Home / Berita / Opini / Ternyata, PKS di Mana-Mana Sama

Ternyata, PKS di Mana-Mana Sama

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Logo Partai Keadilan Sejahtera (PKS).
Logo Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

dakwatuna.com Kejadiannya Jumat malam sabtu lalu (26 November). Sepulang kerja, ada teman satu tempat kerja yang mengajak untuk main futsal di salah satu GOR di kota Rangkasbitung, Lebak Banten.

Malamnya, sesuai janji saya datang ke lokasi yang dimaksud. Lapangan futsal GOR Ona, Rangkasbitung. Sesampai di sana, sudah ada beberapa orang berkumpul melakukan pemanasan.

Dari gaya pakaian yang mereka kenakan, mereka sepertinya bukan pemain profesional, atau pemain futsal (bola) profesional. Kenapa? Sebab kebanyakan di antara mereka main futsal pakai celana panjang. Meski ada juga yang pakai celana pendek.

Setelah dua jam lamanya main futsal, akhirnya kelar juga latihan di malam itu. Kami tak langsung pulang. Tapi ngobrol-ngobrol melepas lelah dulu. Baru kemudian, saat nongkrong-ngobrol itu terbongkarlah rahasia dibalik latihan futsal itu. Semuanya menjadi jelas sesudah itu.

Rupanya, latihan itu diagendakan oleh PKS. Yah, Partai Keadilan Sejahtera. Tepatnya DPD PKS Lebak. Ini sudah rutin dilakukan sejak dulu. Yang ikut latihan adalah kader PKS. Makanya mereka pakai celana panjang. Inilah salah satu ciri mereka; futsal pakai celana panjang. Katanya, menutup aurat.

Lalu yang tidak pakai celana panjang? Ada beberapa di antara kader PKS yang mengajak temannya. Nah, meski mereka tidak pakai celana panjang, mereka tetap dibolehkan ikut latihan kok. Jadi latihan itu tidak hanya untuk kader saja. Terbuka untuk umum.

PKS sama saja di mana-mana

Ternyata, PKS di mana-mana sama saja. Peduli dengan kaum muda. Peduli dengan olahraga. Yah, PKS bukan sekadar partai politik yang mengurusi masalah politik melulu. PKS mengerti betul pentingnya kualitas kader mereka. Tidak hanya masalah pengetahuan politik (fikriyah), atau agama (ruhiyah) saja. Tapi PKS peduli juga dengan kualitas fisik (jasadiyah) kadernya. Makanya, PKS selalu mengagendakan tarbiyah jasadiyah (fisik) kadernya. Salah satunya adalah dengan latihan futsal ini.

Kenapa saya katakan di mana-mana saja? Sebab sebelum ini, di kota di mana saya kuliah (Padang/ 4 tahun 10 bulan) dan tempat kerja saya sebelum ini (Pasaman Barat/ 2 tahun), saya juga menemukan fenomena ini. Ada jadwal rutin bagi kader PKS untuk berolahraga (riyadhah) khususnya main bola.

Kalau di Padang, jadwal main futsal hari Sabtu dan Minggu di GOR Adzkia Padang mulai pukul 06.30 – 10.00 WIB. Ada dua lapangan futsal tapi berlantai futsal. Lumayan ramai karena masih termasuk pusat kota. Tak jarang, latihan itu dihadiri oleh petinggi DPD PKS Padang dan DPW PKS Sumatera. Bahkan pernah waktu itu, Bapak Mahyeldi Ansharullah, wakil walikota Padang yang saat ini mencalonkan sebagai walikota Padang 2014 (sudah memenangi/unggul pada pilkada putaran 1) sering ikut latihan sepakbola.

Sedangkan kalau di Pasaman Barat, jadwal main bola adalah hari Minggu pukul 07.00-09.00 WIB. Berbeda dengan di Padang, di sana latihannya di lapangan besar. Lapangan rumput Lumayan ramai juga yang ikut. Bahkan sampai dua trip. Anak-anak sekitar pun ikut dalam latihan ini. Berarti ada sekitar 40-an orang yang berkumpul di lapangan Padang Hijau ini. Tak hanya mereka yang main bola saja yang hadir, tetapi para orang tua juga ikut menonton anak-anak mereka main bola.

PKS Memang Beda!

