Topic
Home / Pemuda / Pengetahuan / Video: Kejadian Gerhana Matahari yang Indah Saat Matahari Terbit

Video: Kejadian Gerhana Matahari yang Indah Saat Matahari Terbit

[youtube nM3ibputPVw 640]

dakwatuna.com – Pada Ahad lalu (3/11/2013), beberapa wilayah di bumi mengalami gerhana matahari total. Gerhana kali ini adalah gerhana matahari “hibrid”. Gerhana Matahari hibrid adalah fenomena ketika beberapa macam bentuk gerhana terjadi dalam satu waktu fenomena gerhana matahari. Jadi, dalam peristiwa ini terjadi fenomena gerhana matahari cincin, gerhana matahari sebagian, dan dan gerhana matahari total, sekaligus dalam satu peristiwa. Hal ini terjadi karena lengkung permukaan bumi dan orbit bulan yang berbentuk elips dan membuat jarak antara bumi dan bulan bervariasi.

Gerhana ini tampak di sekitar samudra Atlantik utara di sebelah timur Florida sampai Gabon dan Afrika. Berdasarkan perhitungan matematis, durasi maksimum 1 menit 39 detik terjadi di samudera Atlantik di selatan Pantai Gading dan Ghana.

Seorang pengguna YouTube bernama William Dail mengabadikan proses awal terjadinya gerhana matahari tersebut. Video yang diunggah dengan kualitas 1080p (HD) itu menggambarkan situasi yang menarik, yaitu awal mula gerhana matahari terjadi pada saat matahari terbit. Subhanallah, begitu indah. Video tersebut direkam di Florida Amerika Serikat pada tanggal 3 November 2013 pukul 06:34 waktu setempat.

(dakwatuna/hdn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Khutbah Shalat Gerhana Bulan

Figure
Organization