Home / Narasi Islam / Artikel Lepas / Kita dan Hujan

Kita dan Hujan

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (inet)
Ilustrasi. (inet)

dakwatuna.comDulu, di saat kanak-kanak, aku amat menyukai hujan… Karena di saat itu luapan-luapan kegembiraan terpancar dari wajah-wajah kecil kami yang menikmati setiap tetes air nya. Karena di kala itu, kaki-kaki kecil kami bisa berlarian menembus genangan air yang tak ubah nya seperti arena bermain.

Namun dulu, di saat remaja, aku mulai membenci hujan… Yaa, karena di saat itu, semua rencana-rencana yang telah ada, bisa gagal berantakan. Karena di kala itu, langkah-langkah kaki terhenti tanpa tujuan pasti.

Tapi kini, aku bahkan mencintai hujan… Karena di saat itu ada rahmat dan karunia yang luar biasa yang Allah ta’ala turunkan pada kita manusia. Karena di kala itu, ada kesempatan emas untuk bisa memohon, meminta, bahkan mengemis pada-Nya.

Yaa, saat ini aku mulai memahami betapa hujan menjadi anugerah yang luar biasa untuk manusia.

Karena di dalamnya ada waktu yang di muliakan, di mana untaian doa insya Allah di ijabah Allah ta’ala. Yaa, saat ini aku mulai sadar bahwa tatkala turunnya hujan, ada banyak keberkahan untuk bumi yang mulai kering dan gersang. Dan yaa, saat ini aku tak pernah lagi membenci hujan, karena aku yakin, akan ada sesuatu yang tak terduga di balik hadirnya hujan.

Ibnu Qudamah dalam Al Mughni mengatakan, “Dianjurkan untuk berdoa ketika turunnya hujan, sebagaimana diriwayatkan bahwa Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

اُطْلُبُوا اسْتِجَابَةَ الدُّعَاءِ عِنْدَ ثَلَاثٍ : عِنْدَ الْتِقَاءِ الْجُيُوشِ ، وَإِقَامَةِ الصَّلَاةِ ، وَنُزُولِ الْغَيْثِ

“Carilah doa yang mustajab pada tiga keadaan: Bertemunya dua pasukan, Menjelang shalat dilaksanakan, dan Saat hujan turun.”

Begitu juga terdapat hadits dari Sahl bin Sa’d, beliau berkata bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِ وَ تَحْتَ المَطَرِ

“Dua doa yang tidak akan ditolak: doa ketika adzan dan doa ketika turunnya hujan.”

Segala puji bagi Allah, yang menganugerahkan kita satu karunia dengan menurunkan hujan melalui kumpulan awan.

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (14 votes, average: 9,21 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Mahasiswi Pasca Sarjana Fakultas Ilmu Komputer UPI "YPTK" Padang. Lahir dan tinggal di Sumatera Barat, provinsi yang berlandaskan "Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah". Ingin menjadi bagian dari "khairunnas anfauhum linnas" - manusia yang baik adalah yang bermanfaat bagi orang lain :)

Lihat Juga

ilustrasi (inet)

Upaya Untuk Khusuk Dalam Shalat

Organization