Home / Berita / Internasional / Afrika / Munculnya Black Block Perkuat Dugaan Koptik Punya Milisi Bersenjata

Munculnya Black Block Perkuat Dugaan Koptik Punya Milisi Bersenjata

Naquib Sawiris, konglomerat Koptik  (inet)
Naquib Sawiris, konglomerat Koptik (inet)

dakwatuna.com – Kairo. Kelompok Black Block kembali muncul di jalan-jalan kota Damanhur, menyerang para penentang kudeta militer yang sedang melakukan demonstrasi, Ahad (22/12/2013) kemarin. Dalam demonstrasi-demonstrasi kemarin juga terjadi dua ledakan bom; yang pertama di depan masjid Umar bin Abdul Aziz (Bani Suwaif), dan yang kedua di dalam masjid Nasrul Islam (Syubra Misr).

Kelompok preman ini muncul kurang dari 24 jam setelah seorang milyarder Koptik, Naguib Sawiris, mengeluarkan sebuah ancaman. Sawiris mengatakan akan mengerahkan pasukan untuk menyerang para demonstran. Sawiris kesal dengan para demonstran yang telah berbulan-bulan tidak bisa dibubarkan polisi dan militer kudeta.

Black Block, kelompok preman yang sering terlibat kekerasan dalam membubarkan demonstrasi di Mesir
Black Block, kelompok preman yang sering terlibat kekerasan dalam membubarkan demonstrasi di Mesir

Sawiris mengatakan pada Sabtu (21/12/2013) yang lalu, “Kita akan menghadapi mereka dengan kekerasan kalau mereka memang mereka tidak mau membubarkan diri. Kita ingin semua kekacauan ini segera berakhir. Aku katakan, tidak ada yang bisa menghalangi kita. Sampai saat ini kita biarkan polisi dan militer menghadapi mereka, tapi mereka gagal. Kita akan menghadapi mereka, referendum konstitusi harus tetap terlaksana.”

Sawiris juga memberikan ancaman khusus untuk Ikhwanul Muslimin, “Sampai ini, kita belum pernah menghadapi Ikhwanul Muslimin. Kita bisa melakukannya sekarang.”

Seorang aktivis gerakan “Umat Kristiani Anti-Kudeta”, Romy Jan, mengatakan bahwa ancaman Sawiris akan membawa Mesir kepada kondisi kekerasan. Selain ini, ancaman ini juga membuktikan bahwa Sawiris memiliki milisi bersenjata. (msa/dakwatuna/islammemo)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (5 votes, average: 6,20 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Sofwan
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir
  • Kandagalante

    Akhirnya bermunculan para begundal di Mesir.

Lihat Juga

Refleksi Peringatan Serangan Umum 1 Maret: Transformasi Diri Menjadi Mandiri