PKS memang beda. Tak sekadar partai. PKS peduli dengan kadernya. Tak hanya saat mendekati pemilu saja partai ini aktif. Bahkan saat masih jauh dengan prosesi demokrasi pun, partai ini selalu ada kegiatan untuk kadernya.

Bahkan seandainya PKS kalah dalam pilkada atau pesta demokrasi di daerah mana, kegiatan riyadhah untuk kadernya semacam ini akan terus dan tetap ada dan bertahan.

Dengan demikian, kader PKS merasa “diperhatikan”. Bukan sekadar diperhatikan ketika ada yang ingin diminta dari kadernya.

Beda dengan partai lain. Saya pernah merasakan berbaju kuning lalu berubah menjadi hijau dengan bintangnya saat SMP dulu. Lalu berubah menjadi merah dengan moncong putihnya, bahkan hampir mendekati maniak saat itu. Tapi saya tak menemui di ketiga warna itu seperti saya menemukan ‘sesuatu’ di PKS. Ini yang membuat saya sejak 7 tahun lalu hingga sekarang memilih tetap bergabung dengan partai bernomor 3 ini.

Karena kesehatan jasmani, dan kebugaran mutlak diperlukan dalam mengemban amanah dakwah, untuk menjalankan tugas-tugas organisasi (wajihah). Ketiadaan kesehatan jasmani dan kebugaran, akan menghambat amanah dan dakwah. Kerja-kerja dakwah yang berat, hanya akan mampu ditopang oleh kader yang kuat.

“Allah lebih mencintai mukmin yang kuat daripada mukmin yang lemah…” Hadits ini benar-benar diperhatikan oleh (kader) PKS. Karena itu, setiap kader PKS senantiasa memenuhi syarat agar dicintai oleh Allah.

Semoga kader PKS tetap dan semakin istiqamah dalam menjaga kekuatan kesehatan jasmani (jasadiyah) mereka, dengan tidak melupakan kekuatan ruhiyah dan fikriyah. Sehingga, kerja dakwah dan organisasi dapat diselesaikan dengan maksimal. Agar dapat memenangkan dakwah di bumi Indonesia ini.

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (37 votes, average: 7,76 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Supadilah, S.Si
Guru di SMP Islam Terpadu Darul Hikmah Pasaman Barat. Menuntut ilmu di Universitas Andalas, Padang.
  • Joy Esbe

    setelah baca tulisan ini koQ saya merasa kyk penggiringan opini,,,mudah2an saya salah

    • farih L ibad

      namanya juga rubik opinin mas..

    • dada

      bener kog…

    • epul

      iya, namanya juga opini, berhasil ni yg bikin rubrik .. ^^

    • hamba Allah

      yoooooooiiiiii rubrik opini mas nyaaaaa

  • Fendy Puji Aryanto Djoyodikrom

    untung ga sama-sama KORUPTOR.. !!

  • dlyind

    pks dimana – mana sama – sama sesat dengan ikut demokrasi dan pesta demokrasi…ketahuilah sesungguhnya Rasulullah telah melarang memilih orang yang minta dipilih jadi pemimpin.

    • Harry Hurru Harra

      futsal pun ngutip hadist #Alay

      • Muhammad Rizky Eka Arlin

        segala yang dilakukan harus berdasarkan AL-qur’an dan al-hadits

    • ari siswanto

      demokrasi sesat tapi penikmatnya halal,kira 2 ente punya ktp tidak ya, itu produkdemokrasi lo,.polwan boleh berjilbab itu produk demokrasi, terus ente hanya ngecam terus tapi tidak pernah ada aksi,.apapun yg akan di lakukan pks akan salah karena berangkatnya dari kebencian,

      • dlyind

        ane tidak pernah mau mengecam…apa yang ane sampaikan adalah apa yang telah disampaikan Rasulullah lebih dari 1400 tahun yang lalu..jadi kenapa ente sewot ame ane..kalau mau sewot..sewotlah ama Rasulullah yang membawa agama ini (astaghfirullah).

    • Muhammad Rizky Eka Arlin

      sekarang sudah susah mencari pemimpin yang bisa langsung ditunjuk. Knapa? itu karena semua opini masyarakat berbeda-beda. Negara ini terlalu besar untuk langsung memilih pemimpin, itu bisa saja melahirkan konflik yang berkepanjangan.

