Home / Narasi Islam / Resensi Buku / Saat Anak Harus Dihukum!

Saat Anak Harus Dihukum!

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Cover buku "Saat Anak Harus Dihukum!"
Cover buku “Saat Anak Harus Dihukum!”

Judul buku: Saat Anak Harus Dihukum!
Penulis: Arini el-Ghaniy
Penerbit: Power Book Publishing
Terbit: 2009
Tebal: 207 Halaman

dakwatuna.com Dunia anak adalah dunia imajinasi. Dunia penuh dengan tawa, riang dan bermain-main. Memasuki dan ingin dekat dengan anak-anak, maka kita juga harus siap dengan segala dunia mereka dan sejenak meninggalkan dunia kita.

Anak-anak memiliki perilaku yang unik, keunikan ini mengharuskan kita sebagai orangtua dan guru harus memiliki rasa toleran terhadap tingkah laku mereka, mulai dari yang lucu, menggemaskan sampai dengan tingkah yang menjengkelkan. Semua itu meminta rasa perhatian, cinta dan kasih sayang kita untuk dicurahkan kepada mereka agar potensi yang mereka miliki tergali dengan baik.

Berkaitan dengan hal tersebut, beragam perilaku anak ini terutama yang menjengkelkan sehingga menyebabkan kita sebagai orangtua atau guru menjadi marah. Mungkin juga kita tidak akan sabar atau bahkan marah dalam lalu menghukum anak. Hukuman-hukuman yang sifatnya mulai dari yang ringan sampai dengan yang berat. Mulai dari menjewer, menceramahi, mencubit sampai pada tindakan kasar seperti menampar, memukul atau hukuman-hukuman yang sifatnya fisik semata.

Hukuman diberikan kepada anak harus memiliki tujuan yaitu: anak bisa menjadi lebih maju, lebih baik, lebih santun dan lebih berguna lagi bagi teman dan lingkungan di mana ia berada, bukannya hukuman yang akan menjadikan anak semakin terpuruk, sedih atau malah depresi.

Buku ini merupakan ruang untuk kita sebagai seorang guru ataupun orangtua memberikan hukuman yang bermakna dan juga menjadikan anak semakin lebih baik. Panduan untuk orangtua dan guru agar bijak dalam berperilaku dengan kesalahan yang di buat oleh anak. Sebelum memberi hukuman, kita seharusnya memberikan toleransi kepada anak atas kesalahan yang telah ia lakukan dengan proses meminta penjelasan kepada sang anak. Buku yang menarik dan perlu ada di tangan Anda, agar saat marah Anda memiliki panduan, bukan marah sebagai pelampiasan emosi semata.

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (8 votes, average: 7,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Nabilah Hurin
Guru SDN 4 Dendang Belitung.
  • Denny A. Kurniawan

    Dimana bisa membeli buku ini?

  • Udien Phetot

    saatnya

  • Nailul Abror Pohan

    menarik :)

Lihat Juga

gadget

Anak-Anak di Era Digital dan Media Sosial

Organization