Home / Berita / Internasional / Asia / Temuan Penyebab Kematian Arafat Diserahkan ke Palestina

Temuan Penyebab Kematian Arafat Diserahkan ke Palestina

Yaser Arafat. (allvoices.com)
Yaser Arafat. (allvoices.com)

dakwatuna.com – Ramallah. Pihak berwenang Palestina menerima laporan dan satuan penyelidik forensik Rusia serta Prancis mengenai penyebab kematian Yasser Arafat pada 2004 tanpa mengungkap hasil penyelidikan tersebut.

Laporan hasil penyelidikan forensik tersebut diserahkan oleh laboratorium Swiss, kata kepala regu penyelidik kematian Arafat dari Palestina, Tawfiq Tirawi, kepada AFP.

Saat dihubungi, laboratorium Swiss menolak berkomentar mengenai soal tersebut.

Kantor berita resmi Palestina WAFA menulis bahwa tim forensik Rusia yang ditunjuk oleh Otoritas Palestina juga telah menyampaikan hasil investigasinya pada 2 November lalu. Kesimpulan mengenai penyelidikan tersebut akan diumumkan pada beberapa waktu mendatang.

Sejumlah 60 sampel telah diambil dari jasad mantan pemimpin Palestina Yasser Arafat pada November tahun lalu untuk diselidiki apakah dia telah diracun dengan zat polonium.

Sampel tersebut kemudian dibagikan kepada tim forensik Swiss dan Rusia. Tim dari Prancis juga dibentuk untuk melakukan penyelidikan atas permintaan janda Arafat, Suha.

Arafat meninggal di Prancis pada 11 November 2004 pada usia 75 tahun, namun para dokter tidak dapat menentukan penyebab kematiannya.

Pemeriksaan mayat juga tidak dilakukan pada saat itu atas permintaan janda Arafat.

jasad Arafat diangkat dari kuburnya di Ramallah, sebuah kota Tepi Barat pada November 2012 untuk mengambil sampel untuk menyelidiki apakah dia telah diracun atau tidak –kecurigaan yang muncul setelah pembunuhan mantan mata-mata Rusia dan pengkritik Kremlin, Alexander Litvinenko pada 2006. (antaranews/ded/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Deddy S

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Bersama ASPAC, UIN Syarif Hidayatullah Gelar Seminar 69 Tahun Pembagian Palestina