      Kalau anda ingin penunjukan langsung seperti masa setelah rasulullah (kekhalifan islam), anda harus berjuang untuk mengubah indonesia menjadi negara islam.

      • dlyind

        perjuangan terus dilakukan…in shaa Allah saya dan anda akan berada ditempat yang benar apabila perjuangan ini sudah tiba saatnya dilakukan secara terbuka.

    • bang zae

      siapa bilang sesat, yang sesat itu ente memfitnah kemana-mana, mo bukti kader PKS rajin sholat jama’ah di masjid jami atau mushola, mereka sering membantu korban banjir, gak pernah menyuruh orang sekelingnya mereka untuk memilih PKS, tapi karena kesadaran mereka sendiri, sesat apanya????

      • dlyind

        yang bilang sesat Rasulullah mas bang zae…apa anda termasuk orang yang mau menentang apa yang telah dilarang Rasulullah??? karena dalam hadist sohehnya Rasulullah telah melarang kita untuk memilih pemimpin orang yang memintanya atau mengharapkannya…sekarang apa yang dilakukan kader partai yang ada termasuk PKS??? coba anda jelaskan???..apa anda mau tidak beriman kepada Rasulullah dengan menyalahkan hadist shoheh beliau???

      • tri

        kalau tanpa pamrih kenapa semuanya pake simbol partai PKS, kena g ihklas saja tanpa bawa embel2, kalau g nyari nama apa namanya?trus knp hanya PKS yg selalu jelek2in lawan politiknya…jgn campur adukan agama dengan partai…itu yg kebanyakan org tidak suka dari PKS, kalau mau membantu atau berjuang ya bawa nama Agama ja jgn partai……

  • JIL

    kampanye !

    • dada

      emang udah waktunya pad…

  • ade returns

    Musim kampanye politik telah tiba..saat nya cari muka, cari sensasi, cari simpatik..penting gak sih posting kyk gt..modus..!!

    • dada

      penting dong

    • hamba Allah

      penting bet bro

  • ARI

    ealah mas bro-mas bro … cm futsal n kbugaran jsmani aj prtai anda hrs d publikasikan.
    jk prtai anda ingin d pilih y hrs mengolah strategi lbh baik lg. krn yg d butuhkan rkyt skrg pndidikan n fasilitas yg brmutu n mndukung, lpangan pkerjaan, non korup, bebas utang negara, stabilitas ekonomi negara, penanganan kuota impor-ekspor dll. it mjd PR anda !?
    mslah ksehatan jsmani dn rohani biarkn rkyt mncariny, tah jg d skolah mrka da kgiatan OR??
    anda updte situs ini layak anak kecil yg lum prnh OR dlu. bhkan anda it SARJANA???!!

    Si = Sarjana iringan titel aj. PAYAHHH !!

    • dada

      ari pasti dukung PKS….tq mas bro

    • hamba Allah

      mulai sesuatu dari hal yang kecil dulu, kalo dari hal yang besar.. hal kecil terbengkalai :V

  • Guest

    PKS tidak terlalu Islam, bahkan masih sangat jauh dari Islam yg seharusnya.. sangat banyak kebijakan PKS yg tidak ISLAMI.. dan masih sangat banyak pejabat” PKS yg sangat melanggar syariat Islam & tidak diberi sangsi tegas oleh PKS -_-
    jadi sebaiknya nama facebook ini ganti saja kalau tujuannya masih mengandung unsur kampanye PKS.. ganti saja menjadi BELAJAR PKS atau PKS BELAJAR ISLAM -_-

    • Muhammad Rizky Eka Arlin

      Apa anda sudah yakin islam 100%. kalau anda sdh 100% islam, anda boleh berkomentar seperti ini. Pikiran anda masih labil

      • Abu Rayyan

        Mas Muhammad Rizky, mau komentar saja harus 100% keislamannya. klo mas Rizky nilai kader PKS keislamannya berapa persen?

  • Guest

    PKS tidak terlalu Islam, bahkan masih sangat jauh dari Islam yg seharusnya.. sangat banyak kebijakan PKS yg tidak ISLAMI.. dan masih sangat banyak pejabat” PKS yg sangat melanggar syariat Islam & tidak diberi sangsi tegas oleh PKS -_-

    • dada

      sama seperti kita yang tidak terlalu islam…tapi berusaha selalu kesana..
      apa anda tahu siapa yang sudah islam banget kan?

