Topic
Home / Konsultasi / Konsultasi Kesehatan / Dot Jempol Bisa Membuat Gigi Maju

Dot Jempol Bisa Membuat Gigi Maju

Assalamu’alaikum wr wb

Pak Dokter Ibnu yang saya hormati,

ilustrasi (inet)
ilustrasi (inet)

dakwatuna.com – Anak saya memiliki kebiasaan memasukkan jempol ke mulut. Mulai dari bayi ia biasa melakukannya. Keadaan ini berlanjut sampai usia balita. Apakah hal ini ada pengaruhnya?

Terima kasih atas jawaban Pak Dokter Ibnu.

Wassalamu’alaikum wr wb

Fatimah – Bekasi

—————————————————————————————————–

Ibu Fatimah yang saya hormati, sebenarnya kegiatan ini disebut dalam istilah kedokteran dengan ‘fase oral’ . Pada masa ini bayi biasanya mulai mencoba memasukkan segala sesuatu ke dalam mulutnya.

Hal ini lumrah saja. Karena memang tahap perkembangannya demikian. Yang menjadi tidak wajar adalah jika kebiasaan tersebut berlanjut dan berganti menjadi kegiatan menghisap jempol secara rutin.

Ibu-ibu biasanya mengistilahkan ‘ngedot jempol’ . Awalnya adalah rasa ingin tahu memasukkan segala sesuatu ke mulut. Lama kelamaan menjadi kebutuhan dimana jika ‘dot jempol’ itu dilarang maka si anak akan marah atau menangis.

Saya sarankan ibu mengalihkan perhatian si anak kepada hal lain yang lebih menarik. Dengan mainan yang tidak berbahaya. Atau dengan buah-buahan yang bisa digenggam. Hingga rasa ketertarikan itu menjadi beragam. Tidak hanya jempol saja. Dengan harapan lambat laun kebiasaan mengemut jempol tersebut hilang.

Bu Fatimah, salah satu efek dari ‘ dot jempol ‘ adalah membuat gigi depan maju. Hingga kelak dikhawatirkan pertumbuhan giginya menjadi tidak beraturan. Akan lebih bermasalah lagi jika nantinya berpengaruh pada pertumbuhan gigi tetap.

Demikian Bu Fatimah, semoga ibu bisa dengan sabar mengarahkan anak ibu. Coba juga bacakan Qur’an dengan lembut. Dengan ayat – ayat akhir juz 30 yang mudah dihafal. Hingga perhatiannya juga teralihkan ke pengucapan dan pergerakan mulut.

Akhirul kalam,

Wassalamu’alaikum wr wb

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Dokter gigi, lulusan Universitas Trisakti-Jakarta. Membuka Praktek dokter di Jakarta. Klinik drg. Ibnu dan drg. Hanna berada di Jl. Duren Tiga Selatan, no. 8E. Jakarta Selatan. Telp: 021-362 005 99 HP: 0818 0657 3603

Lihat Juga

Ibu, Cintamu Tak Lekang Waktu

Figure
Organization