Home / Berita / Internasional / Afrika / Terungkap Kisah Baru, Pernah Ada Usaha Pembunuhan Presiden Mursi

Terungkap Kisah Baru, Pernah Ada Usaha Pembunuhan Presiden Mursi

Presiden Mursi (islammemo)
Presiden Mursi (islammemo)

dakwatuna.com – Kairo. Wail Hadarah, salah seorang asisten utama Presiden Mursi, mengungkap kisah baru bagaimana militer mengkudeta Presiden Mursi pada tanggal 3 Juli 2013 yang lalu.

Hadarah menyatakan kepada stasiun BBC, bahwa pasukan Garda Republik yang bertanggung jawab melindungi Presiden, meminta beliau “dengan penuh hormat” untuk menuruti keputusan mundur dari jabatan. Garda Republik meminta Presiden Mursi mengambil keputusan itu sebagai sebuah fakta yang sudah terjadi.

Hadarah juga menyebutkan bahwa beberapa hari sebelum penggulingan Presiden Mursi, sebenarnya banyak diplomat asing menawarkan alternatif solusi dalam menghadapi krisis politik di Mesir. Namun semua tim kepresidenan tidak meyakini militer akan mengambil alih kekuasaan. Sampai ketika militer mengeluarkan ultimatum yang memberikan Presiden Mursi waktu 48 jam untuk mencapai kesepakatan dengan pihak oposisi, saat itulah kami meyakini bahwa militer berambisi merebut kekuasaan.

Menurut Hadarah, sebenarnya Presiden Mursi siap berkorban sebesar-besarnya demi tercapainya kesepakatan dalam menghadapi krisis politik itu. Tapi ketika militer mengkudetanya, beliau meyakini bahwa apapun yang dikorbankannya tentu tidak akan bermanfaat apa-apa.

Dalam keterangannya, Hadarah juga menyampaikan bahwa Presiden Mursi pernah bercerita tentang pimpinan pasukan Garda Republik yang berjanji akan memperlakukan Presiden dengan baik, dan tidak akan menghinanya.

Tapi Presiden Mursi juga pernah berbicara kepada Hadarah pada bulan Desember 2012 tentang kemungkinan dirinya dibunuh, dan tentang kemungkinan adanya usaha pembunuhan.

Usaha pembunuhan itu, menurut Hadarah saat ini berwujud dengan penangkapan dan pengadilan Presiden Mursi. Sangat mungkin militer akan menjatuhkan hukuman mati kepada beliau. Inilah pembunuhan atau usaha pembunuhan dalam bentuknya yang lain. (msa/dakwatuna/islammemo)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (11 votes, average: 8,09 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Erik Eri

    Orang yg bertaqwa memang selalu di uji oleh allah swt, mudah2han allah selalu melindungi nya amiiin.

    • Abdul Malik

      amin

Lihat Juga

Parlemen Tunisia (islammemo.cc)

Parlemen Tunisia Tetapkan Hukuman Mati bagi Teroris