    • Jamaludin Lastiko Wibowo

      memulai segala sesuatu di “tempat” yang tidak terlalu ISLAMI, apakah harus dengan cara spartan dan agresif dengan cara 100% ISLAMI?
      apakah bisa sukses dan ada jaminannya kalau dilakukan seperti itu?
      Nabi saja, yang mendapat mandat langsung dari Allah harus melalui proses dan tahap yang gak mudah dan gak melulu ISLAMI, apakah manusia biasa bisa melebihi kemampuan seorang Nabi (utusan) Allah?

      Lakukan bertahap dan jaga itu semua sampai dapat dilakukan sesuai Hukum Allah.
      Karena Allah selalu bersama orang-orang yang sabar.

      • Abu Rayyan

        Astaghfirullah, boleh sebutkan Rasulullah tidak Islami/gak melulu Islami, boleh kasih contoh!

  • Ahmad Dhiaulhaq

    Dakwatuna ini media punya PKS?

    • Satrio Panji

      Ya, ini media yang berafiliasi dengan PKS.

      • Ahmad Dhiaulhaq

        Terima kasih atas klarifikasinya Pak. Saya sebagai pembaca setia dakwatuna perlu tau hal ini. Thanks again.

  • hasanah turain

    islam tidak hanya mengatur masalah berpakaian, tetapi juga didalam beramal, berakhlaq. mudah2an kita berhati2 memakai label islam, tetapi belum mencerminkan islam yang sesungguhnya, karena akan melemahkan citra islam itu sendiri. hablumminallaah, hablumminannaas, dan binafsi

  • Angga Dwi Anugerah

    namanya juga media islam, ga cuma PKS yg diberitain, ada PPP , ada PKB
    dll..yg jelas ya parti islam..trus ada di opini pembaca..berarti
    penulisnya bukan orang dakwatuna..maju terus dakwatuna, gue dukung lo…

    • hamba Allah

      manteeep

  • Agus Duradjak

    Jiah… asem banget. Posting berita beginian. Kurang kerjaan banget sih.

  • SOA

    Assallammuallaikum…
    mohon jawabannya kl ada n bisa & terima kasih untuk keihklasan dlm menjawabnya.

    1. PKS dimana2 sama ??? apa nya boss yg sama ! jgn berdasarkan konteks yg ada diatas y pak ? hrs detail n rinci. krn buat sy sama sj g d prubahan atau kebaikan .

    2. “Allah lebih mencintai mukmin yang kuat daripada mukmin yang lemah…” Hadits ini benar-benar diperhatikan oleh (kader) PKS. Karena itu, setiap kader PKS senantiasa memenuhi syarat agar dicintai oleh Allah. : mana yang kalian lebih pilih mukmin yang kuat tapi lemah taqwa atau mukmin yg lemah tp taqwanya kuat ???

    3. Semoga kader PKS tetap dan semakin istiqamah dalam menjaga kekuatan kesehatan jasmani (jasadiyah) mereka, dengan tidak melupakan kekuatan ruhiyah dan fikriyah. Sehingga, kerja dakwah dan organisasi dapat diselesaikan dengan maksimal. Agar dapat memenangkan dakwah di bumi Indonesia ini. : dakwah spt apa y pak ? krn yg saya perhatikan Dakwahnya pks monoton n g d spirit membangun atau mengajak ummat pd kebaikan! lalu untuk qalbinya kapan latih yg ada hny dunia sj ???

    mudah2an antum ikhlas menerima pertanyaan sy… aaamiin.

    • Akhmad Ismail

      wa’alaikumsalam warahmatullah wa barakatuh,
      ane bukan mau menjawab mas, karena ga punya kapasitas untuk menjawab pertanyaan diatas, tapi masukan ajah yach,,,jika kita ingin tahu isi dan bagaimana produk sebuah elemen apapun itu coba nikmati dahulu dari dalamnya ikutin dan pelajari dari dalam dan setelah mengetahui baik dan kurangnya,,,satu hal itu adalah kekhilafan manusia yang menjalankannya, sebagaimana kita seorang muslim yang sering khilaf, sebagaimana masing masing komentar disini yang dikedepanan suudzon y padahal rasul mengajarkan kita unutk kroscheck berita apapun itu, dan menjaga dari prasangka buruk terhadap saudara seaqidah……wallahu alam

  • Adi Damanhuri

    Astaghfirulloh . . .

