Home / Konsultasi / Konsultasi Kesehatan / Sering Kesemutan, Apa Penyebabnya?

Sering Kesemutan, Apa Penyebabnya?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (inet)
Ilustrasi. (inet)

dakwatuna.com

Assalamu’alaikum,

Nama saya Warsito di Cikarang, umur 32 tahun. Sudah 5 tahunan saya sering kesemutan parah, karena sampai mati rasa. Dan tidak hanya di kaki atau tangan, tapi bisa di mana saja. Misal kuping, kepala, perut, pipi, dan lain-lain yang tertekan agak lama.

Yang paling sering kalau pas Jum’atan. Karena duduk bersila, gak sampai 10 menit kaki sudah mati rasa. Jadi 5 menit duduk sudah mulai kesemutan dan 5 menit kemudian mati rasa. Dua-duanya.

Saya pernah 2 kali medical check up di 2 Rumah Sakit yang berbeda, dan hasilnya normal. Yang terakhir sama dokter disuruh ke ahli syaraf, tapi belum saya laksanakan karena mengingat biaya.

Saya pernah tanyakan juga ke rumah ruqyah apa ini ada gangguan jin, karena paling sering kesemutan di masjid, sedangkan di rumah kesemutan biasa. Tapi belum ada jawaban.

Itu saja pertanyaan saya. Terima kasih.

Warsito

Jawaban:

Wa’alaikumsalam.

Kesemutan memang akibat gangguan saraf. Tepatnya gangguan berupa berkurangnya cetusan listrik yang semestinya ada. Gangguan bisa berasal dari saraf pusat (otak, batang otak, sumsum) bisa saraf tepi. Gangguan di saraf pusat bisa menjadi pertanda penyakit lain yang lebih serius. Gangguan saraf bisa disebabkan apapun. Mulai dari yang serius seperti stroke, tumor dan infeksi otak, penyakit umum yang serius, sampai karena kekurangan vitamin, gangguan elektrolit dan metabolik.

Medical check up umumnya tidak memeriksa fungsi saraf sehingga sangat bisa check up normal tapi saraf terganggu. Segeralah ke dokter saraf untuk didiagnosis dengan tepat dan menghindarkan proses penyakit yang serius dan dapat memburuk.

Kita doakan semoga bukan termasuk penyakit yang serius.

Kirimkan pertanyaan konsultasi kesehatan Anda melalui email: dakwatuna at gmail.com

Konsultasi Kesehatan ini didukung oleh: Islamic Medical Association and Network of Indonesia / Perhimpunan Profesi Kesehatan Muslim Indonesia (IMANI-PROKAMI)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (15 votes, average: 6,80 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Staf Dept. Neurologi FKUI.
  • Kenapa tidak dijawab secara Islami.?? Memangnya tidak ada penjelasan kesemutan dalam Al Quran atau Hadits.?? Katanya Islam itu lengkap, kok pake penjelasan ala kedokteran barat sih..

    • Satria Mandraguna

      Kalau ditelusuri, kesemutan itu biasanya karena adanya gumpalan darah kotor pada sendi syaraf yang menyebabkan aliran darah kurang lancar,…biasanya stroke itu juga semua berawal dari kurang lancarnya peredaran darah..

      Dan biasanya dalam Islam dikenal dengan pengobatan teknik bekam, dari jaman rasulullah dahulu, bekam emang pengobatan yang terbaik,..karena digunakan antara menyedot darah yang kotor, terus di sayat kecil dengan pisau yang bersih or skarang ditusuk pake jarum steril (teknik bedah kecil) untuk mengeluarkan darah yang kotor tersebut..

      >>mungkin banyak pengobatan tradisional seperti daerah pedalaman, yang kalau pusing dikepala, antara dahi tengah cukup disayat kecil,..sampe darah sedikit keluar,…biasanya setelah itu pusing agak berkurang….

      (dulu pernah saya sendiri yang mengalami pusing bertahun2 karena benturan dikepala waktu kecil,..sampe saya nekat meyayat dahi saya sampe berdarah sedikit, alhamdulillah itu pusing bertahun2 langsung hilang..)

      >>wallahu a’lam,…semuanya berdasarkan pengalaman pribadi,..

    • adhan

      Walah, O.o

      Anda pikir darimana ‘kedokteran barat’ berasal? Saat Avicenna bergulat menemukan berbagai breakthrough kedokteran, anda pikir kedokteran barat sudah sehebat apa? Hah? Hahh?! HAHHH??!?!???

      Lalu, anda pikir Al-Qur’an dan Hadits itu medical handbook?? yg membahas semua penyakit dari panu sampai sipilis?? Apalagi yg anda inginkan? Al-Qur’an dan Hadits sebagai physics handbook? Yang membahas pergerakan fisik elektron sampai cosmic expansion? Anda mau Al-Qur’an dan Hadits berisi pedoman untuk membangun pondasi masjid yg baik?? Bagaimana caranya membuang limbah industri begitu??

      Maaf, tapi komentar anda lucu sekali, sekaligus membuat anda tampak bodoh. Mungkin anda cocok ikut stand up comedy.

  • Zira Gladys

    saya juga sering merasakan kesemutan, menurut informasi yang saya dapat, katanya kekurangan vitamin B12. apakah itu benar ? :/

    • Tidak ada yang namanya vitamin B12, vitamin itu cuma zat buatan Yahudi untuk membodoh2i umat Islam.. Allah tu maha tahu mba, dan jika vitamin itu benar ada tentunya Allah akan mencantumkan itu dalam Al Quran, faktanya kan ga ada..

  • Ghaza

    Setuju dengan bekam,, saya pernah baca bekam itu obat dari segala penyakit,, Wallahu a’lam..

  • Angga Dwi Anugerah

    hehe..kalo dikerubutin semut rang rang apa bisa disebut kesemutan juga ya..

Lihat Juga

Pemimpin Partai Gerakan Nasional (MHP), Devlet Bahçeli. (aljazeera.net)

Partai Nasionalis Turki Dukung Hukum Mati “Dihidupkan” Lagi

Organization