Home / Berita / Nasional / Sosialisasi Keuangan Syariah Digencarkan

Sosialisasi Keuangan Syariah Digencarkan

Ilustrasi (Inet)
Ilustrasi (Inet)

dakwatuna.com – Purwokerto. Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) kini makin gencar menyosialisasikan gerakan ekonomi syariah kepada masyarakat. Sosialisasi ini selain untuk membumikan konsep lembaga keuangan syariah.

Koordinator kegiatan, Eko Pamuji mengatakan dalam menyosialisasikan lembaga keuangan syariah, MES menggandeng Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto.

Menurutnya, sosialisasi gerakan ekonomi syariah untuk mengenalkan proses transaksi lembaga keuangan syariah kepada masyarakat luas. Pasalnya, saat ini sebagian besar masyarakat masih mengandalkan transaksi di lembaga keuangan konvensional.

“Meski di Indoensia masyarakat muslim mendominasi, namun hingga saat ini masyarakat masih mengandalkan sistem ekonomi kapitalis,” ujar dia saat ditemui wartawan di sela-sela sosialisasi gerakan ekonomi syariah di Pendapa Si Panji Kabupaten Banyumas, Selasa (5/11).

Lembaga keuangan seperti perbankan, asuransi, pegadaian, koperasi saat ini masih didominasi konvensional. Oleh karena itu pengenalan terhadap transaksi keuangan syariah harus dioptimalkan.

“Melalui sosialisasi ini diharapkan perkembangan lembaga keuangan syariah dapat berkembang baik,” kata Eko.

Eko mengatakan umat Islam saat ini berada dalam keadaan berusaha melepaskan diri dari dampak riba. Sistem riba jangan sampai masuk ke lingkungan operasional produk-produk lembaga keuangan syariah.

“Riba dapat menyebabkan eksploitasi si kaya terhadap si miskin. Sehingga, menyebabkan kebangkrutan usaha jika si peminjam tak mampu mengembalikan pinjaman dan bunganya,” paparnya.

Sementara itu, bersamaan dengan sosialisasi gerakan ekonomi syariah panitia juga menggelar lomba pemilihan dai cilik (Pildacil) se-eks Karesidenan Banyumas. Lomba dai ini diikuti sekitar 36 peserta dari masing-masing sekolah dasar dari Banyumas, Purbalingga, Cilacap dan Banjarnegara. (suaramerdeka/ded/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: Deddy S

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Sumbar Dorong Program Satu Desa Satu BMT