  • Harry Hurru Harra

    kampanye basi #modus

  • Eko Hadi

    ada lagi korupsi sebagai pampasan perang

  • Mah Mud

    Semoga Kita tak Jadi tolol seperti Mantan President PKS yang bisa ditipu Fathanah…Dan semoga orang-orang PKS bisa Jaga Nafsu Liarnya tidak seperti Sapi Liar….Bila PKS sudah mengumandangkan Partas Islami bertanggung Jawablah supaya tidak Merusak Citra Islam..saja sudah cukup tidak seperti yang dilakukan oleh LHI…Menjijikkan..

    • Muhammad Rizky Eka Arlin

      Tolol? anda kira LHI itu bersalah?
      Sampai sekarang hakim belum bisa menjatuhkan vonis ke LHI. Kenapa? karena LHI tidak terbeukti melakukan kesalahan.

      Korupsi, pencucian uang, penyuapan. LHI tidak menerima uang sepeserpun

    • hamba Allah

      bahkan kesaksian sopir nya fathanah yg jd slh 1 bukti utk ngejatuhin LHI pun salah, beda sm record nya :V

  • Abel Casnadi Ratapu Era

    Semua yang namanya “ORGANISASI” itu sama saja, sama-sama kejinya.

    • Muhammad Rizky Eka Arlin

      pikiran anda terlalu labil

    • Muhammad Rizky Eka Arlin

      jadi anda tidak punya organisasi? berarti anda tidak punya negara. negara merupakan suatu wilayah yang digerekkan oleh organisasi pemerintahan. (eksekutif, yudikatif dan legislatif)

      kalau anda menyatakan semua organisasi itu keji, bagaimana dengan organisasi amal? organisasi pengurus masjid? organisasi pengurus hewan qurban? organisasi penyusun fatwa islam?

  • uu

    soeeeeek

  • MASWAN

    OH, INI NAMANYA CURI STAR………………BASI…..

    • hamba Allah

      santai bung selow

      • MASWAN

        ya tak slow aja, gitu aja kok repot…..?

  • Ahliyah Yasin

    lho ko media nymbungny k partai sih??? kyak tv nasional j.. y ALLOH… ko jd g suka m web ni y??? moga nemu web yg lebih bkualitas lgi..

    • hamba Allah

      mas ini opini mas bukan berita

  • Irfi Asa Manazila

    Astogfirullah, saya kira ini web benar2 untuk dakwah agama Islam. Ternyata dibalik layar ada Partai yang membawa kasus daging import, cukup sampai disini saya menyukai ini web. Saya benar2 kecewa dengan cara kalian berkampanye

    • hamba Allah

      mas mas, ambil yg baik nya aja dari web ini.. cobalah berpikir bijak.

  • azzamahmed

    hehe sptnya yg komentar sinis krn merasa tertipu dikira isinya menjelek2an PKS gak taunya. eng ing eng….. ketipu nih yeee

    • edy ramaja

      ketipu ni yeee apakah ini bahasa yg selalu dipakai oleh kader PKS

      • LAWAK

        KENA!

  • edy ramaja

    Ini pembahas islam atau pembahasan partai? sepertinya PKS itu peduli hanya dengan futsal. bagaimana tentang perzinahan yang dilegalkan oleh negara dg cara membagi2kan kondom gratis? kok tidak dibahas.

