Home / Berita / Nasional / Gara-Gara Ahok, Anak-Anak Ikutan Bilang “Banjingan”

Gara-Gara Ahok, Anak-Anak Ikutan Bilang “Banjingan”

Ketua Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA), Arist Merdeka Sirait. (caraberhentimerokok.com)
Ketua Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA), Arist Merdeka Sirait. (caraberhentimerokok.com)

dakwatuna.com Setelah KPAI mengecam pernyataan Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang menyebut APBD tidak diberikan untuk anak calon bajingan, kini kecaman gantian dilayangkan Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) terhadap mantan Bupati Belitung Timur itu.

Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait mengungkapkan, sebagai seorang pejabat negara, dan seorang kepala daerah, Ahok tak pantas menyebut bajingan. Apalagi kata tersebut diucapkan untuk seorang anak.

“Nanti jangan salahkan remaja dan anak-anak juga jika mereka menyebut para pejabat itu bajingan karena mereka merupakan daur ulang orang dewasa ,” kata Arist, Jumat (15/11/2013) kemarin.

Arist juga mengatakan, pernyataan Ahok sudah masuk kategori kekerasan verbal. “Anak itu punya hak untuk mendapatkan rasa nyaman. Ahok sudah dikategorikan melanggar hak anak karena melakukan kekerasan verbal,” ungkapnya.

“Saya mengerti dan maklumi sebagai reaksi yang geram terhadap kenakalan remaja. Tapi, di balik itu, tidak bijak juga sebagai pemimpin. Justru karena tidak bijak itu, maka muncul kekerasan verbal pada anak,” ucapnya. (dit/inilah)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (40 votes, average: 7,58 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

  • hermon koto

    Ga sopan cina yg satu ini…., kalau bicara ga pakai otak dia bicara pake urat

    • Putra Prince Albendry

      bicaralah dengan akal dan hati. manusia sederajat. walaupun beda agama selama apa yang dilakukan benar, maka katakan benar. jangan berpikir terlalu picik. indonesia multi ras dan agama.

      • Xuaib Xultan

        tapi memang kebanyakan Cina itu suka anggap remeh pribumi. Ahok seharusnya lebih punya nurani, Ahok harus lebih bermoral. Apa susahnya kalau berlemah lembut apalagi ini anak masa remaja awal. Indonesia multi ras, multi agama, bukan berarti Ahok Cina bisa seenaknya sama pribumi ngatain bajingan. Itu sudah berakar di kalangan orang Cina dan tidak usah munafiq, kalian menganggap diri kalian “tenglang” sementara kami ini cuma “huana”. Selama masih begitu jangan harap cina bisa hidup damai dengan pribumi!

        • syakir

          cina sombong! emang mereka bisa kaya karena siapa? karena qta orang pribumi tauk! mereka bisa hidup enak karena qta orang pribumi jg….coba tuh kita boikot orang cina di negeri qta…jangan jual beli sama mereka…melarat mereka!

        • Den Bagus

          Cina sekarang sudah banyak yang berbicara arogan dan berani sama pribumi. Mereka merasa ada backing dan akan aman bila ngomong kayak berak seperti itu. Tetapi pribumi sepanjang sejarah akan berani melawan kedholiman seperti ini.

      • Paidjo Wong Deso

        bandingkan pantas mana? kalimat “ahok merampok” atau “ahok merampas”?. pantas mana? kalimat jawa “ahok nguntal, mbadok, nyekek” atau “ahok mangan” ?? itulah adat timur ada nilai pantas dan tidak pantas. Maka bicaralah dgn akal dan hati agar mengerti “perkataan yg masuk akal” dan “perkataan dengan hati” lebih2 jk keluar dari “mulut” pejabat.

        • herawatini

          Jangan karena yang ngomong Ahok, jadi dibesar-besarkan yang lain juga banyak …

      • Den Bagus

        walaupun beda agama selama apa yang dilakukan benar, maka katakan benar.
        ============

        Yang diucapkan Ahok itu apa benar menurut agama? Agama apa yang membenarkan?

    • Putra Prince Albendry

      bicaralah dengan akal dan hati. manusia sederajat. walaupun beda agama selama apa yang dilakukan benar, maka katakan benar. jangan berpikir terlalu picik. indonesia multi ras dan agama.

  • hermon koto

    Ga sopan cina yg satu ini…., kalau bicara ga pakai otak dia bicara pake urat

  • Zulkarnain

    Dia memang pejabat, tapi bukan berarti dia bisa ngomong seenak perutnya..

