Home / Konsultasi / Konsultasi Kesehatan / Dot Jempol Bisa Membuat Gigi Maju

Dot Jempol Bisa Membuat Gigi Maju

Assalamu’alaikum wr wb

Pak Dokter Ibnu yang saya hormati,

ilustrasi (inet)
ilustrasi (inet)

dakwatuna.com Anak saya memiliki kebiasaan memasukkan jempol ke mulut. Mulai dari bayi ia biasa melakukannya. Keadaan ini berlanjut sampai usia balita. Apakah hal ini ada pengaruhnya?

Terima kasih atas jawaban Pak Dokter Ibnu.

Wassalamu’alaikum wr wb

Fatimah – Bekasi

—————————————————————————————————–

Ibu Fatimah yang saya hormati, sebenarnya kegiatan ini disebut dalam istilah kedokteran dengan ‘fase oral’ . Pada masa ini bayi biasanya mulai mencoba memasukkan segala sesuatu ke dalam mulutnya.

Hal ini lumrah saja. Karena memang tahap perkembangannya demikian. Yang menjadi tidak wajar adalah jika kebiasaan tersebut berlanjut dan berganti menjadi kegiatan menghisap jempol secara rutin.

Ibu-ibu biasanya mengistilahkan ‘ngedot jempol’ . Awalnya adalah rasa ingin tahu memasukkan segala sesuatu ke mulut. Lama kelamaan menjadi kebutuhan dimana jika ‘dot jempol’ itu dilarang maka si anak akan marah atau menangis.

Saya sarankan ibu mengalihkan perhatian si anak kepada hal lain yang lebih menarik. Dengan mainan yang tidak berbahaya. Atau dengan buah-buahan yang bisa digenggam. Hingga rasa ketertarikan itu menjadi beragam. Tidak hanya jempol saja. Dengan harapan lambat laun kebiasaan mengemut jempol tersebut hilang.

Bu Fatimah, salah satu efek dari ‘ dot jempol ‘ adalah membuat gigi depan maju. Hingga kelak dikhawatirkan pertumbuhan giginya menjadi tidak beraturan. Akan lebih bermasalah lagi jika nantinya berpengaruh pada pertumbuhan gigi tetap.

Demikian Bu Fatimah, semoga ibu bisa dengan sabar mengarahkan anak ibu. Coba juga bacakan Qur’an dengan lembut. Dengan ayat – ayat akhir juz 30 yang mudah dihafal. Hingga perhatiannya juga teralihkan ke pengucapan dan pergerakan mulut.

Akhirul kalam,

Wassalamu’alaikum wr wb

About these ads

Redaktur: Samin B

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (12 votes, average: 9,67 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
drg. Nuh Ibnu Adrian, MARS
Dokter gigi, lulusan Universitas Trisakti-Jakarta. Membuka Praktek dokter di Jakarta. Klinik drg. Ibnu dan drg. Hanna berada di Jl. Duren Tiga Selatan, no. 8E. Jakarta Selatan. Telp: 021-362 005 99 HP: 0818 0657 3603
  • Ajund Sii Unned

    wah keren..ada konsultasi kesehatannya…

  • Faris Ridwan

    terimakasih info nya dokter ibnu..bisa buat persiapan mendidik anak saya…doain..bentar lagi mau lahir…

  • Manggalini Dian Insani

    makasih dokter ibnu

  • Dimas Sigit Wicaksono

    dakwatuna tambah lengkap tulisan – tulisannya..semoga sukses..

  • Vina Mutia

    waaah anak saya usia 19 Bulan juga begitu tapi ngedot jempolnya setiap mau tidur aja kalau engga ga bisa tidur dianya :(

  • patihdika

    asalamualaikum dok gigi ane di usia kurang lebih 22 tahun gigi bagian belakang ujung tumbuh namun selang pertumbuhan sempurna gigi terasa linu akhirnya di periksa ternyata bolong padahal ane sudah menjaganya dengan melakukan sikat gigi sepanjang pagi, sore dan menjelang tidur mohon jawabannya.

  • Angga Dwi Anugerah

    dakwatuna top, rubriknya makin rame..

  • Dicky Chandra Kirana

    pak dr ibnu..jazakallah info nya

Lihat Juga

Pesan Ibu untuk Sang Anak, Ikut Aksi 4 November