Home / Berita / Daerah / Ekspedisi Bhakti Relawan RZ Di Kokoda

Ekspedisi Bhakti Relawan RZ Di Kokoda

relawan-RZ1dakwatuna.com – Sorong. Kampung Kokoda adalah sebuah kampung yang berada di Sorong, Papua Barat. Kampung ini berada paling selatan dari peta kepala burung papua barat, berbatasan langsung dengan Teluk Bintuni dan laut Seram.

Terdiri dari 110 KK, sekitar 55 KK menganut agama Islam, suku ini merupakan suku Islam terbesar setelah Fakfak dan Raja Ampat, namun kondisi mereka yang tertutup dari kebudayaan pendatang menjadikan mereka tidak berkembang dari sisi pendidikan dan ekonomi. Sekolah panggung yang ada adalah SD dan SMP dengan total murid 125. Namun yang aktif hanya 90an siswa SD dan SMP.

Pekerjaan utama masyarakat adalah nelayan dan penambang batu karang (untuk pondasi bangunan), karena tingkat pendidikan yang minim, maka masih sering terjadi peperangan dan perseteruan antar suku. Namun kondisi yang kurang tidak menjadikan anak-anak ini lelah dan patah semangat untuk belajar.

Relawan RZ bekerja sama dengan relawan lokal menjadikan lokasi suku kampung Kokoda ini sebagai program awal pembinaan masyarakat Asli Papua, dengan Program Taman Baca Al- Hijrah yang dapat digunakan warga setempat terutama anak-anak untuk menambah ilmu pengetahuan melalui membaca. (rz/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 5,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Nur Efendi, Chief Executive Officer (CEO) RZ dan Chief Marketing Officer (CMO) Go-Jek, Piotr Jakubowski.  (Rena/RZ)

Go-Jek Gandeng RZ Sukseskan Ramadhan