Topic
Home / Konsultasi / Konsultasi Kesehatan / Mengapa Saat Bangun Tidur Mulut Saya Sering Bau?

Mengapa Saat Bangun Tidur Mulut Saya Sering Bau?

Ilustrasi. (topyaps.com)
Ilustrasi. (topyaps.com)

dakwatuna.com

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum wrwb

Pak Dokter Ibnu di dakwatuna.com, saat bangun tidur mulut saya sering bau. Kadang-kadang mulutnya rasanya atau baunya asem banget. Kenapa hal ini bisa terjadi?

Adri – Jawa Barat

Jawaban:

Wa’alaikumsalam wrwb,

Pak Adri di Jawa Barat, terima kasih atas aksesnya kepada dakwatuna.com. Terima kasih juga kepada netters dakwatuna yang masih setia mengiringi update kami dari hari ke hari.

Pak Adri, ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi keadaan bapak.

Bangun tidur gigi bau, biasanya disebabkan

  1. Karang gigi, Karena karang gigi sebenarnya adalah tumpukan sisa makanan yang mengeras lalu menempel di gigi.
  2. Gigi berlubang juga bisa membuat gigi bau. Karena ada kuman-kuman di lubang gigi tersebut. Nah kuman-kuman tersebut bisa menghasilkan zat asam yang juga menghasilkan bau

Bau juga bisa datang dari penyakit maag. Karena asam lambung yang tinggi membuat pembuangan asamnya sampai ke mulut. Tinggal kita perhatikan saja mana yang paling dominan. Berarti di situlah letak masalah mulut pada saat bangun tidur menjadi bau. Terutama bau asam.

Demikian Pak Adri. Sebaiknya memang pergi ke dokter gigi. Untuk memeriksakan kesehatan lebih lanjut. Agar bisa segera diantisipasi dengan segera penyakit yang ada. Sebelum terlanjur menjadi kronis.

Saya sarankan juga untuk gosok gigi sebelum tidur. Hingga sisa-sisa makanan yang ada tidak ikut tidur di dalam mulut. Jadi mulut benar-benar dalam keadaan bersih  dan harum saat kita tidur.

Demikian tanggapan saya. Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum wrwb

drg. Ibnu Adrian, MARS.

Kirimkan email pertanyaan ke: [email protected]

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Dokter gigi, lulusan Universitas Trisakti-Jakarta. Membuka Praktek dokter di Jakarta. Klinik drg. Ibnu dan drg. Hanna berada di Jl. Duren Tiga Selatan, no. 8E. Jakarta Selatan. Telp: 021-362 005 99 HP: 0818 0657 3603

Lihat Juga

Israel Keluarkan Izin Pembangunan 153 Unit Pemukiman Baru di Al-Quds Timur

Figure
Organization