Home / Berita / Nasional / Mahfud MD: Agama dan Politik Itu Saudara Kembar

Mahfud MD: Agama dan Politik Itu Saudara Kembar

machfud MDdakwatuna.com – Palu. Agama dan politik itu ibarat saudara kembar, atau dua sisi coin dari satu mata uang yang sama. Keduanya saling melengkapi, tidak bisa yang satu meninggalkan yang lain. Jadi, sebagai umat Islam maka wajib berpolitik.

Demikian ditegaskan Mahfud MD, mengutip pendapat Imam Al Ghazali dalam karya monumentalnya Ihya Ulumuddin, dalam seminar bertema “Islam Dan Politik” yang diselenggarakan oleh IAIN Palu, Kamis (12/12/2013).

Hadir dalam seminar ini, Kapolda Propinsi Palu beserta jajaran, perwakilan gubernur, politikus, tokoh ormas serta ratusan aktivis mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi setempat.

Kalau umat Islam tidak berpolitik, tambah Mahfud MD, dalam orasi ilmiahnya, maka umat Islam akan digilas oleh gerakan politik yang dikendalikan orang lain. Namun, politik yang dimaksudkan Mahfud adalah politik kebangsaan atau politik kenegaraan.

“Politik tidak harus dimaknai sebagai politik praktis yang akhir-akhir ini cenderung kotor dan citranya sedang terpuruk karena banyak politikus yang terlibat masalah korupsi,” katanya.

Untuk itu, Mahfud mengajak umat Islam melakukan langkah politik dalam dua level sekaligus. Pertama, adalah politik kebangsaan yang bisa memadukan konsep kreatif mengenai hubungan agama dan negara di negeri yang majemuk ini lewat pikiran-pikiran cerdas seperti yang ditampilkan oleh KH Ahmad Siddiq, Gus Dur, Nur Cholish Madjid dan lainnya.

Langkah kedua, katanya, adalah melakukan politik praktis yakni melakukan perjuangan lewat partai politik. Agar partai politik ke depan menjadi sehat, maka orang-orang yang baik, profesional dan jujur harus masuk partai politik.

“Kalau tidak, demokrasi akan menjadi oligarki dan dikuasai sekelompok elite yang tak jujur,” tambah calon presiden dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu. (inilah/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 9,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.
  • ABDUL CHAMID

    yA TAPI AGAMA UNTUK KEBAIKAN UMAT, POLITIK UNTUK MENGACAUKAN UMAT

Lihat Juga

Implementasi Perkembangan Praktik Audit Syariah di Bank Islam Malaysia