Topic
Home / Berita / Nasional / Surahman: Pemerintah Harus Aktif Membangun Dialog Kebangsaan

Surahman: Pemerintah Harus Aktif Membangun Dialog Kebangsaan

Anggota dari Komisi X DPR RI, Surahman Hidayat
Anggota dari Komisi X DPR RI, Surahman Hidayat

dakwatuna.com – Jakarta. Belakangan ini peristiwa tawuran antar warga semakin marak menghiasi media. Belum hilang ingatan pada satu peristiwa, muncul kembali peristiwa yang lainnya, salah satunya yang belum lama terjadi adalah tawuran yang terjadi di wilayah PRJ Kemayoran, Jakarta Pusat, jelang dini hari, Selasa (29/10/2013).

Menurut petugas piket Polsek Cempaka Putih, Bripka Budi, Forum Betawi Rempug (FBR) dan Pemuda Pancasila yang terlibat bentrok. Menurutnya, anggota kedua ormas yang terlibat tawuran itu berjumlah sekitar 200 orang. Mereka membawa berbagai senjata tajam.

Surahman Hidayat, Ketua BKSAP DPR RI, sekaligus anggota Komisi X DPR RI, ketika dihubungi di Jakarta, Rabu siang (30/10/2013), menjelaskan, “Kondisi ini sangat memprihatinkan, ini menjadi pekerjaan besar bagi bangsa Indonesia. Pemerintah harus aktif membangun dialog Kebangsaan, dengan melibatkan seluruh komponen Bangsa,” tegasnya.

Masyarakat saat ini, menurut politisi senior dari PKS tersebut, sangat mudah terpancing melakukan tindakan kekekerasan. Mereka lupa, lanjut Surahman, bahwa bangsa Indonesia sejak dulu terkenal sebagai bangsa yang menjunjung tinggi toleransi, musyawarah, dan gotong-royong.

Rekonsiliasi sosial harus lebih digalakan oleh pemerintah dengan melibatkan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, ketua ormas, LSM, agar terbangun kesamaan pandangan bahwa kita semua, adalah anak bangsa, yang dilahirkan di wilayah yang sama, yaitu NKRI, yang memiliki semangat yang sama satu nusa satu bangsa, satu bahasa, yaitu Indonesia, tutupnya. (ded/dakwatuna.com)

 

Redaktur: Deddy S

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Buah Impor

Cina Masih Jadi Sumber Impor Nonmigas Pemerintah

Figure
Organization