Home / Berita / Internasional / Afrika / Bom Manshurah Terlalu Canggih Untuk Dimiliki Kelompok “Teroris”

Bom Manshurah Terlalu Canggih Untuk Dimiliki Kelompok “Teroris”

Bom Piezoelektrik (egyptwindow)
Bom Piezoelektrik (egyptwindow)

dakwatuna.com – Kairo. Ahmad Athwan, seorang jurnalis Mesir, menulis sebuah artikel di situs egyptwindow tentang ledakan yang terjadi di Mapolwil Manshurah Selasa (24/12/2013) yang lalu. Dalam artikel tersebut, Athwan menyebut bahwa jenis bom yang diledakkan menunjukkan bahwa pihak yang bertanggung jawab bukanlah orang atau kelompok sembarangan. Kalau memang ledakan ini didalangi penguasa kudeta, maka hal ini menunjukkan bahwa mereka telah melakukan kesalahan yang sangat besar.

Setelah identifikasi, diketahui bahwa bom yang meledak di Mapolwil Manshurah adalah jenis bom piezoelektrik yang sangat jarang beredar di dunia karena istimewa. Bom jenis ini meledak dengan cara mengosongkan udara sekitar sehingga tidak terjadi kebakaran.

Efek kerusakan ledakannya menyeluruh, tidak hanya arah yang disasar saja. Biasanya digunakan untuk meledakkan target di bawah tanah seperti bunker, terowongan dan sebagainya. Bom inilah yang digunakan pasukan Amerika saat memerangi Taliban di Afganistan, karena mereka bersembunyi di gua dan gunung.

Panas yang dihasilkan ledakannya mencapai 3 ribu derajat celcius. Harga bom ini sangat mahal, yaitu US$ 25 juta (sekitar Rp 300 milyar). Oleh karena itu tidak sembarang pihak yang bisa memilikinya. Hanya militer resmi negara yang memilikinya dan diijinkan untuk mengimpornya. Kelompok “teroris” tentulah jauh dari kemungkinan memilikinya. (msa/dakwatuna/egyptwindow)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (12 votes, average: 9,08 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Sofwan
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir
  • ThaifahManshurah

    teori konspirasi lagi nih
    capek deh

    • Sejuki

      Kalo memang teorinya logis, tajam, masuk akal, ilmiah, dan sulit dibantah dg teori lain, kenapa harus “capek deh” boss???

      (*Geleng kepala sambil garuk-garuk padahal gak gatel, hehehe…*)

      • ThaifahManshurah

        itu kalo logis
        kalo nggak logis
        nah sekarang gw tanya
        ada nggak buktinya bhw bom yg meledak itu adalah bom mansurah..!?!
        cuma dakwatuna aja yg bilang bhw itu bom mansurah

        padahal jelas sekali
        bhw bom tsb bikinannya mujahidin

        dibilang terlalu canggih (teori konspirasi)
        biar orang2 tidak mendukung mujahidin
        soalnya menurut teori(masih teori) konspirasi mujahidin adalah bonekanya israhell dan amerika
        maksudnya jadi umat ISLAM diarahkan untuk tetep ikut2-an SYIRIK demokrasi laknatullah kayak IM
        gak usah ikut2-an berJIHAD
        sebab kalo udah berJIHAD, amerika gak bakalan bisa mengalahkannya
        kalo demokrasi, gampang sekali

        • BelaBenarBela

          Maksude opo sih iki wong …

          • ThaifahManshurah

            maksudnya gini
            gw sering debat dg sejuki di tempat lain seperti voa-islam
            terutama soal demokrasi

            dia(sejuki) sangat penasaran sekali sama gw
            jadi, hampir disetiap tempat di mana gw komentar
            pasti dibantahnya
            apa saja
            yg penting bisa membantah

            ya contohnya kayak di atas
            liat aja sendiri

Lihat Juga

Erdogan: Turki Sudah Perangi Terorisme Selama 35 Tahun, Jerman Malah Dukung Mereka