Home / Berita / Internasional / Eropa / Swiss Bekukan Harta Mubarak Hingga 3 tahun Ke depan

Swiss Bekukan Harta Mubarak Hingga 3 tahun Ke depan

Mantan presiden Mesir, Husni Mubarak, menjalani sidang pengadilan di Kairo, Mesir, April lalu.
Mantan presiden Mesir, Husni Mubarak, menjalani sidang pengadilan di Kairo, Mesir, April lalu.

dakwatuna.com – Swiss.  Setelah pengadilan pidana terhadap mantan pemimpin Mesir Hosni Mubarak di Kairo ditunda, kali ini pemerintah Swiss memperpanjang pembekuan aset milik Mubarak di Bank Swiss selama tiga tahun ke depan.

Upaya ini dilakukan pemerintah Swiss untuk menunggu hasil investigasi dari mana sumber harta kekayaan Mubarak dan para kroninya yang berjumlah 858 juta dolar AS itu didapat.

Tujuh Anggota Dewan Federal Swiss, yang terdiri dari Presiden Swiss dan para menteri lainnya, pada Rabu (19/12) telah memutuskan pembekuan aset pertama milik Mubarak berjumlah 790 juta dolar AS.

Selain aset milik Mubarak, Pemerintah Swiss juga memberlakukan penambahan waktu pembekuan aset milik mantan pemimpin Tunisia, Zine Al Abidine Ben Ali yang berjumlah 70 juta dolar AS.

Menurut Dewan Federal Swiss, pertimbangan Swiss memberlakukan perpanjangan waktu pembekuan aset ini, untuk memperhitungkan proses transisi politik di kedua negara tersebut.

Selama tiga tahun terakhir pasca tumbangnya Mubarak dan Ben Ali, otoritas Swiss telah menjalin kerja sama yang cukup baik dan erat dengan Tunisia dan Mesir untuk mengusut asal harta kekayaan dua pemimpin yang dituduh otoriter itu.

Aturan di bawah hukum Swiss, setiap negara secara umum harus memberikan informasi perbuatan kriminal, sebagai upaya memulai blokir dan pembekuan aset.

Karenanya, uang yang dimiliki dalam tabungan di Swiss dalam kasus seperti Mesir dan Tunisia ini akan dibekukan selama tiga tahun. Upaya kerjasama mengusut harta Mubarak dan Ben Ali ini pada akhirnya bertujuan mengembalikan harta kekayaan mereka ke Mesir dan Tunisia. (rol/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Rakyat Mesir Dikagetkan dengan Aset Presiden Mursi