. Akhirnya terpaksa meminta bantuan ke polisi

        30 itu hanya disalah satu fakultas. dan di Azhar banyak fakultas//

        • Rudyno Nasrial

          Revolusi 25 januari itukan yg pertama jaman mubarok….ketika murso dikudeta militer nyerbu lagi kampus…beritanya bukan sekali ini aja….saya juga tahu 30 itu di salah satu fakultas tapi yg kuliah disitu bukan proIM doang…kenapa harus pasti proIM yg bakar….atau hampir semua mahasiswa alazhar itu proIM….wooowwww berarti betul kata mustafa diatas selama masi ribut dg IM selama itu juga ga akan selesai2

  • Rudyno Nasrial

    Artinya si mustafa ini tau sedikit banyak ikhwan menyumbang dlm perkembangan penyebaran islam hingga bisa diterima di dunia barat,dan saat ini dunia barat masi memimpin peradaban….jika yg dilakukan pemerintah kudeta mesir mencap im teroris hanya akan menjadi pertanyaan bagi dunia barat smentara pmerintah kudeta mesir sdg mencari dukungan kudeta dari internasional…hmmmm

  • Erik Eri

    Kayak hamba allah ini pro kudeta di mesir ya ? Apakah anda nggak tahu yg di bantai di mesir adalah saudara kita umat islam, harus nya kita sbgi umat islam ikut berduka, bukan malah menghujat dan menjelek2kan nya kecuali anda orang nonmuslim atau yahudi, jangan2 memang benar hamba aalah ini orang non muslim atau orang yahudi atau si’ah, maslah nya cuma merka yg senang terjadi pembatai an di mesir.

Lihat Juga

Ilustrasi penjara (aa.com.tr)

Menentang Rezim Kudeta, 53 Orang Dipenjarakan di Syarqiyah

Organization