Topic
Home / Berita / Nasional / Gubernur Jabar Canangkan Gerakan Indonesia Membaca

Gubernur Jabar Canangkan Gerakan Indonesia Membaca

Ahmad Heryawan dalam Deklarasi Gerakan Indonesia Membaca di Gedung Merdeka Asia-Afrika, Kota Bandung, Sabtu, 9/11/2013. (foto: ahermediacenter.com)
Ahmad Heryawan dalam Deklarasi Gerakan Indonesia Membaca di Gedung Merdeka Asia-Afrika, Kota Bandung, Sabtu, 9/11/2013. (foto: ahermediacenter.com)

dakwatuna.com – Bandung. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mencanangkan ‘Gerakan Indonesia Membaca’ dan ia meminta kaum muda menggelorakan gemar membaca guna membangun peradaban dan kemajuan bagi bangsa Indonesia.

“Tidak ada kemajuan dan kebangkitan sebuah bangsa tanpa ilmu pengetahuan. Dan ilmu pengetahuan, di antaranya dimulai dengan membaca buku,” kata Ahmad Heryawan, saat mendeklarasikan “Relawan Indonesia Membaca”, di Gedung Merdeka Bandung, Sabtu (9/11).

Menurut dia, saat ini kondisi kebiasaan membaca penduduk Indonesia masih sangat minim, padahal dengan kebiasaan membaca buku yang tinggi menjadi ukuran kemajuan sebuah bangsa. Ia menuturkan, rata-rata jumlah buku yang dibaca oleh penduduk Indonesia hanya satu buah.

Menurut dia, jauh dibanding dengan negara lain yang rata-rata sudah di atas 5 buku sehingga pihaknya menegaskan mulai saat ini mencanangkan “Gerakan Indonesia Membaca”.

Dikatakan dia, ada beberapa hal yang menyebabkan minimnya indeks kebiasaan membaca buku di Indonesia.

Di antaranya, menurut Heryawan adalah minimnya proses pembiasaan membaca, di mana membaca buku belum menjadi budaya sekaligus kebutuhan atau pun bisa disebabkan harga buku yang tidak terjangkau.

“Atau bisa jadi karena di sekolah, perpustakaan dan lembaga pendidikan lainnya tidak menyediakan buku bacaan yang memadai, baik dari sisi jumlah maupun judul,” ujarnya.

Untuk ke depan, ungkap Heryawan di hadapan ratusan relawan dari perwakilan seluruh provinsi Indonesia, yang dipelopori dari Kota Bandung Jawa Barat, pihaknya akan banyak menyediakan taman-taman bacaan, pojok baca dan perpustakaan yang akan memenuhi kebutuhan akan informasi dan ilmu pengetahuan.

“Kita akan dorong semua pihak untuk menyediakan fasilitas bacaan yang akan menjadi pusat-pusat kebangkitan peradaban dan kemajuan. Untuk itu gerakan Indonesia membaca akan digelorakan di seluruh Indonesia,” katanya. (rol/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

KTT OKI Deklarasi Al-Quds Sebagai Ibukota Palestina

Figure
Organization