Home / Berita / Daerah / Terobosan Gubernur Jabar, Setiap Proyek ada Penanggung Jawab Khusus

Terobosan Gubernur Jabar, Setiap Proyek ada Penanggung Jawab Khusus

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan
Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan

dakwatuna.com – Bandung. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan punya terobosan baru agar Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) bisa berjalan sukses. Setiap program-program besar akan memiliki seorang penanggungjawab khusus yang bertugas untuk menyukseskan program tersebut.

“Kita matangkan program 2014, jadi setiap program besar saya tunjuk satu penanggungjawab,” ujar Heryawan kepada wartawan di Gedung DPRD Jabar, Selasa (26/11/2013).

Dia mencontohkan, program pembangunan venue Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 akan dipimpin Sekda Pemprov Jabar, Wawan Ridwan. Sedangkan proyek pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati akan dipimpin Kepala Bappeda Jabar, Denny Djuanda.

Lebih lanjut dituturkannya, sistem yang terbilang baru ini dilakukan karena program-program tersebut bersifat multisektoral dan multidinas. Proyek-proyek ini pun kerap berhubungan dengan berbagai pihak.

“Karena multidinas dan multistakeholer, jadi mesti ada penanggungjawabnya. Kita juga punya program Citarum Bersih 20 KM pertama dan program monorel,” kata Heryawan.

Menurutnya, cara seperti akan menjadi solusi masalah program yang kerap berjalan lamban. Hal ini terjadi karena masing-masing sektor hanya berjalan sendiri-sendiri.

“Karena masing-masing sehingga timbul penyakit, sering saling mengandalkan,” bebernya.

Dengan menunjuk penanggungjawab, pihaknya berharap setiap program bisa berjalan lebih cepat dan lancar. Koordinasi antar sektor pun akan lebih mudah.

Penunjukan ini sebenarnya telah dilakukan sejak lama. Namun hal ini ditegaskan kembali dalam pemaparan RPJMD di depan dewan.

Seperti diketahui, sesuai RPJMD 2013-2018, berbagai program akan mulai dikerjakan pada 2014 mendatang. Selain program baru, sebagian lainnya merupakan program lanjutan.

Sejumlah megaproyek yang akan dan tengah dikerjakan Pemprov Jabar di antaranya pembangunan bandara Kertajati, monorel, venue PON XIX, jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisemdawu), jalan tol Bogor-Sukabumi, serta normalisasi dan revitalisasi sungai Citarum. (inilah/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Reposisi Ekonomi Sebagai Proyek Peradaban