Home / Berita / Profil / Pipik Uje: “Saya Bukan Berdakwah untuk Hidup, Tapi Hidup untuk Berdakwah”

Pipik Uje: “Saya Bukan Berdakwah untuk Hidup, Tapi Hidup untuk Berdakwah”

Pipik Dian Irawati. (kapanlagi.com)
Pipik Dian Irawati. (kapanlagi.com)

dakwatuna.comSemenjak ditinggal mendiang almarhum Uje, Umi Pipik menjadi tulang punggung bagi keempat anaknya. Demi mencari nafkah, ia pun mulai sering menjadi seorang pendakwah.

Meski sibuk berdakwah, ia tetap memprioritaskan anak-anaknya. Ia pergi berdakwah hanya saat anak-anaknya pergi sekolah. Menurutnya, ia tidak berdakwah untuk hidup, tapi hidup untuk berdakwah.

“Kalau saya dakwah masih priroritas ke anak kalau hari biasa saat mereka pergi sekolah saya baru pergi dakwah, pulang sekolah saya sudah di rumah. Saya bukan berdakwah untuk hidup, tapi hidup untuk berdakwah,” ucap Pipik ditemui di yayasan Al Anshor, Bekasi, Sabtu (3/11/2013).

Ia mengungkapkan, dalam berdakwah tetap menjadi dirinya sendiri. Ia tak menampik banyak belajar dari sosok mendiang suaminya. Dalam belajar berdakwah, ia menerapkan terlebih dahulu kepada anak-anaknya.

“Alhamdulillah semua berhak jadi pendakwah. Yang saya lakukan menjadi diri saya, saya belajar bagaimana beliau menyampaikan dakwah dan saya terapkan ke anak-anak dulu,” tukasnya. (rik/okezone/dakwatuna/hdn)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (18 votes, average: 8,94 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Nerosti Adnan

    ayoo semangat bu Pipik..

  • BramSonata

    Nasehat saya untuk Pipik Uje : ” Apa saja yg anda sampaikan kepada umat Islam saat berdakwah, sebelumnya anda sudah semstinya menghayati/memahami sekaligus mengaamalkannya, sebab Anda akan dituntut pertanggungjawabannya nanti di depan mizan, dan sudah barang tentu sangat detail sekali apabila anda ternyata hanya JARKONI *)artinya, hanya sekedar ngomong tidak bisa/mampu menjalankannya”.

    *) JARKONI ; biso ujar orabiso nglakoni.

    Sebab saat ini hampir sebagian besar para ustadz,penceramah,khotib,kiyai, syeikh, yg jago ngomong tentang isi seluk beluk Islam diatas panggung, baru sebatas omong, yg pada akirnya membuat umat Islam tercerai berai.

    • mifta

      JARKONI itu masih lebih bagus donk bisa merubah orang lain jadi lebih baik walaupun diri sendiri belum tentu bisa, masih ada tindakan, nah lalu sumbangsih & tindakan anda apa donk supaya umat islam tidak tercerai berai ???

      • Agustan Ahmad

        Salah satu cara untuk mengubah diri adalah menyampaikan kebenaran sertai nilai-nilai kebaikan kpd org lain dengan ikhlas meskipun belum bisa dipraktikkan. Bagi saya, itu merupakan “shock therapi” tersendiri (pengalaman pribadi aja!).

      • BramSonata

        TEGAK-nya supremasi Islam bukan semata-mata oleh banyak -jumlahnya- umatnya, tetapi oleh umat yg berkualitas walau hanya satu orang saja!.
        untuk menjadi umat yg berkualitas, taatilah dan laksanakan perintah Rasulallah SAW, tanpa reserve(jangan banyak tanya ini itu), yaitu berpegang teguh kepada Al Quran dan sunnahnya.
        Kerjakan/amalkan yg anda maampu memikulnya, sedikit tetapi konstan.

