Home / Berita / Internasional / Afrika / Beberapa Jenderal Meminta Maaf kepada Presiden Mursi

Beberapa Jenderal Meminta Maaf kepada Presiden Mursi

Presiden Mursi (islammemo)
Presiden Mursi (islammemo)

dakwatuna.com – Kairo. Jaringan berita rassd, memberitakan dari sebuah sumber elit di kementrian pertahanan Mesir. Ada beberapa jenderal dan elit militer pernah mendatangi Presiden Mursi dalam tahanannya akhir-akhir ini.

Mereka mengajukan proposal “Inisiatif Penyesalan”. Mereka siap membantu menyelesaikan krisis politik di Mesir dengan syarat mendapatkan pengampunan.

Sumber informasi, yang juga turut menemui Presiden Mursi di tempat tahanannya pekan lalu, mengatakan bahwa inisiatif solusi ini berisi permintaan maaf lembaga militer secara resmi kepada Presiden Mursi atas sikap dan tindakan memalukan yang dilakukan oleh beberapa petinggi militer.

Para petinggi itu tidak mewakili mayoritas militer. Mereka hanya memanfaatkan jabatan politiknya untuk mendapatkan pengaruh, fasilitas, dan menguasai potensi-potensi militer.

Di antara isi inisiatif solusi itu juga mengembalikan persepsi yang benar tentang militer kepada rakyat. Persepsi rakyat tentang militer telah tercoreng oleh tindakan bodoh dan murahan yang dilakukan para pengkudeta. Rakyat harus meyakini bahwa militer bertugas pokok melindungi perbatasan dan menjaga negara dari serangan eksternal.

Presiden Mursi menyatakan menerima dan setuju dengan inisiatif ini. Tapi beliau mensyaratkan, pengampunan tidak meliputi orang-orang yang sudah berlumuran darah rakyat Mesir. Pengampunan hanya diberikan kepada militer yang tidak terlibat dalam pembunuhan dan provokasi tindak kekerasan terhadap demonstran. Sedangkan militer yang terlibat harus diadili dalam pengadilan militer.

Presiden Mursi juga meminta para jenderal menyiapkan gambaran yang tepat bagaimana mengelola lembaga militer setelah mereka kembali ke barak dan berkonsentrasi mengemban tugas utamanya. (msa/dakwatuna/islammemo)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (40 votes, average: 7,83 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Abu Ahmad

    Isu ini menurut saya bohong belaka, buktinya, sampai sekarang tidak ada tindakan riil untuk pembebasan Presiden Mursi dari sekapan Militer, oleh militer yang – katanya – menyesal. Bahkan sampai saat ini, Presiden Mursi masih tetap di bui oleh Militer. Jangan mudah percaya dengan siyasah militer, apalagi militer pengkhianat……

  • ThaifahManshurah

    sebaiknya
    IM tinggalkan saja demokrasi
    dan menempuh jalan JIHAD fii sabilillah seperti mujahidin AQAP di Sinai

    • Sejuki

      Hidup berdemokrasi sudah merupakan fitrah manusia sebagai konsekwensi manusia adalah makhluk sosial. Oleh karena itu, meninggalkan demokrasi sama saja dg memisahkan manusia dg fitrahnya sendiri. Jelas itu gak mungkin.

  • Agung Sty

    memang orang mesir lebih sabar dari kita yg gampang terprovokasi angkat senjata, yg disitulah jebakan batman sebenarnya diinginkan. teruskan perjuanganmu IM innalloha ma’a shobirin…

  • Heri Setiawan

    Ust. Natsir Harits : Sungguh Dulu Tukang Sihir Fir’aun juga sujud dan minta ma’af kepada Musa ! Sejarah Berulang ! Tadabbur QS.20:69-70..

    ********************
    “Dan lemparkanlah apa yang ada ditangan kananmu, niscaya ia akan
    menelan apa yang mereka perbuat. “Sesungguhnya apa yang mereka perbuat
    itu adalah tipu daya tukang sihir (belaka). Dan tidak akan menang tukang
    sihir itu, dari mana saja ia datang. Lalu tukang-tukang sihir itu
    tersungkur dengan bersujud, seraya berkata: “Kami telah percaya kepada
    Tuhan Harun dan Musa.” (Q.S. Thaaha [20]:69-70)

  • abdullah

    untuk saudara seiman ku presiden mursi, harap berhati-hati dengan diplomasi ini, ciri orang munafik apabila sudah kalah, akan mengajukan permohonan kerjasama,maaf dengan syarat.( itu namanya bukan taubat). itu karena mereka munafiqun terdesak. kembalikan semua urusan kepada syariat Allah azza wa Jalla, tangan yang berlumuran darah wajib di qishosh. Barakallahufikum

Lihat Juga

Aksi teatrikal menentang hukuman mati Presiden Mursi (aa.com.tr)

Aksi Unjuk Rasa di Kanada Menentang Hukuman Mati Presiden Mursi