  • Zulkarnain

    Dia memang pejabat, tapi bukan berarti dia bisa ngomong seenak perutnya..

  • Putra Prince Albendry

    jangan bawa ras… anak2 remaja yg berani membajak angkutan umum, itu sudah keterlaluan. meresahkan masyarakat. bijak lah melihat sudut pandang dri kalimat wakil gubernur. tidak semua anak2 remaja seperti itu. mereka yg tidak terlibat pun sadar arti kata itu hanya tertuju kepada perilaku bukan individu. KPAI harus nya lebih bisa menetralisir bukan meng-somasi kan. kita baru mendapatkan pemimpin yang tegas. kalo dari kalangan dakwah berani berpolitik maka tunjukkan politik islam itu bersih dan tegas. jangan hanya mengkritik tapi tak membangun.

    • Abdullahhh

      Ahok bukannya tegas tapi kasar. Bisa bedakan kan?

      • Trias

        kasar untuk kebaikan tidak masalah boss

        • Den Bagus

          kasar untuk kebaikan tidak masalah boss

          ======================
          Bila ada seorang PEMIMPIN apapun yang menyebut bahwa pelajar nakal adalah CALON BAJINGAN, maka kedepannya dia akan dengan leluasa menyebut sang orang tua pelajar itu adalah ORANG TUA ANAK CALON BAJINGAN. Dia juga akan dengan leluasa menyebut bahwa GURU-GURU pelajar nakal ini adalah GURU-GURU PELAJAR CALON BAJINGAN.

          Sejatinya AHOK itu tahu nggak sih tentang sistem pendidikan dan pembinaan anak didik??

          • Ebez

            Yang dikatakan tu cuman anaknya gan,,, jangan dibawah ke arah terlalu jauh bisa tersesat nantinya… Kasar untuk hal yang baik menurut saya gak apa2 selama tujuannya jelas… kalo APBD diberikan kepada anak calon bajingan,, ntar anak itu kelakuannya seperti anggota2 dewan sekarang…. sebagian besar bajingan yang sok2an membela rakyat padahal UUD = Ujung-Ujungnya Duit…

          • Den Bagus

            Kok ngelantor ke masalah korupsi, pejabat, dll?
            Itu lho AHOK bangsat. Wakil Gubernur COCOTNYA kok kayak orang terminal?

          • Guest

            calon??tau dari mana itu calon bajingan?? bisa jamin?? dunia itu berputar bos..bisa jadi sekarang nakal..kedepannya malah jadi anak yang baik
            :P

    • Abdullahhh

      Ahok bukannya tegas tapi kasar. Bisa bedakan kan?

    • Farhan Biru

      kata bajingan itu tidak pantas keluar dri seorang pemimpin,,seharusnya pk ahok bs menggunakan kata yg lebih sopan sebab kejelekan jika di balas kejelekan gk ada mamfaatnya

    • Farhan Biru

      kata bajingan itu tidak pantas keluar dri seorang pemimpin,,seharusnya pk ahok bs menggunakan kata yg lebih sopan sebab kejelekan jika di balas kejelekan gk ada mamfaatnya

  • Putra Prince Albendry

    jangan bawa ras… anak2 remaja yg berani membajak angkutan umum, itu sudah keterlaluan. meresahkan masyarakat. bijak lah melihat sudut pandang dri kalimat wakil gubernur. tidak semua anak2 remaja seperti itu. mereka yg tidak terlibat pun sadar arti kata itu hanya tertuju kepada perilaku bukan individu. KPAI harus nya lebih bisa menetralisir bukan meng-somasi kan. kita baru mendapatkan pemimpin yang tegas. kalo dari kalangan dakwah berani berpolitik maka tunjukkan politik islam itu bersih dan tegas. jangan hanya mengkritik tapi tak membangun.

  • BramSonata

    Dia ( a hok) bisa seberani seperti itu, karena ada backingnya. ini logika yg paling sederhana.

  • TEJO

    Tampar Aja MULUT SI AHOK ITU biar tau sopan santun…

    • Ropai Ahmad

      jahit aja mulutnya….

  • Hussein Umar

    “Kalau Anda tidak mau diperbaiki Anda akan jadi bajingan, dia harus dididik” demikian kata Pak Ahok…gak ada yng salah…Sama saja kalau dikatakan..Kalau Anda sebagai orang Islam tidak sholat Anda akan jadi SETAN

    • Adi Rahadi

      “ANDA AKAN JADI BAJINGAN”

      ada baiknya kalimat “ANDA AKAN JADI BAJINGAN” tersebut, diperhalus menjadi ANDA AKAN MENJADI TERSESAT.

