Home / Berita / Internasional / Eropa / Aset Keuangan Syariah Global Akan Mencapai 2 Trilliun USD pada 2014

Aset Keuangan Syariah Global Akan Mencapai 2 Trilliun USD pada 2014

Ilustrasi (Inet)
Ilustrasi (Inet)

dakwatuna.com UK Islamic Finance Secretariat (UKIFS) telah mengeluarkan sebuah laporan yang menunjukkan aset keuangan syariah di seluruh dunia tumbuh secara terus menerus sesuai dengan prediksi tahun 2012. Penemuan ini menunjukkan bahwa ekonomi Islam terbukti dapat terus bertahan meskipun kondisi perekonomian global tengah melambat dan mendapat tekanan dari industri keuangan konvensional di negara barat. Hal sebaliknya terjadi peningkatan pada industri keuangan syariah yang mengalami peningkatan dua kali lipat sejak terjadi pelemahan ekonomi. Demikian dileporkan kantor berita CPI Financial (28/10).

Hasil penelitian yang dikeluarkan menjelang World Islamic Economic Forum yang akan digelar di London 29-30 Okt 2013 ini juga memrediksikan bahwa industri keuangan syariah akan tumbuh secara signifikan dalam beberapa tahun ke depan. Populasi muslim seluruh dunia saat ini erjumlah 1.6 Miliar jiwa yang merupakan ¼ dari total penduduk seluruh dunia, berbeda dengan aset keuangan syariah yang sampai saat ini masih sebesar 1% dari keseluruhan aset keuangan dunia. Hal ini menunjukkan potensi untuk tumbuh yang masih besar.

London merupakan pemain utama di negara barat dalam perkembangan ekonomi syariah. Sekitar 20 bank di UK menawarkan produk perbankan syariah dan 6 diantaranya merupakan Bank Umum Syariah. Ini merupakan jumlah terbanyak jika dibandingkan dengan negara barat lainnya. UK mengambil peluang yang baik dari penerbitan sukuk global dalam beberapa tahun terakhir ini. Hal ini dapat dilihat dari adanya 14 penerbitan sukuk baru dalam tahun ini dan total 49 sukuk lainnya yang terdapat di London Stock Exchange. (ekonomisyariah/ded/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: Deddy S

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 7,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

bank syariah

Good Corporate Governance (GCG) di Bank Syariah dan Bank Konvensional