        • mifta

          Lalu TINDAKAN ANDA yg ANDA Kejarkan/amalkan apa donk untuk TEGAK-nya supremasi Islam ??????? SEDANGKAN taatilah dan laksanakan perintah Rasulallah SAW, tanpa reserve(jangan
          banyak tanya ini itu), yaitu berpegang teguh kepada Al Quran dan
          sunnahnya. itu mah sudah kewajiban setiap muslim. yg saya tanyain itu TINDAKAN ANDA apa ??? bukan ceramah anda

          • BramSonata

            Salah satu amal dari sekian banyak amal untuk menegakan SUPREMASI ISLAM adalah. sebarkan salam kesemua saudaramu, b aik yg engkau benci atau senangi, beri makan orang melarat/miskin,
            nasehati dan ingatkan gurumu/syaikhmu/kiyaimu/pimpinan negaramu yg manakala melakukan sesuatu yg nyata-nyata menyimpang dari rel Islam, dirikan majelis ilmu dan mengembangkan IPTEK hingga mampu mewujudkan segala sesuatu yg dibutuhkan umat Islam, dan lain sebagainya

            Apakah saya sudah melakukannya? sudah, yg ringan-ringan tetapi mampu saya laksanakan.

            .

          • mifta

            oooo gitu ya ? mudah-mudahan yg anda lakukan gak JARKONI ya

          • BramSonata

            Anda ingin kaya raya seperti sahabat Usman b.Affan ?
            STERILKAN dari meyekutukan Tuhan pada diri anda, dan beri makan orangmiskin.melarat sekemampuan anda. Insya Allah cara ini paling ringan yg dapat dilakukan, tetapi berat untuk melaksanakannya.

          • mifta

            wahhh saya tidak ingin kaya raya spt Usman b.Affan juga saya tidak ingin paling melarat sedunia spt lagunya Hamdan ATT, rezeki saya terserah Alloh Maha Pemberi Rezeki sesuai Kebutuhan/Takaran masing2 hamba-Nya. Hakikat manusia hidup didunia semata2 Hanya utk Menyembah Alloh, jadi Mutlak itu sudah Kewajiban Manusia Tidak boleh Menyekutukan Alloh dgn Apapun didunia ini. Adapun memberi makan fakir miskin sesuai kemampuan semata2 karena Lillahi ta’ala bukan karena pengen kaya, biar Alloh yg menilai segala niat yg ada dlm hati hamba-Nya, saya hanya Ingin Hidup Tenang dgn sgala kebaikan Selamat Dunia-Akhirat, itu saja.

          • BramSonata

            Umat Islam harus KAYA RAYA baik harta dunianya maupun harta akiratnya serta berilmu dan berkualitas. Anda tidak bolleh putus asa seperti itu. HARUS KAYA, agar kekayaan dunia anda bisa untuk membiayai perjoangan dalam menegakan supremasi Islam.

          • herisabar

            se 7 banget….

          • mifta

            siapa yg putus asa ??? rezeki saya terserah Alloh Maha Pemberi Rezeki sesuai Kebutuhan/Takaran masing2 hamba-Nya. kalo anda pahami maksud saya ini artinya ada siang ada malam, ada kaya ada miskin, ada syurga ada neraka, semua seimbang, sesuai kesanggupan masing2 hamba-Nya, utk apa dikasih kaya tapi tdk bisa memegang amanah kekayaannya dan yg miskin adalah ujian utk diri sendiri juga kesempatan sedekah buat yg kaya raya, kalo semua umat islam kaya raya, lalu saya & anda bersedekah kpd siapa lagi ??? kan sudah kaya smua, adapun berilmu & berkualitas itu kewajiban setiap muslim mencari ilmu sampai kemanapun.

    • mifta

      Nasehat utk BramSonata : Terkadang tanpa kita sadari sedikit ucapan baik (dakwah) yg kita lontarkan yg menurut kita biasa saja, mana kita tau itu akan menjadi hidayah buat orang lain yg mendengarkan, walaupun buat diri sendiri belum tentu bisa itu sudah suatu tindakan mulia.

  • BramSonata

    Berdakwah untuk hidup, hidup untuk berdakwah, semua BAGUS! kecuali anda berdakwah untuk mencari duit dan kekayaan dan ketenaran.

  • jamal

    jadilah usdazah yang mencari ridho Allah

  • Abu Proud

    tetap semngat bu

  • Roni Maciok

    Ku do’akan semoga menjadi pendawah yg populer dan mendapat ridho allah swt

  • mr.master

    semangat…semoga berkah

Lihat Juga

Ilustrasi (inet)

Memperluas Jaringan Lembaga Dakwah