  • Yadi Bejil

    apa hubungan nya..ucapan……tuh yang korupsi…yang main perempuan ya bertengkar diruangsidang…trus jangan salain anak kalau mereka ngikutin jejak mereka….waduuuuuuuuh orang ini omongan nya mbenerin ngajarin anak kalu berbuat kya gitu kagak sala,,kan produksi daur ulang orang dewasa……hallooooooo..apa ente ga kerja sebaga lembaga perlindungan anak….somplak

  • wong pribumu

    wakil kok arogan merasa lebih hebat dan lebih berkuasa dari gubernurnya….pak jokowi salah pilih wakil!!!!

  • astanto

    lebih baik mmpertebal iman drpd mmberitakan hal2 yg g mutu,aku ingin belajar doa islam,bukan bahas hal yg g mutu

    • rumput

      benar mas, namun sadar dan mawas diri saat ummat ini difitnah dan dipecah belah adalah keharusan.

      di atas rubriknya sudah disediakan ko mas :)

  • astanto

    lama-lama yg diberitakan kok hal2 yg cenderung mnjelekan org lain ya??padahal setauku dlm islam,klopun itu benar berita kejelakan org lain tdk blh dsebarkn,tdk baik mmbuka aib org lain

    • rumput

      Apa komentar mas Astanto soal Media sumber utama (Mainstream) yang selalu mendiskriditkan Islam

  • Atwal Arifin S Ds

    Seharusnya anak kita yang di jaga dari televisi, internet atau apapun yang memang
    bukan konsumsi anak.. Apapun itu namanya, politik bukanlah hal untuk di
    konsumsi anak. Seharusnya yang di salahkan ya.. orang tuanya, karena di
    manapun kita hidup sekarang ini masih banyak yang tidak perlu dan tidak baik di konsumsi
    anak-anak yang belum cukup umur untuk memahami dunia politik. tapi
    patut kita wajarkan pejabat-pejabat yang “bermain” itu memang harus di kasih
    julukan atas kehinaan mereka.. agar bisa dihina oleh masyarakat (sampah
    masyarakat). karena dia yang telah
    menghinakan dirinya sendiri dengan cara “bermain” dan mendzolimi rakyat.
    benar memang dampaknya kurang baik, tapi kelak jika anak kita sudah
    besar nanti dia akan memahami baik buruknya politik, ketika dia menjadi
    pejabat.. jadilah pejabat baik dan benar, agar tidak di hinakan oleh
    rakyat dan keluarganya. ( saya bukan pendukung ahok, tapi perlu kita
    sadari kadang berita mencoba membuat opini publik yang akan menggeser
    kita menjadi melupakan soal pejabat yang seharusnya kita Hinakan..)

  • BJ

    anak ga prlu tahu berita pilitik…itu tugas Ortu…Komnas PA sharusnya jg ga prlu membesar2kan masalah di media..cukup pemberitahuan langsung kepada WaGub

  • Lock Nut

    Jokowi sibuk pencitraan keluar kantor. secara Defacto yang jadi gubernur adalah ahok. makanya ahok jd songong

  • selvi

    katanya kan “anak bajingan” wong wagubnya aja lebih “BAJINGAN” ya jadinya mereka (pelajar yang dia bilang bajingan) belajar dari pemimpinnya. :D

    • captainc

      bukannya pemimpinya itu SBY yang kalem atau farhat abbas atau ruhut yang penuh sensasi?

  • RyanTob

    Lebih serem pergaulan Warnet dan PS,,,
    Anak malah ngomong lebih Kotor lg,,,
    Kok Komnas Ham ga sidak ke warnet

  • Jhon perkin

    Ahok pejabat yang layak dibunuh aja,,,

    • captainc

      ah, banyak cingcong.

  • herawatini

    Ga usah terlalu memojokkan Ahoklah, dia masih harus banyak belajar bergaul….terutama dgn umat Islam…..perlu banyak menyesuaikan diri…mudah2an nanti ada hidayah seiring waktu berjalan….

  • sukarman

    AHOK HARUS BELAJAR BAHASA JANGAN HANYA BISA BAHASA CINA TAPI HARUS BISA BAHASA DAN TATA KERAMA ADAT ISTIADAT ORANG TIMUR SEHINGGA NGOMONGNYA BISA LEBIH TERATUR DAN TDK BERLAGAK EMOSI DAN AROGAN

Lihat Juga

Klarifikasi Yusril Soal Pemberitaan Dukung Ahok