    • hamba Allah

      dibahas kok mas nya

  • cucungis

    Bingung ama yg selalu komen negatif kl menyangkut agama,,,ane bkn kader or simpatisan PKS tp kl ane liat emang PKS satu2 nya partai yg relatif lebih bersih drpd partai lain,,,silahkan buktikan sendiri brp kader PKS yg ditangkap KPK dan berapa kader partai lain ditangkap KPK,,,paling mudah dan relatif bs dikenal masyarakat silahkan check & recheck para caleg DPRD dr partai lain siapa mereka sbnr nya dan apa latar belakang nya,,,kl kita jeli dan berjiwa besar pasti mengakui para caleg dari PKS memang org yg pantas nyaleg karena sudah melalui pengkaderan yg tdk sebentar beda dgn caleg partai lain bkn kader or simpatisan tp karena duit tau tau bisa nyaleg partai tsb,,,,silahkan buktikan sendiri dgn hati dan pikiran yg bersih,,,,bkn dgn mengedepankan kebencian terlebih dulu

    • ari_jenggot

      berarti klw pendeta bisa nyaleg lwt pks juga sudah lwt pengkaderan/

      • hamba Allah

        ckckckck

  • notto negoro

    #aytktm : Apapun yang terjadi kami tetap melayani

    • hamba Allah

      mantap

  • Anton Akong

    semua sama…..pada gila ama dunia

  • Ahmad Tamimi Ben Shohieb

    kompanye….! bro…

  • Ahmad Tamimi Ben Shohieb

    memang benar…
    Ternyata, PKS di Mana-Mana Sama saja.
    sarana apa pun (termasuk tempat ibadah) dipake buat kompanye…

  • Reza Iph

    alhamdulillah apa yang anda rasakan seperti yg saya rasakan di Langsa Aceh apa yg dilakukan kader PKS di tmpt kamiseperti futsal dll, semoga PKS lebih baik lagi di Pemilu 2014..Allahuakbar

    • mamase

      preeeetttt…. Islam Yess.. PKS No…

      • hamba Allah

        ckckckck, mau pilih apa emg mas? demokrat? korup nya lebih2 parah lagi. PDI? ketauan bgt pencitraannya, yg kyk gini nih musuh dalam selimut. golkar? lumpur lapindo aje belum kelar2..

        • mamase

          lbh baek golput… drpd milih anis matta dkk… doyan kawin….wkwkwkkk…

          • monre

            mending kawin daripada loe tukang zinah…brebeeeeetttt

          • mamase

            monre mesum juga yah? ngikut AM,,

          • monre

            kan eloe yg ngajarin….. trus kabur cuci tangan dah…..

  • MRF

    partai relatif paling bersih…..???????? kampenyenya YA bgtu ,tp coba masuk k Gedung DPR paling GUEDE kali KORUP nya (bukn rahasia umum)

    • Zandy Zain

      Apa Ada buktinya bahwa semua orang di DPR itu korupsi? bahkan di Parpol yang sekuler pun tidak semua anggotanya korupsi apa lagi partai berbasis agama seperti PKS. Ada yang korupsi, terbukti terlibat korupsi tapi tidak semuanya.

  • mamase

    Kasihan aku melihat orang2 ini.. mereka korban cuci pikiran.. sehingga menganggap PKS itu suci dan terkesan mengkultuskannya.. Mereka menganggap tokoh2 PKS seperti malaikat yg gak bakal berbuat korupsi, dll..

    kalo cuma simpatisan sih kasihan amat gak dapet jatah apa2.. kalo kader dan dapat jabatan mah boleh lah..

    Menjadi seorang muslim yang tidak percaya parpol apa pun itu lebih membahagiakan..

    kalo harus memilih pemimpin yaa liat track record-nya..

    soalnya orang yg ilmu agama tinggi belum tentu amanah, dan berkompeten sbg pemimpin.. bisanya cuma “jual ayat” utk menyenangkan warganya.. kan kasihan..

    • tri

      se 7..doktrinnya kuat banget ya…

  • hamba Allah

    astagfirullah, ini orang2 yang komentar nya negatif. ini kan rubrik opini jadi orang boleh ngepost opini mereka asal ga menjatuhkan kayak komentar2 kalian ini.
    pada lebay ah

  • #aytktm : Apapun Yang Terjadi Kami Tetap Melayani

  • tri

    semua kader PKS berlomba-lomba posting…pingin dipuji…pingin dilihat perjuangan dan pengorbanannya….habis ngadain acara apapun pasti langsung di publikasikan,,hebat……partai yg lain aja g sesibuk itu…adem ayem, trus partainya kalah kayak kebakaran jenggot….menolong org jgn bawa embel2 partai donk…ikhlas donk….nolong org pakai atribut dimana2…..itu namanya apa?..

Lihat Juga

Anies-Sandi Dinilai Memiliki Integritas yang Sangat Baik