Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Renovasi Hemat: Menggabungkan 2 Rumah Bersebelahan

Renovasi Hemat: Menggabungkan 2 Rumah Bersebelahan

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum wr wb

Pak Andan di Dakwatuna.com, kami memiliki rumah 2 rumah yang ingin kami satukan karena saling bersebelahan pada sebuah komplek perumahan kecil di Depok. Berikut saya lampirkan layout awal rumah dan layout rencana perubahannya, tapi saya masih bingung untuk model design model nya seperti apa?

Saya ingin perubahan ini tidak terlalu banyak merubah ruangan, sehingga bisa menekan biaya. Mohon masukannya terkait layout ini dan juga design model rumah nya agar terlihat minimalis. Kira-kira berapa biaya yang harus saya siapkan untuk penggabungan ini (tanpa di tingkat)

Kami tidak ingin bangunan tingkat, karena anak sulung kami sudah di pesantren. Kelak menyusul adik – adiknya. Hingga rumah nanti akan kosong. Jadi cukup dengan 1 ruang tidur utama, 2 ruang tidur anak dan 1 ruang kerja.

Demikian pertanyaan kami. Atas bantuan dan sarannya saya haturkan banyak terima kasih

Wassalaamu’alaikum wr wb

Khoirudin – Depok

Jawaban:

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Khoirudin di Depok beserta netters dakwatuna yang saya hormati, apa kabar pagi ini? Semoga kita senantiasa diberikan limpahan taufik dan hidayah. Hingga hidup ini menjadi jelas arah dan tujuannya.

Selamat menunaikan shalat Dhuha bagi Anda yang diberi kesempatan waktu dan kesehatan untuk dapat mengerjakannya. Selamat beraktivitas, semoga pagi hari yang cerah ini menjadi penyemangat untuk mencari rizki yang halal dan thayyib.

Pak Khoirudin, ada beberapa point penting yang harus kita perhatikan pada rumah ini. Salah satunya adalah dapur yang berada di belakang. Saya akan geser ia ke kanan karena area ini akan menjadi ruang tidur utama. Hingga area privasi ini tidak panas. Selain itu tembok yang ada memungkinkan kita membuat kamar paling luas. Ditambah lagi posisi wc yang memungkinkan untuk dijadikan wc utama.

denah awal dan denah renovasi
denah awal dan denah renovasi

Ruang tidur yang berada paling depan saya jadikan ruang kerja. Karena memungkinkan untuk dibuat pintu khusus keluar rumah. Jadi bisa berubah fungsi seperti kantor kecil di rumah. Apalagi ia berada dekat teras yang bersifat publik area.

interior rumah
interior rumah

Kamar tidur anak – anak tetap saya pertahankan. Hanya saja saya kesulitan membuat ruang tengah yang lapang. Untuk itu kamar mandi yang berbentuk memanjang terpaksa saya bongkar. Hingga ruang makan dan ruang keluarga menjadi lega. Lebar dan nyaman.

Pandangan Atas Gabungan Atap Lama dan Baru

rencana atap

Ruang tamu di bangunan kiri saya hilangkan. Ia berubah menjadi carport. Hingga mobil tidak perlu masuk dengan miring. Hemat pula karena tidak banyak bongkar. Carport baru dibatasi oleh 2 tembok lama ruang tidur.

Perspektif Muka
Perspektif Muka

Atap baru hanya ada di bangunan sebelah kiri. Bangunan kanan yang sudah berbentuk atap pelana dengan bentuk pet konsol genteng tidak saya bongkar. Karena memang masih baru. Ditambah lagi sudah tertanam tiang struktur beton teras yang kokoh. Jadi benar – benar bisa berhemat dari sisi ini.

Perspektif Cuci Jemur
Perspektif Cuci Jemur

Sisi kanan menjadi akses service. Karena ia berupa ruang cuci jemur dan langsung menerus ke dapur. Saya hanya menambahkan tiang merah dan tembok pembatas cuci jemur. Selebihnya adalah bangunan lama. Mulai dari pagar hingga ke tembok utama rumah sebelah kanan yang memang masih bagus.

Jalan hanya cukup 1 mobil membuat saya harus membuka pintu carport lebih lebar lagi. Carportnya sendiri lebarnya 3.5 meter. Namun pintunya bisa mencapai 4 meter. Hingga mobil dapat dengan mudah bermanuver.

Pak Khoirudin, untuk biaya sebaiknya saya survey. Hingga lebih akurat. Karena saya sebagai dokter bangunan dapat membuat kalkulasi kasar sesuai dengan kondisi lapangan. Hal inilah yang terkadang masih belum dipahami orang banyak. Hingga kesan arsitek mahal masih saja melekat. Padahal dengan desain yang akurat akan terjadi penghematan besar. Bahkan jasa arsiteknya masih lebih kecil dibandingkan dengan besarnya penghematan yang ada.

Carport Baru
Carport Baru

Netters sekalian, kini temaram senja mulai merambah sketsa rumah Pak Khoirudin. Bersama suara jangkrik bernyanyi, menyusup dan menggeletar. Kagaduhan yang begitu sepi. Karena Matahari mulai masuk ke peraduan. Demikian pula dengan penghuni rumah baru ini. Mulai beranjak masuk ke dalam griya idaman.

Semoga sketsa rumah baru ini benar – benar bisa segera terwujud. Hingga Pak Khoirudin sekeluarga merasa tenteram dan nyaman. Mendidik dan mengiringi anak – anak menuju masa depan mereka.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadruiasta, ST

Kirimkan email pertanyaan / order desain / pelaksanaan ke : [email protected]

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (15 votes, average: 9,60 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Andan Nadriasta, ST
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi.Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.
  • Angga Dwi Anugerah

    asyik ni rumah… bisa nyambung jadi satu padahal 2 rumah

  • Karina Setyawati

    boleeh nih 2 rumah digabung jd 1! Baguss nih idenyaaa.. :))

Lihat Juga

Sambudi, seorang Guru yang jadi pesakitan setelah dilaporkan orang tua muridnya ke polisi akibat mencubit. (tribunnews.com)

Kasus Guru Dipolisikan, Ketidakselarasan Peran Rumah dan Sekolah