Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Desain Rumah Minimalis Tusuk Sate

Desain Rumah Minimalis Tusuk Sate

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum wrwb

Ust. Andan Nadriasta, ST yang saya hormati, terima kasih atas kunjungannya ke rumah kami. Alhamdulillah kami sudah bisa mulai memahami desain nya. Hanya ada beberapa koreksi atau revisi yang ingin kami sampaikan berkaitan dengan keinginan keluarga besar. Terima kasih pula atas olahan desainnya.

http://www.dakwatuna.com/2013/11/28/42827/rumah-tusuk-sate-bagaimana-cara-mengolahnya/#axzz2oOO4t8TT

Secara umum kami sudah setuju dengan desainnya. Namun untuk mobil kami ingin ada garasi tertutup. Lalu kami ingin ada mushalla di lantai atas dan bawah. Untuk kamar mandi di atas kami ingin diperbesar ukurannya. Karena ingin ada bath tub.

Di atas lantai 2 kami ingin ada lantai 3 atau lantai 2 setengah yang tidak terlalu nampak dari jalan. Gunanya untuk ruang olahraga. Ada dak terbuka dan ada ruang untuk menyimpan alat – alat olahraga.

Di lantai atas juga ingin ada pantry atau dapur kecil. Lalu ada kamar utama yang cukup besar dan kamar mandi dalam. Ruang cuci jemur ada di atas dan bawah juga.

Demikian permintaan revisi desain kami. Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamu’alaikum wrwb

Redy Dwijaya – Depok

Jawaban:

Wa’alaikumsalam wrwb

Pak Redy Dwijaya yang saya hormati,

Alhamdulillah jika desain saya diterima dengan baik oleh keluarga. Semoga bisa bermanfaat dan kelak pembangunannya dimudahkan dan diberi kelancaran oleh Allah. Hingga tercipta baiti jannati yang dapat melahirkan generasi shalih dan shalihah.

Pak Redy dan netters dakwatuna sekalian, revisi desain kali ini saya coba ikuti sesuai dengan keinginan keluarga besar di Depok. Garasi tertutup saya buat dengan memanfaatkan GSB di samping jalan dekat ujung lahan. Hingga pintu masuknya menjadi mudah dan praktis.

Mushalla saya letakkan di dekat ruang wudhu dan kamar mandi umum. Hingga akses sirkulasi kegiatannya menjadi mudah dan hemat ruang. Kegiatan ibadah menjadi nyaman. Bahkan kita bisa membuat ornamen hiasan di mihrab tembok yang cukup lapang.

denah lantai 1
denah lantai 1

Lantai 2 menjadi semakin nyaman karena kamar tidur utama tampil dengan lapang dan lega. Bersama kamar mandi dalam dan balkon ia menjadi area hunian yang paling lengkap. Pandangan lapang ke muka rumah semakin mempertegas area ruang tidur utama ini.

Pantry lantai 2 juga menambah kenyamanan area ini. Apalagi mushalla juga posisinya tidak terlalu jauh. Ruang wudhu dekat. Kamar mandi umum juga dekat. Ditambah void di dekat tempat wudhu, semakin menambah kenyamanan dan kesejukan ruang. Karena hawa mengalir dengan baik melalui celah lubang void.

denah lantai 2
denah lantai 2

Lantai 3 posisinya di atas ruko. Karena ia sebenarnya ruang tambahan yang harus disembunyikan agar tidak terlalu nampak dari jalan. Untuk itu saya tempelkan ia pada sisi samping lahan. Hingga pandangannya tidak mengganggu muka rumah utama.

Dak beton belakang adalah area terbuka. Area ‘open air’ ini menjadi segar saat pagi hari. Menikmati cahaya langit biru segar dan sejuknya udara membuat olahraga menjadi nyaman. Semakin bersemangat dan betah walaupun posisi ruangan ini ada di lantai 3.

denah lantai 3
denah lantai 3

Muka rumah ini saya ambil dari sisi tanah yang paling panjang. Hingga kesan anggun dan megah nampak terasa dari arah ini. Dengan warna – warna lembut yang syahdu membuat tampilan rumah ini berkesan minimalis modern.

Tampak muka
Tampak muka

Rinai gerimis mewarnai pandangan dari sisi jalan utama. Menjulang tinggi namun lantai 3 tidak terlalu nampak posisinya. Hingga rumah ini masih tetap proporsional. Tampil dengan dimensi yang wajar. Karena jika kita membuat lantai 3 dengan pola atap biasa, yang terjadi akan merusak keindahan bangunan utama.

redy - depok  desain 3- VIEW HUJAN

Saat malam menjelang sisi tusuk sate yang berhadapan dengan warung semakin menyala. Bermandikan sinar lampu ia tampil kontras bersama langit malam yang gelap gulita. Area garasi yang bertemu dengan carport menjadikan arah pandangan nyaman. Tidak terhalang dan membuat pola ‘sky line’ yang indah. Atap berundak secara bertahap nampak jelas posisinya.

redy - depok  desain 3- VIEW MALAM

Malam berlalu kini pagi pun menjelang. Sekitar jam 6 pagi waktu depok matahari membentuk langit biru teduh yang indah untuk dinikmati. Nampak garasi saya tutup dengan atap pet beton dan dinding bergaris. Hingga bentuknya tidak mengganggu pola desain utama yang sudah cantik.

redy - depok  desain 3- VIEW PAGI

Pandangan terakhir adalah saat siang hari menyalak dengan sinar kerasnya yang menyilaukan. Efek bayangan atap minimalis membuat bangunan ini semakin indah. Karena Warna merah bata jadi tampil kokoh menegaskan muka utama rumah. Sementara warna lain yang cenderung lembut banyak tersapu silaunya matahari.

redy - depok  desain 3- VIEW SIANG

Alhamdulillah, selesai sudah desain kita kali ini. Dari Pondok Gede kami on line file ini untuk di up load di dakwatuna. Bersama teman – teman yang juga tengah asyik lembur membuat desain rumah. Dalam khusyuk fokus di depan layar komputer kami masing – masing, saya berharap Pak Redy dapat segera mewujudkan rumah idaman ini.

Netters sekalian, mari kita doakan agar rumah indah Pak Redy in dapat segera terwujud. Rumah yang akan dipersembahkan untuk keluarga besar tercinta. Untuk Ibu yang akan melanjutkan usaha warungnya. Untuk saudara yang ingin membuat kantor di rumah. Serta untuk keluarga besar yang akan berkumpul bersama menikmati ibadah bersama di rumah baiti jannati.

Akhirul kalam, wa billahi taufik wal hidayah

Wassalamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST

Kirimkan pertanyaan / order desain / pelaksanaan ke : [email protected]

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (14 votes, average: 9,79 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Andan Nadriasta, ST
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi.Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.
  • Yayan Ruchyana

    Sipp

  • Joko Handoyo

    alhamdulillah..

  • Dicky Chandra Kirana

    mantaapp

  • jajat

    aslmkm..
    saya mau bertanya.
    bagaimana pandangan islam tentang ilmu fengsui. contohnya apakah rumah tusuk sate harus diberi cermin cembung? trims

Lihat Juga

Rumah Impian