Home / Berita / Nasional / Mahfud MD: Saatnya Saudagar Muslim Bangkit

Mahfud MD: Saatnya Saudagar Muslim Bangkit

mahfud-md_2 (1)dakwatuna.com – Yogyakarta.  Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Moh Mahfud MD mengatakan saat ini merupakan waktu yang tepat untuk saudagar muslim bangkit. Karena jika saudagar muslim berhasil akan berkontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan Umat Islam.

Mahfud MD yang juga mantan ketua Mahkamah Konstitusi mengungkapkan hal itu ketika menjadi keynote speaker pada Simposium Moslem Entrepreneurship di Kampus Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Rabu (20/11).

Simposium ini menghadirkan Maher Zain (penyanyi lagu Islami dari Swedia), Rina Novita (CEO DNA Production), dan Sharif Banna (CEO Awakening World Wide).

Lebih lanjut, Mahfud MD mengatakan, ada tiga manfaat bila saudagar muslim berhasil. Pertama, meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan konstitusi.

Sebab, tujuan kemerdekaan Republik Indonesia adalah membangun kesejahteraan umum. Sehingga bumi, air dan sumber daya alam dikuasai negara untuk kemakmuran rakyat.

Kedua, keberhasilan saudagar muslim juga mencerminkan kesejahteraan umat Islam. Sebab sebanyak 87 persen penduduk Indonesia adalah muslim.

Ketiga, keberhasilan saudagar muslim akan memperkuat dakwah Islam. “Potensi keberhasilan saudagar muslim sudah ditunjukkan pada zaman penjajahan Belanda yaitu usaha rokok dan batik,” kata Mahfud.

Namun, jelas Mahfud, Belanda tidak menginginkan saudagar muslim Indonesia menjadi besar. Sebab jika besar akan menjadi ancaman keberadaan Belanda di Indonesia. Sehingga para saudagar muslim ini diadu dengan pedagang dari Cina dan negara lain.

Di era demokrasi, kata Mahfud, semakin memudahkan saudagar muslim untuk bangkit kembali. Salah satunya, dicanangkannya Gerakan Ekonomi Syariah (GRES) oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) beberapa waktu lalu.

“Dulu ekonomi syariah dianggap tabu, kini sudah terbuka. Ekonomi syariah memberi peluang agar ekonomi tidak menumpuk pada satu orang saja,” ujar Mahfud. (rol/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 6,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Pejabat Non-Muslim Pada Zaman Al-Mu’tadhid Billah