Home / Berita / Internasional / Afrika / Amnesty Minta Penguasa Jamin Kehadiran Presiden Mursi dalam Persidangan

Amnesty Minta Penguasa Jamin Kehadiran Presiden Mursi dalam Persidangan

Amnesty Internasional (inet)
Amnesty Internasional (inet)

dakwatuna.com – Kairo. Amnesty Internasional menuntut penguasa kudeta menjamin kehadiran Presiden Mursi dalam persidangan pertama hari Senin (4/11/2013), dan mendapatkan haknya didampingi pengacara untuk membela dirinya. Hal ini seperti disampaikan pada hari Ahad (3/11/2013).

Hasibah Haj Shahrawi, wakil direktur program Timur Tengah dan Afrika Utara Amnesty Internasional, mengatakan, “Persidangan besok (hari ini) adalah sebuah ujian untuk pemerintah kudeta. Karena mereka harus menghadirkan Presiden Mursi, dan melakukan pengadilan yang adil. Kalau dua hal ini tidak bisa dilakukan, maka akan semakin kuat dugaan publik tentang motivasi sebenarnya mereka melakukan persidangan ini.”

Amnesty memberikan laporan bahwa selama ini Presiden Mursi tidak mendapatkan haknya, misalnya didampingi pengacara dalam setiap pemeriksaannya. Selain itu, penahanan beliau secara paksa di tempat yang tidak diketahui juga adalah pelanggaran HAM berat. Amnesty meminta penguasa kudeta untuk menghentikan pelanggaran ini secepatnya. Presiden Mursi harus diberi kesempatan untuk berkomunikasi dengan keluarga dan pengacaranya.

Beberapa waktu sebelumnya, pihak Ikhwanul Muslimin melaporkan kepada Amnesty Internasional tentang adanya keraguan akan kehadiran Presiden Mursi dalam persidangan hari ini. (msa/dakwatuna/islemmemo)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (9 votes, average: 8,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Presiden Mursi Diracun?