Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Cara Membuat Rumah Agar Cepat Terjual

Cara Membuat Rumah Agar Cepat Terjual

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Andan, saya memiliki tanah dengan lebar 11 meter dan panjang 13,2 1 meter. Jadi luasnya sekitar 145,3 meter persegi. Saya ingin belajar menjual rumah melalui kapling ini. Berapa rumah yang saya bisa dapat di tanah ini ? Lalu model rumah seperti apa yang kira – kira cepat laku di jual ?

Demikian pertanyaan saya. Terimakasih atas perhatiannya.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Syakur

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Syakur yang saya hormati, beserta rekan – rekan pembaca setia dakwatuna.com dimanapun anda berada. Semoga kita semua diberi keberkahan oleh Allah. Selamat menunaikan ibadah puasa sunah hari Kamis bagi yang diberi kesempatan untuk melakukannya. Bagi yang belum sempat semoga dapat ditunaikan di lain kesempatan.

Netters sekalian, disinilah posisi arsitek sangat berperan. Kehadirannya akan sangat dirasa perlu. Karena berkait pada tanah kosong yang akan di jual. Padahal dalam setiap disain, kehadiran arsitek sangat diperlukan.

Mulai dari renovasi rumah hingga membangun rumah untuk ditempati sendiri. Karena bagaimanapun juga aset rumah yang kita tempati sebenarnya bisa bernilai tinggi jika dijual. Namun sering kali orang tidak berminat karena bangunannya tidak tertata rapi.

Untuk kasus Pak Syakur maka saran saya membuat muka rumah dengan ukuran 5,5 meter. Hingga panjang ke belakang adalah 13,21  meter. Dengan pola ini kita akan memperoleh 2 unit rumah dengan luas tanah masing – masing nya 72,65 meter persegi.

Sebuah angka minimal yang layak untuk dijadikan rumah. Dengan 2 unit kamar tidur dan 1 kamar mandi maka rumah ini sangat cocok untuk keluarga muda. Karena selain kebutuhan mereka masih sedikit, harganya juga murah karena tidak terlalu luas.

Denah
Denah

Walaupun kecil rumah ini tetap memiliki 2 akses pintu masuk. Saya selalu berusaha membuat disain seperti ini. Karena budaya kita sangat menjunjung tinggi norma-norma agama yang santun. Aurat dapat terjaga karena pintu masuk tamu dan keluarga terpisah. Sirkulasi menjadi mudah karena tidak saling bertabrakan 2 zone plan yang brbeda.

Rumah ini memang kecil. Tapi tampilan mukanya tetap cantik. Dengan gaya minimalis modern yang sedang tren. Warna merah tampil sangat kuat karena warna lainnya cenderung lebih lembut bahkan polos.

Tampak Muka
Tampak Muka

Pola pet beton yang atraktif menjadi daya tarik utama rumah ini. Dengan masih menyisakan taman segar di depan semakin membuat ia tampil asri. Bersama kusen putih serta atap berjenjang rumah ini tampil  semakin cantik.

Tampak samping
Tampak samping

Dari samping penampilannya semakin kuat. Karena permainan pet betonnya semakin kuat terasa. Fungsi pet beton ini sangat penting. Karena selain sebagai unsur estetis, ia juga berperan sebagai penahan tampias hujan. Jadi bukan hanya sekedar pemanis buatan tanpa tujuan teknis.

 

interior
interior

Di belakang masih cukup terbentang taman yang lega. Hingga ruang tidur utama menjadi semakin nyaman. Ruang tengah juga nyaman karena lapang. Kesatuan dari ruang makan, ruang keluarga dan ruang tamu. Untuk privasi kita bisa menambahkan partisi ruang tamu yang membatasi zona publik dan zona private.

Alhamdulillah, selesai sudah disain kita kali ini. Semoga artikel ini bisa menjadi pencerahan bagi kita semua. Bahwa setiap rumah yang akan dibangun sangat membutuhkan arsitek. Apalagi jika kita meninjau jangka panjangnya. Rumah sebagai aset yang mudah dijual.

Banyak orang membangun dengan nilai yang tidak sedikit. Namun karena tanpa bantuan disain akhirnya banyak kesalahan struktur dan estetika. Hingga membuat rumah menjadi tidak nyaman dan sering kali sulit dijual.

Baiklah, demikian dulu jumpa kita. Semoga Allah memberkahi kita semua. Terimakasih atas aksesnya kepada dakwatuna.com

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST

kirimkan email pertanyaan / order disain / pelaksanaan ke : [email protected]

 

About these ads

Redaktur: Andan Nadriasta, ST

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (6 votes, average: 9,33 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Andan Nadriasta, ST
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi.Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.
  • Sri Fatimah

    Bagus… Mau..