Home / Berita / Internasional / Afrika / Libya Tarik Dubes dan Cabut Bantuannya dari Mesir

Libya Tarik Dubes dan Cabut Bantuannya dari Mesir

Ahmad Qadzaf Dam (twsela)
Ahmad Qadzaf Dam (twsela)

dakwatuna.com – Tripoli. Ada perkembangan baru dalam hubungan Mesir-Libya setelah pengadilan pidana Kairo menjatuhkan vonis bebas kepada Ahmad Qadzaf Dam dari tuduhan membunuh seorang perwira polisi, melawan pemerintah, dan memiliki senjata tanpa ijin. Qadzaf adalah sepupu Muammar Qadzafi dan penanggung jawab hubungan Mesir-Libya yang lalu.

Akibat vonis tersebut, Libya berencana menarik dana simpanan sebesar US$ 2 Milyar dari Bank Sentral Mesir. Dana itu disimpan dengan bunga kecil pada musim panas yang lalu. Keberadaan dana tersebut sangat membantu menopang ekonomi Mesir yang sedang gontai. Oleh karena itu penarikannya dimungkinkan akan sangat berpengaruh pada ekonomi Mesir mendatang.

Rupanya tidak hanya penarikan dana, pemerintah Libya juga berencana membekukan hubungan diplomatik kedua negara. Dubes Mesir diberi waktu 48 jam untuk segela meninggalkan Tripoli. Perkembangan buruk ini sedikit-banyak membuat warga Mesir yang berada di Libya turut ketar-ketir. Terdapat ribuan rakyat Mesir yang merantau ke Libya untuk mencari mata pencarian menyusul semakin tingginya angka pengangguran di Mesir.

Gejala memburuknya hubungan Tripoli-Kairo mulai nampak ketika Kairo mendeportasi dan menyerahkan beberapa pejabat Libya masa rejim Qadzafi yang melarikan diri ke Mesir pasca revolusi di Libya. Namun di antara para pejabat itu tidak terdapat Ahmad Qadzaf Dam, sepupu Qadzafi. Sebenarnya Tripoli meminta puluhan mantan pejabat Libya, namun Mesir hanya menyerahkan dua orang saja pada tanggal 26 Maret yang lalu. (msa/dakwatuna/twsela)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 7,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Sofwan
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Aksi bakar diri akibat frustasi hadapi hidup semakin sulit. (al-marsd.com)

Kebutuhan Hidup Semakin Mahal, Seorang Warga Mesir Frustasi Dan Membakar Diri

Organization