Home / Berita / Nasional / Kementan Komitmen Capai Swasembada Pangan 2014

Kementan Komitmen Capai Swasembada Pangan 2014

Mentan Suswono saat meninjau sentra produksi sapi. (Foto: Tajuk/IST)
Mentan Suswono saat meninjau sentra produksi sapi. (Foto: Tajuk/IST)

dakwatuna.com – Padang. Kementerian Pertanian RI terus berkomitmen mencapai target swasembada pangan. Sesuai dengan arahan Presiden RI pada Rapat Koordinasi Ketahanan Pangan, yang digelar di Bukittinggi, Sumatera Barat, Selasa (29/10), Kementan berkomitmen melakukan sejumlah langkah dalam rangka pencapaian peningkatan produksi pangan, khususnya padi, jagung, kedelai, daging sapi, dan gula.

Menteri Pertanian RI Suswono mengungkapkan, sejumlah langkah yang akan ditempuh Kementan RI dalam upaya mencapai Program Swasembada Padi, Jagung, dan Kedelai pada 2014 meliputi peningkatan gerakan percepatan tanam serempak di lahan seluas 275 ha dengan melibatkan instansi terkait. Kemudian penyebaran dan penggunaan alat mesin pertanian (alsintan) sebanyak 14.577 unit.

Selanjutnya akan diupayakan akselerasi pemanfaatan Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKPE) sebesar Rp. 6,2 triliun, optimalisasi pemanfaatan areal lahan transmigrasi untuk kedelai seluas 155.000 ha dan penambahan areal tanam seluas 340.000 ha.

Kemudian melakukan cetak sawah seluas 40.000 ha, peningkatan Indeks Pertanaman melalui  optimasi lahan seluas 200.000 ha dan System of Rice Intensification (SRI) seluas 180.000 ha.

“Kemeterian Pertanian juga akan melakukan penambahan areal tanam jagung seluas 400.000 ha yang tersebar di tujuh provinsi, yakni Aceh, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi tengah, dan Sulawesi Selatan,” kata Suswono usai Rakor Pangan.

Sementara itu untuk mencapai program swasembada tebu/gula tahun 2014, Kementan akan melalukan langkah-langkah intensifikasi/Rawat ratoon seluas 61.000 ha, bongkar ratoon seluas 8.000 ha, perluasan areal (ekstensifikasi) seluas 10.000 ha, dan penggunaan benih varietas unggul (kultur jaringan) sebanyak  2.250 ha.

Terkait swasembada daging sapi langkah-langkah yang akan ditempuh Kementan adalah, produksi semen beku sebanyak 5.600.000 straw dan embrio beku sebanyak 800 embrio, Peningkatan tingkat kelahiran melalui pelaksanaan Inseminasi Buatan (IB) sebanyak 1.100.000 ekor dan kawin alam sebanyak 2.100.000 ekor, serta asuransi ternak dengan rinian  sapi potong  30.000 ekor dan sapi perah  10.000 ekor

Guna mencapai target tersebut, imbuh Suswono, Kementan juga akan melakukan sejumlah kegiatan pendukung utuk mencapai swasembaga padi, jagung, kedelai, gula dan daging sapi yang meliputi; optimalisasi  tenaga lapang yang meliputi penyuluh (PPL), POPT, pengawas benih dan petugas karantina, penyediaan, diseminasi dan penyebaran teknologi.

“Kita juga akan melakukan sosialisasi diterbitkannya Perda Perlindungan Lahan Pangan Berkelanjutan, sosialisasi diterbitkannya Perda Pelarangan Pemotongan Sapi Betina Produktif, serta pengawalan terhadap distribusi dan penggunaan pupuk bersubsidi dan benih bersubsidi,” terang Mentan Suswono.

Komitmen Kementan ini rencananya akan ditandatangani dihadapan Presiden RI pada puncak peringatan Hari Pangan Sedunia di Padang pada 31 Oktober 2013. (tajuk/ded/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Deddy S

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 5,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Anggota Komisi IV DPR RI Akmal Pasluddin. (www.fraksipks.or.id)

DPR Meminta Pemerintah Jaga Stabilitas Harga Pangan Jelang Puasa dan Lebaran