Home / Berita / Internasional / Asia / Pengungsi di Kota Ormoc Filipina Sangat Membutuhkan Layanan Kesehatan

Pengungsi di Kota Ormoc Filipina Sangat Membutuhkan Layanan Kesehatan

Layanan Kesehatan Tim South East Asian Humanitarian Committee (SEAHUM) di kota Ormoc, Filipina. Minggu, 17/11/13 (foto: PKPU)
Layanan Kesehatan Tim South East Asian Humanitarian Committee (SEAHUM) di kota Ormoc, Filipina. Minggu, 17/11/13 (foto: PKPU)

dakwatuna.com – Filipina.  Tim kemanusiaan PKPU yang tergabung dalam South East Asian Humanitarian Committee (SEAHUM) beserta relawan dari Rumah Zakat dengan ditemani relawan lokal Filipina mengadakan pelayanan kesehatan  pada hari minggu (17/11) untuk para pengungsi dan korban bencana topan Haiyan di kota Ormoc. Pelayanan kesehatan ini diadakan di sebuah bekas bangunan klinik yang rusak akibat terpaan badai di Phil Health of LINAU Barangai Ormoc City.

Anggota tim relawan PKPU Subur Rohjinawi yang berada di sana mengatakan sekitar 250 orang pengungsi dapat terlayani oleh  aksi layanan kesehatan ini. Banyak di antara mereka termasuk anak-anak mengalami luka-luka dan sakit.

“ Kami mengerahkan 4 orang dokter dan sejumlah relawan untuk melayani aksi kesehatan ini. Banyak di antara mereka yang mengalami luka akibat tertimpa bangunan, terkena serpihan kayu dan lainnya. Sedangkan untuk balita dibutuhkan susu dan makanan pelengkap ASI.  Kami harus melengkapi logistik kami dari kota Cebu karena di kota ini sulit mendapatkan pasokan”.

Tim relawan juga berkoordinasi dengan pemerintah lokal kota Ormoc sehingga mendapatkan dukungan penyediaan tempat dan tambahan tenaga dokter.

Selain aksi pelayanan kesehatan, tim relawan juga menyisir pantai di jalur utara kota Ormoc yang mengarah ke kota Tacloban untuk melakukan evakuasi pengungsi. Selama penyisiran tersebut tim melakukan pembersihan lokasi dan memindahkan  jenazah yang masih berada di sela-sela reruntuhan kota. Direncanakan tim relawan akan berada di sana selama 2 minggu ke depan.
(er/pkpu/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Prosmiling (Program Kesehatan Masyarakat Keliling) di Desa Pasarean Kecamatan Pamijahan, Kampung Sindang Asih, Bogor, Ahad (13/11/2016). (Dita/Putri/PKPU)

HAI UEA – PKPU Berikan Layanan Kesehatan Gratis di Kampung Sindang Asih Bogor